6 Penyebab Hardisk Tidak Terbaca di PC yang Harus Diketahui

Penyebab hardisk tidak terbaca di PC atau Laptop

Sedang mencari penyebab hardisk tidak terbaca pada PC atau Laptop? Maka kamu tepat sekali berada di artikel ini. Pasalnya, hal ini pun bisa disebabkan oleh banyak hal.

Hardisk merupakan suatu komponen yang digunakan untuk menyimpan suatu media, baik berupa foto, video, gambar, maupun dokumen lainnya. Sehingga apabila komponen ini tidak dapat terbaca dengan baik, maka akan menyulitkan penggunanya.

Baca juga: Cara Nonton Tv di Android Tanpa Internet dengan Aplikasi, Mudah!

Harddisk memiliki dua jenis, yaitu internal dan eksternal. Hardisk internal merupakan hardisk bawaan dari perangkat tersebut. Sementara hardisk eksternal adalah hardisk bukan bawaan perangkat yang bisa dilepas pasang.

Lantas, bagaimana cara mengetahui penyebab hardisk yang tidak terbaca di PC atau Laptop? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis.

Penyebab Hardisk Tidak Terbaca di PC atau Laptop

Adapun penyebab hardisk tidak terbaca adalah sebagai berikut ini:

1. Kesalahan Setting di BIOS

Penyebab hardisk tidak terbaca adalah pengaturan pada BIOS yang menjadi OFF, Enable, maupun Disable. BIOS (Basic Input Output System) adalah sistem yang mengatur dasar pengaturan input dan output data. BIOS berfungsi untuk mengatur fungsi perangkat keras komputer.

Cara agar hardisk dapat dibaca cukup masuk ke sistem BIOS lalu ubah pengaturannya. Apabila pengaturan Enable ubah menjadi able, disable menjadi able, ataupun dari OFF menjadi ON.

Baca juga: 5 Aplikasi Jadwal Makan untuk Menambah Berat Badan Ideal

2. Terkena Virus

Hardisk yang memorinya tidak terbaca kemungkinan telah terkena virus. Komputer yang telah terserang virus kemungkinan juga akan menyerang hardisk komputer tersebut. Virus dapat menyebar melalui link yang di-klik oleh penggunanya.

Adapun cara menanggulangi hardisk yang terkena virus agar dapat terbaca adalah menginstal ulang komputer tersebut. Cara lain untuk mengatasi virus ini dengan cara menginstal program antivirus di komputer dan memperbaikinya secara berkala.

Baca juga: Cara Membuat Status WhatsApp Terlihat Offline Bahkan Ketika Sedang Online

3. Penggunaan Berlebihan

Penggunaan komputer yang berlebihan juga berpengaruh terhadap kinerja hardisk komputer. Komputer spek rendah yang dioperasikan secara terus-menerus dengan aktivitas yang berat adalah penyebab hardisk rusak sehingga tidak dapat terbaca.

Kurangi penggunaan komputer secara berlebihan untuk bermain game, melakukan edit video, dan untuk aktivitas coding. Beri waktu sejenak untuk komputer istirahat. Sehingga komputer tidak panas dan hardisk tidak mudah rusak.

Baca juga: Mau Bikin Konten Keren? Ini 3 Cara Mencari Filter di Instagram dengan Mudah

4. Komputer Sering Dimatikan Tiba-Tiba

Salah satu penyebab hardisk tidak terbaca adalah seringnya pengguna komputer yang tiba-tiba mematikan komputernya (force shutdown). Komputer yang hang dengan ditandai adanya not responding pada layarnya kemudian dipaksa mati dengan menekan tombol power. Hal tersebut menyebabkan hardisk yang sedang berputar seketika harus mati.

Maka dari itu, kurangi memaksa komputer untuk langsung mati. Usahakan untuk tidak banyak membuka aplikasi agar komputer tidak hang atau lemot. Apabila komputer sering force shutdown, maka hardisk di dalamnya pun mengalami kerusakan, sehingga data di dalamnya pun tidak terbaca.

Baca juga: 8 Aplikasi Menulis Novel Dibayar Ini Bisa Bantu Kamu Jadi Penulis Profesional

5. Jarang Melakukan Defragment

Defragment adalah suatu cara untuk mengelompokkan file-file pada komputer sesuai dengan jenisnya dan diletakkan di lokasi yang sama. Fungsi defragment adalah agar komputer tidak berjalan lambat dan semakin optimal. Dimana hal tersebut juga berpengaruh pada kinerja hardisk.

Cara melakukan defragment pada hardisk komputer adalah masuk pada menu ‘Defragment’ tergantung pada jenis Windows yang digunakan. Kemudian pilih ‘Optimize’ ataupun ‘Defragment disk’. Maka komputer akan menjalankan prosesnya, dan tunggu hingga selesai.

Baca juga: 8 Pilihan Aplikasi Edit Foto Background Merah di HP

6. Memori Hardisk Penuh

Hardisk yang telah terisi penuh menjadi penyebab terakhir hardisk tidak terbaca. Biasanya akan muncul peringatan bahwa memori hardisk telah terisi penuh. Namun apabila seringkali mengabaikan peringatan tersebut dan tetap menggunakan hardisk yang penuh, maka data akan mengalami kerusakan atau crash file.

Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan secara berkala sampah pada hardisk. Untuk mempermudah pembersihan sampah, dapat menggunakan aplikasi pembersih seperti Ccleaner maupun yang lainnya. Itulah penyebab hardisk tidak terbaca pada komputer yang sering ditemui oleh penggunanya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
45
Share