Penyebab dan Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

Penyebab dan Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

Pernahkah Anda mencoba mencetak dokumen dengan printer di rumah tetapi gagal karena tinta printer tidak keluar? Nah, selain tinta yang merembes atau kerusakan pada mesin, tinta printer yang tidak keluar menjadi masalah klasik yang kerap terjadi. Tentu, masalah ini sangat mengganggu, terlebih ketika Anda hendak mencetak dokumen penting yang sedang diperlukan.

Memang, printer sebenarnya memiliki sebuah indikator yang akan menjadi tanda jika ada permasalahan pada cartridge dan tinta tidak keluar. Namun, tidak sedikit pengguna yang masih bingung dan tidak menyadarinya. Bahkan, mereka tidak mengetahui apa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tinta printer tidak keluar.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang tinta printer tidak keluar agar Anda tetap bisa menggunakan device ini dengan baik di rumah. Penasaran? Simak ulasannya!

Penyebab Masalah Tinta Printer Tidak Keluar

Sebelum membahas tentang solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tinta printer yang tak bisa keluar, tentu Anda perlu mengetahui apa yang sebenarnya menyebabkan masalah ini. Ya, ada beberapa penyebab umum yang membuat tinta pada printer tidak keluar. Beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah:

1. Masalah pada Kabel Daya

Salah satu sebab umum kenapa tinta pada printer tak keluar adalah adanya masalah pada kabel daya unit printer tersebut. Dalam hal ini, kabel daya printer tidak terhubung dengan baik pada sumber daya listrik. Jika terjadi, hal ini akan membuat printer tidak bisa bekerja dengan optimal dan tinta tidak akan keluar.

Baca juga: 9 Cara Membersihkan Tinta Printer di Tangan, Dijamin Ampuh

2. Printer yang Belum Dinyalakan saat Proses Pencetakan

Tinta printer yang tak keluar juga bisa disebabkan karena printer yang belum dinyalakan ketika proses pencetakan dilakukan. Dalam hal ini, meskipun kabel daya printer sudah terhubung dengan listrik, namun ketika Anda melakukan pencetakan ketika printer belum menyala, maka tinta tak akan keluar. Hal ini dikarenakan device printer perlu persiapan untuk pencetakan.

3. Kabel Penghubung Printer Bermasalah

Selain karena kabel daya yang tidak terhubung dengan baik, masalah tinta printer yang tidak keluar juga terjadi karena kabel penghubung unit printer dengan komputer yang bermasalah. Ya, unit printer dan komputer dihubungkan dengan menggunakan kabel USB. Nah, ketika kabel USB ini renggang, maka printer tidak bisa bekerja dengan baik.

4. Tinta Printer Tidak Keluar karena Masalah pada Driver Printer

Permasalahan pada driver printer juga menjadi sebab printer tidak bekerja dengan optimal dan tinta tidak bisa keluar. Seperti yang diketahui, driver adalah software yang sangat penting karena akan memastikan printer bisa digunakan.

Perlu diketahui bahwa driver yang digunakan tentu saja harus sesuai dengan spesifikasi printer yang digunakan. Apabila tidak sesuai, maka printer tidak bisa dipakai. Selain itu, apabila driver bermasalah seperti adanya file yang hilang, maka printer tidak bisa digunakan.

Baca juga: Cara Mengisi Tinta Printer Canon yang Baik dan Benar, Simak Ya!

5. Pengaturan Printer yang Tidak Tepat

Agar bisa digunakan mencetak dokumen, pengaturan printer harus disesuaikan terlebih dahulu. Tentu, sama seperti driver yang dibahas sebelumnya, pengaturan printer ini harus disesuaikan dengan perangkat PC yang Anda gunakan. Apabila pengaturan ternyata kurang tepat, maka tinta tidak akan keluar dan tentu printer tidak bisa digunakan untuk mencetak.

Beberapa hal di atas adalah ragam penyebab umum kenapa tinta printer tak keluar ketika Anda hendak mencetak dokumen yang diinginkan. Sebagai tambahan, permasalahan tinta printer yang tidak keluar ini juga kerap terjadi karena kapasitas penyimpanan data yang tidak cukup atau adanya permasalahan pada cartridge yang Anda gunakan.

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

Ada beberapa cara yang sebenarnya cukup mudah dilakukan untuk mengatasi permasalahan tinta printer yang tidak keluar. Tentu, dengan beragam cara tersebut Anda bisa mencoba melakukan perbaikan awal ketika masalah ini terjadi.

Adapun beberapa solusi dan cara untuk mengatasi tinta printer yang tak keluar diantaranya adalah:

1. Mengisi Ulang Tinta Printer

Ketika tinta printer yang digunakan tak keluar, maka Anda bisa mencoba melakukan isi ulang tinta tersebut. Bisa saja tinta yang tersisa tidak cukup untuk mencetak dokumen yang Anda inginkan, terutama jika Anda ingin mencetak secara bersamaan.

Nah, coba cek berapa sisa tinta printer yang ada di cartridge. Jika ternyata habis, lakukan isi ulang tinta. Hanya saja, tentu Anda perlu memahami bahwa pengisian tinta printer harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak melakukan pengisian tinta secara berlebihan.

Baca juga: Cara Install Printer Epson di Windows Terbaru, dengan dan Tanpa CD

2. Melakukan Cleaning dan Deep Cleaning

Solusi lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi tinta printer yang tak mau keluar adalah dengan melakukan cleaning atau deep cleaning. Solusi ini termasuk salah satu cara maintenance pada printer yang Anda gunakan, terutama untuk membersihkan cartridge dari sumbatan yang membuatnya tidak bisa bekerja dengan baik.

Hanya saja, cara ini bisa digunakan ketika sumbatan yang terjadi belum terlalu parah. Oleh karenanya, Anda juga perlu mengecek kondisi cartridge terlebih dahulu.

Adapun cara untuk melakukan deep cleaning tersebut adalah:

  • Klik start dan pilih opsi devices and printer
  • Klik kanan pada unit printer yang bermasalah dan terhubung dengan PC
  • Pilih opsi maintenance preferences
  • Pada opsi tab maintenance, Anda akan menemukan banyak opsi yang tersedia. Nah, klik opsi cleaning atau deep cleaning
  • Tunggu proses hingga selesai

Setelah proses deep cleaning ini selesai, Anda bisa mencoba kembali menggunakan printer tersebut. Apabila ternyata tinta printer tetap tidak keluar, lakukan deep cleaning hingga 3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Membersihkan Sumbatan pada Cartridge

Seperti yang disinggung sebelumnya, deep cleaning bisa diandalkan jika sumbatan pada cartridge belum parah. Nah, apabila langkah cleaning tersebut belum berhasil, Anda perlu membersihkan sumbatan pada head cartridge yang menyebabkan tinta printer tak keluar.

Untuk membersihkan head cartridge tersebut, tentu saja Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Dalam hal ini, setelah melepaskan cartridge dari printer, Anda bisa merendam hanya kepala cartridge di air hangat selama beberapa menit.

Setelah dirasa cukup, maka ambil dan pasang kembali head cartridge tersebut. Lalu, lap dan angin-anginkan. Setelah head cartridge kering, coba untuk mencetak dokumen kembali.

4. Menghilangkan Rongga Udara pada Selang Tinta Infus

Untuk Anda yang menggunakan printer dengan tinta infus, maka menghilangkan rongga udara yang ada pada selang tinta juga bisa menjadi solusi yang tepat. Pasalnya, rongga udara tersebut menjadi ruang masalah tinta yang tidak keluar.

Nah, apabila rongga udara tersebut kecil, maka solusi yang bisa dilakukan adalah melakukan deep cleaning. Namun, apabila rongga udara ternyata besar, gunakan jarum suntik untuk mendorong dan menghilangkan rongga udara tersebut.

Dengan beberapa langkah di atas, masalah tinta printer tidak keluar tentu bisa diatasi dengan baik dan Anda bisa mencetak dokumen dengan nyaman dan cepat. Tentu, untuk menghindari masalah ini, perawatan pada printer yang digunakan mutlak diperlukan.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News