Aplikasi perpesanan Telegram, yang memiliki fitur end-to-end encryption dan memiliki kemampuan untuk mengampu pesan grup dalam jumlah yang besar kini semakin populer. Berdasarkan data dari Statista, pada Maret kemarin Telegram termasuk 11 aplikasi perpesanan yang populer dengan jumlah pengguna hingga 2,67 juta orang. Bulan Juli lalu, angka tersebut naik lagi menjadi 200 juta pengguna aktif.

Telegram.

Pada Jum’at kemarin, Telegram memperbarui layanan perpesanannya. Pembaruan ini disebut Slow Mode, dimana admin sebuah grup bisa mengatur jeda waktu sebelum anggotanya saling berkirim pesan. Jeda waktu ini bisa mencapai satu jam lamanya. Telegram menyebut pembaruan ini berguna buat percakapan grup yang lebih personal, sehingga anggotanya memilih pesan pribadi secara langsung.

Pembaruan lainnya juga disebut Silent Messages. Pembaruan ini memungkinkan seseorang mengirim pesan namun tidak akan bersuara ketika sampai di penerima. Hal ini berguna buat pengirim pesan yang tidak ingin mengganggu penerima pesannya dengan suara notifikasi. Misalnya saat penerima tersebut sedang di kelas, di ruang rapat, bahkan ketika tidur. Pesan tersebut tidak akan berbunyi meskipun penerima pesan belum mengatur ‘Do Not Disturb’. Fitur ini juga hadir untuk pesan dalam grup.

Telegram juga mampu memberikan wewenang kepada admin grup untuk memberi julukan pada anggotanya. Sehingga ketika anggota grup itu mengirim pesan di grup, judul itu akan muncul beserta nama dan julukan tersebut. Julukan ini bisa terlihat oleh semua anggota grup.

Kiriman video di Telegram juga bisa diatur untuk memiliki custom thumbnail. Selain itu video tersebut juga bisa diberikan penanda waktu untuk memberikan tanda pengirim mesti memfokuskan melihat pada menit atau detik ke berapa dari video tersebut.

Fitur lainnya termasuk animasi emoji, thumbnail yang lebih besar untuk melihat-lihat galeri sehingga memudahkan ketika mengambil foto atau video dari sini. Dan terakhir ada fitur dark mode yang sayangnya baru bisa dinikmati pengguna iOS saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here