3 Pembaruan Aplikasi Zoom yang Tak Lagi Bikin Was-Was

0
pembaruan aplikasi zoom

Aplikasi percakapan Zoom kini sangat populer, penggunanya telah melampaui 300 juta setiap hari. Sayangnya, sebagai aplikasi yang baru, Zoom menemui masalah keamanan. Untunglah ada pembaruan aplikasi Zoom untuk mengatasinya.

Zoom memang bergerak cepat. Perusahaan yang berbasis di San Jose, California, Amerika Serikat ini segera merilis versi 5.0 dari aplikasi tersebut. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari rencana 90 hari terutama perbaikan di sektor keamanan.

zoom

Versi baru ini membahas beberapa masalah perlindungan privasi, termasuk penambahan protokol enkripsi baru, fitur keamanan di satu tempat, dan kemampuan untuk melaporkan pengguna yang berperilaku tidak pantas.

“Saya bangga mencapai langkah ini dalam rencana 90 hari kami, tetapi ini baru permulaan. Kami membangun bisnis kami dengan memberikan kebahagiaan kepada pelanggan. Kami akan mendapatkan kepercayaan pelanggan kami dan memberikan mereka kebahagiaan dengan fokus kami yang tak tergoyahkan untuk menyediakan platform yang paling aman,” tulis CEO dan pendiri Zoom, Eric Yuan, dalam siaran pers.

Zoom versi 5.0 mulai diluncurkan minggu ini. Berikut ini semua peningkatan keamanan dan privasi baru yang mungkin Anda harapkan dari layanan percakapan video ini.

Enkripsi yang lebih kuat

Zoom sudah mengenkripsi konten presentasi in-meeting dan in-webinar pada platformnya. Namun rasanya hal itu dirasa belum cukup. Sekarang enkripsi itu diperkuat lagi dengan memutakhirkan ke standar ACM 256-bit GCM.

Secara sederhana, mode kriptografi baru tersebut bakal lebih baik lagi dalam memastikan bahwa konten yang Anda bagikan di Zoom tidak dapat dicegat oleh pengguna luar yang tak diundang. Ini juga akan melindungi pengguna dari Zoombombing, sebuah kejadian dimana peserta yang tidak diinginkan muncul dalam rapat.

Protokol enkripsi baru ini akan mengamankan rapat Zoom, webinar, dan panggilan masuk begitu diterapkan ke semua akun. Zoom mengatakan bahwa fitur baru akan diluncurkan ke seluruh sistem pada 30 Mei mendatang.

Kontrol atas penggunaan pusat data

Admin akun Zoom dan host rapat sekarang dapat memilih pusat data mana yang digunakan rapat dan webinar mereka untuk lalu lintas real-time. Ini bisa bermanfaat bagi organisasi yang tidak ingin lalu lintas pertemuannya dialihkan melalui wilayah dan negara yang tidak diinginkan.

Keamanan baru dan kendali dalam melaporkan pengguna

Zoom 5.0 juga akan mengelompokkan semua pengaturan keamanan di satu tempat, sehingga membuatnya lebih mudah ditemukan. Fitur ini sudah diluncurkan untuk beberapa pengguna dan akan dirilis secara lebih luas di versi baru.

Pengguna dapat menemukan semua fitur keamanan dengan mengklik ikon keamanan di bilah menu rapat pada antarmuka host.

Peserta juga bisa dapat melaporkan pengguna ke tim Trust & Safety dari Zoom untuk tindakan yang tidak pantas. Opsi “Report a User” juga akan tersedia melalui ikon keamanan yang disebutkan di atas.

Setelah laporan dibuat terhadap pengguna, Zoom akan meninjau setiap potensi penyalahgunaan platform dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Selain fitur-fitur baru ini, versi baru Zoom juga akan membawa peningkatan privasi seperti ruang tunggu default, ID rapat tersembunyi, kata sandi wajib, dan lainnya dari versi platform saat ini.

Setelah versi 5 tersebut sudah tersedia, Anda dapat mengunduhnya di sini.

Dengan peningkatan keamanan ini, Zoom berharap agar banyak perusahaan dan pemerintah tetap memakai Zoom sebagai sarana rapat online. Sehingga tidak ada pelarangan untuk menggunakan Zoom lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here