Pelengkap Ponsel Yang Wajib Ada Saat Musim Hujan

0

Banjir memang musibah. Kehadirannya pun kerap tak bisa dicegah. Sebagai bagian dari antisipasi kondisi darurat, ponsel sebagai alat komunikasi harus tetap menyala.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Anda bisa menaruhnya di tempat yang tinggi. Jangan pernah menaruhnya di lantai ketika hujan semakin deras.

Hal lain yang bisa dilakukan agar ponsel tetap menyala adalah menyiapkan beberapa pelangkap. Nah, berikut ini merupakan daftar pelengkap yang bisa melindungi ponsel Anda dari cipratan air, bahkan rendaman air banjir sekalipun.

Waterproof Pouch

Benda yang satu ini sangat familiar buat para pecinta basah-basahan seperti waterboom, rafting, dan bermain-main ombak di pantai.

Pouch waterproof banyak dimiliki oleh pengguna ponsel dikarenakan bentuknya cukup universal. Ia cocok dengan beragam jenis ponsel. Harganya juga murah.

Makanya Anda mesti memilikinya sebagai sarana antisipasi genangan air hingga banjir yang mulai marak. Kalau ada uang lebih, barulah Anda bisa melirik waterproof case.

Harga waterproof pouch ini mulai dari Rp5.000,00.

Waterproof Case

Waterproof case sebetulnya berfungsi sama dengan waterproof pouch, cuma bentuknya berbeda. Yang ini harus sama dengan desain ponsel. Sebab hakikatnya merupakan case bukan pouch.

Case ini dari segi penampilan jauh lebih baik. Sebab bentuknya pas dengan bentuk ponsel. Ia pun lebih tahan lama dari sisi robek sebab terbuat dari bahan plastik yang lebih keras.

Sayangnya harganya jauh lebih mahal dibanding kantong anti-air diatas. Di beberapa online shop, banderolnya mulai dari Rp100.000,00.

Solar Powerbank Waterproof

Hampir seluruh pengguna ponsel memiliki powerbank. Benda yang ukurannya setara dengan ponsel ini berguna sekali sebagai sumber daya darurat ketika ponsel kehabisan daya.

Sayangnya ketika musim hujan apalagi banjir, benda yang satu ini pun rentan basah. Sehingga fungsinya tak lagi bisa diandalkan. Air bisa merusak jaringan sirkuitnya. Untuk itulah Anda memerlukan powerbank yang tahan air.

Sayangnya dalam kondisi banjir, PLN biasanya mematikan aliran listrik. Meski hujan sudah reda dan matahari pun mulai menampakkan sinarnya, listrik tetap dimatikan demi keamanan.

Buat yang memiliki powerbank biasa, tentu hal ini menjadi penghambat. Sebab powerbank juga punya daya yang bisa habis ketika dipakai satu hingga dua kali. Itulah mengapa Anda memerlukan solar powerbank waterproof.

Benda ini memang masih jarang, tetapi bukan berarti tidak ada yang menjualnya. Harganya di marketplace mulai dari Rp300.000,00 tergantung dari kapasitas.

Tas Tahan Air

Disamping benda-benda anti-air diatas, Anda tetap membutuhkan tas anti air buat menampung semuanya. Tas ini biasanya berbentuk kaku dan keras. Namun dibalik bentuknya yang aneh tadi, manfaatnya selain tahan air juga bisa menahan benturan.

Tas semacam ini banyak yang menjualnya. Ukurannya memang tidak besar, namun cukup muat buat menyimpan ponsel, powerbank, dan earphone. Jadi barang bawaan lebih praktis kalau dalam satu tas.

Ada juga yang bentuknya mirip waterproof pouch diatas. Harganya juga lebih ringan. Bahkan banyak yang jauh lebih besar dan bisa muat banyak. Tinggal pilihan Anda, dan sesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Harganya mulai dari Rp100.000,00.

Itulah tadi beberapa pelengkap ponsel yang semestinya Anda sediakan sebelum hujan besar menemani aktivitas Anda sehari-hari. Jangan sampai data-data Anda di dalam ponsel terhapus akibat arus pendek yang terjadi akibat air.

Selalu jaga kesehatan di musim penghujan ini, jaga diri baik-baik, dan tetap stay safe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here