Oppo Watch Siap Dirilis di Indonesia, Banderolnya Mulai Rp3 Jutaan

0
oppo watch

Oppo ternyata juga memiliki produk smartwatch, yang diberi nama Oppo Watch. Jam tangan pintar ini sebetulnya sudah dirilis sejak Maret 2020 lalu, namun hanya beredar China saja. Saat ini, pabrikan asal China tersebut telah resmi merilis jam tangan pintar ini ke Indonesia.

Oppo Watch ini memakai sistem operasi smartwatch milik Google, yakni Wear OS. Hal ini memungkinkan penggunanya bakal mendapatkan ekslusivitas untuk mengakses berbagai aplikasi, Outfit Matching AI Watch Face, hingga koneksi langsung ke Google Fit.

Buat yang belum tahu, Outfit Matching AI Watch Face merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memadankan outfit yang dipakai dengan wallpaper di layar secara otomatis. Proses ini bekerja berdasarkan kecanggihan artificial intelligence (AI).

Ada dua model yang disiapkan Oppo terutama untuk pasar Inggris dan India. Yakni 46mm LTE dan 41mm versi Wi-Fi saja. Permukaan belakang versi 41mm hanya terbuat dari plastik, sedangkan model 46mm juga memiliki fitur keramik. Versi yang lebih kecil ini juga memiliki peringkat ketahanan air 3ATM, sedangkan model yang lebih besar mendapat peringkat 5ATM.

Spesifikasi Oppo Watch

Ada perbedaan spesifikasi lain antara keduanya. Versi 41mm hadir dengan layar AMOLED 1,6 inci yang lebih kecil dengan resolusi 320 x 360 yang lebih rendah. Versi yang lebih besar memiliki layar 1,9 inci dan resolusi 402 x 476 yang lebih tinggi. Keduanya memiliki tampilan melengkung di sisi kiri dan kanan.

Oppo juga membenamkan baterai yang lebih besar ke varian 46mm yakni baterai 430mAh. Baterai ini diklaim Oppo akan bertahan 30 jam dengan penggunaan normal atau 21 hari dalam mode hemat daya. Oppo Watch yang lebih kecil memiliki baterai 300mAh, yang akan bertahan 24 jam dengan penggunaan normal atau 14 hari dalam mode hemat daya.

Desain keseluruhan, Oppo Watch memang banyak terilhami dari Apple Watch. Namun melihat perbandingan keduanya, kemudian disesuaikan dengan penawaran dan pertimbangan fungsional, seharusnya banyak yang memilih Oppo Watch.

oppo watch

Untuk persoalan chipset, keduanya sama. Kedua Oppo Watch ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon Wear 3100. Ya, memang bukan chipset Snapdragon 4100 terbaru. Tetapi seharusnya tidak jadi masalah, sebab banyak jam tangan pintar dengan chipset tersebut sejak tahun lalu masih baik-baik saja. Apalagi ditopang oleh RAM 1GB, yang seharusnya lebih dari cukup untuk menangani Wear OS.

Oppo juga menyertakan chipset lain pada Oppo Watch untuk membantu masa pakai baterai. Dalam mode normal, Oppo Watch menggunakan chipset Snapdragon tadi. Sementara untuk tugas yang kurang berarti, jam tangan pintar ini beralih ke chipset Apollo 3 yang lebih hemat daya. Sehingga akan menghasilkan keseimbangan yang lebih baik antara kinerja tinggi dan efisiensi daya.

Kurang absah rasanya ketika sebuah smartwatch tidak menyertakan spesifikasi kebugaran. Ya, Oppo Watch hadir dengan GPS + GLONASS bawaan dan sensor detak jantung optik yang selalu aktif. Perangkat ini dapat melacak berbagai kegiatan dengan Google Fit. Oppo juga menyertakan lima mode latihan dengan perintah suara, yakni fitness run, fat burn run, outdoor walk, outdoor cycling, dan swimming.

SpesifikasiOppo Watch (46mm)
LTE
Oppo Watch (41mm)
Wi-Fi only
Display1.91-inch AMOLED
402 x 476 resolution
326ppi
72.76% screen-to-body ratio
500 nits
1.6-inch AMOLED
320 x 360 resolution
301ppi
65.22% screen-to-body ratio
500 nits
ChipsetQualcomm Snapdragon Wear 3300Qualcomm Snapdragon Wear 3300
RAM1GB1 GB
Penyimpanan8GB8 GB
Baterai430mAh
Smartwatch mode: hingga 30 jam
Power Saver mode: hingga 21 hari

Charging: 5V 1.5A
75-min. charging time
300mAh
Smartwatch mode: hingga 24 jam
Power Saver mode: hingga 14 hari

Charging: 5V 1.5A
75-min. charging time
Ketahanan Air5ATM3 ATM
SensorGPS, GLONASS
Optical heart rate sensor
GPS, GLONASS
Optical heart rate sensor
JaringanWCDMA: B1/B8
FDD-LTE: B1/B3/B7/B8/B20
TD-LTE: B38
Tidak Ada
Sistem OperasiWear OSWear OS
MaterialCase: 6000-series aluminium alloy
Rear surface: Plastic and ceramic
Strap: Fluororubber
Case: 6000-series aluminium alloy
Rear surface: Plastic
Strap: Fluororubber
WarnaBlack, Glossy GoldBlack, Pink, Gold, Silver Mist

Harga dan Ketersediaan

Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Ario Meidianto, Oppo Watch akan hadir secara resmi di Indonesia pada 6 Agustus mendatang bersamaan dengan kehadiran Oppo Reno 4.

Kedua varian Oppo Watch juga akan hadir ke Indonesia. Namun tidak semua warna yang tersedia akan. Varian 46mm hanya tersedia dengan warna hitam, dan varian 41mm sedikit lebih banyak dengan varian black dan rose gold.

Untuk harga sendiri belum ada bocoran dari pihak Oppo. Namun berdasarkan harga yang sudah diumumkan di India, Oppo Watch dibanderol mulai dari Rp2,9 jutaan hingga Rp3,9 jutaan. Kita tunggu saja harga resminya di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here