oppo reno5 f

Oppo sudah mengenalkan Oppo Reno5 Series sejak Januari 2021 lalu. Namun varian terbarunya, yakni Oppo Reno5 F baru saja dirilis kemarin.

Oppo Reno5 F hadir guna meramaikan pangsa pasar di kelas menengah. Oppo menawarkan beragam spesifikasi nan canggih pada ponsel barunya ini.

Fitur terbaiknya merupakan kamera yang menawan untuk menghasilkan gambar yang berkelas. Sebab pada fitur ini ada kecerdasan buatan (AI) yang didaulat hadir pada beberapa fitur kamera tersebut.

Apakah cuma itu saja kelebihan dari Oppo Reno5 F ini? Mari kita simak ulasannya.

Desain

Dimensi Reno 5F 160,1 x 73,2 x 7,8 mm dengan berat mencapai 172 gram. Menurutku sih ini dimensi bodi yang ideal. Bakal enak kalao digenggam oleh satu tangan.

Oppo mengklaim bentuk bodinya merupakan sebuah konsep bodi flagship modern. Sebab bentuk bodinya terkesan futuristik. Yakni ramping dengan bagian punggung yang smooth di kedua sisi.

Berbicara bagian punggung, Oppo mewarnainya dengan gradasi menarik dengan bingkai empat kamera yang selaras.

Dan keseluruhan punggung itu dibiarkan polos untuk memberi ruang tampil bagi warna gradasi itu memperindah ponsel.

Layar

Pada bagian depan ada panel AMOLED dengan luas 6,43 inci. Panel ini memiliki resolusi Full HD 1080 x 2400 piksel dengan tingkat kecerahan 800 nits.

Ada punch hole kecil di sudut kanan atas pada layar Reno5 F ini untuk menempatkan kamera depan.

Secara keseluruhan, layarnya luas karena memiliki bezel yang nyaris tak kelihatan di sisi kanan dan kiri. Apalagi lebih tahan gores karena dilindungi oleh Gorilla Glass 3.

Layar ini memiliki refresh rate 60 Hz. Soal yang satu ini memang hal yang disayangkan. Sebab di kelas menengah cukup banyak yang sudah memasang refresh rate 90 Hz bahkan lebih.

Kamera

AI Color Portrait menjadi salah satu fitur kamera yang cukup diandalkan oleh Oppo Reno5 F. Pasalnya fitur ini mampu mengubah objek lebih fokus dan menghasilkan gambar layaknya hasil jepretan profesional.

Ada lagi Dual-View Video, yakni sebuah fitur untuk mengabadikan dua momen yang indah lewat kamera belakang dan kamera depan secara bersama-sama. Jadi kita tak perlu kehilangan momen di kedua sisi.

Beberapa fitur menarik itu dihasilkan oleh lima kamera. Yakni empat kamera belakang dan satu kamera depan.

Empat kamera belakang terdiri atas kamera utama 48 MP, kamera ultra wide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera mono 2 MP. Sementara kamera depan memiliki resolusi 32 MP.

Dari paduan kamera-kamera tersebut, selain AI Color Portrait dan Dual-View Video, ada fitur lain yang juga dihasilkan oleh Oppo Reno5 F. Yakni dynamic bokeh yang membuat bokeh semakin menawan.

Ada lagi fitur night plus dengan tiga filter yakni Cosmopolitan, Astral, dan Dazzle. Cosmopolitan memberikan nuansa emas untuk foto malam hari. Astral untuk memberikan kesan hijau, biru, jingga, dan kuning. Dan Dazzle membuat efek kilauan cahaya di bangunan yang dipotret pada malam hari.

Dapur Pacu

Oppo membenamkan MediaTek Helio P95 sebagai dapur pacu bagi Oppo Reno5 F. Pemilihan chipset ini dianggap langkah yang bagus untuk membuat harga yang lebih rendah namun tak menurunkan performa.

MediaTek Helio P95 merupakan chipset andalan MediaTek untuk ponsel kelas menengah. Meski dilabeli sebagai chipset kelas menengah, namun MediaTek menggaransi chipset yang punya fitur HyperEngine ini punya kualifikasi yang mumpuni untuk masuk ke level atas.

Sementara itu Oppo hanya memasarkan varian RAM 8 GB dengan memori 128 GB untuk pasar Indonesia.

Untuk menunjang dayanya Oppo memberikan baerai 4310mAh dengan fitur VOOC Flash Charge 4.0 sebesar 30 Watt. Baterai ini juga telah diberikan fitur All-Day Smart Power Saving yang membuatnya bisa bertahan seharian meski dipergunakan untuk kerja berat.

Ketersediaan

Oppo Reno5 F sudah tersedia di berbagai jaringan ritel online maupun marketplace yang bekerjasama dengan OPPO Indonesia. Namun kamu juga bisa mendapatkannya di Oppo Store yang ada di berbagai konter di seluruh Indonesia. Harga Oppo Reno5 F dibanderol Rp4.299.000.

Spesifikasi Oppo Reno5 F

SpesifikasiDetail
Dimensi160,1 x 73,2 x 7,8 mm
Berat172 gram
Layar6,43 inci, AMOLED, Full HD Plus1.080 x 2.400 p
ChipsetMediaTek Helio P95 (12 nm)
RAM8GB
Memori128 GB
Kamera Depan32MB
Kamera Belakang48 MP, 8MP, 2MP, 2MP
Baterai4.3210mAh
HargaRp4.299.000

Berita sebelumyaOPPO Enco X, Wireless Earphone dengan Premium Hi-Fi
Berita berikutnyaPerbedaan Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here