Oppo Kenalkan Kamera Depan ‘Under-Display’

0

Oppo akhirnya merilis kamera depan ‘under-display’ untuk pertama kalinya. Ini pertama kalinya kamera yang biasa dipergunakan untuk selfie tersebut tidak berada di poni, di bezel atas, maupun di pop-up. Sebab kamera tersebut ada dibawah layar smartphone. Keren.

Perkenalan kamera depan milik Oppo tersebut memang tidak di ajang yang resmi, namun di situs Weibo. Adalah Wakil Presiden Oppo, Brian Shen, yang mengunggah sebuah video yang menunjukkan sebuah smartphone prototype bisa memotret dari kamera yang berada dibawah layar. Unggahan video ini kemudian diunggah kembali oleh akun Oppo di Twitter.

 

Namun sebagaimana diakui Brian Shen, kamera depan under display ini tentu masih memiliki kelemahan. Sebab ia belum bisa berfungsi layaknya kamera normal. Kamera dibawah layar tentu saja masih terhalang secara optik oleh layar tersebut.

Secara teknis kamera depan ini mirip dengan under-display finger print alias pemindai sidik jari yang berada dibawah layar. Yakni memanfaatkan ketipisan layar AMOLED.

Tantangan buat kamera depan under display adalah bukan hanya soal tipis, sesbab ia tak lagi terhubung dengan sensor sentuh. Ia terhubung dengan pencahayaan yang cukup agar kamera bisa mendapat cahaya yang cukup dari objek yang ditangkap.

Saat ini smartphone ini masih berupa purwarupa yang terus dikembangkan Oppo. Mudah-mudahan Oppo bisa segera menyempurnakan dan merealisasikannya.

Oppo sendiri cukup banyak berinovasi di industri smartphone. Salah satu yang cukup terkenal adalah teknologi super-fast charging VOOC dan periscope zoom lenses yang membawa smartphone Oppo cukup memberi warna pada pasar smartphone. Untuk inovasi kamera dibawah layar ini, Oppo belum menjanjikan apa-apa tentang kapan teknologi ini akan hadir di pasar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here