Nokia PureBook X14, Laptop Pertama dari Sang Legenda

- Advertisement -

Nokia memang bukan nama yang cukup identik dengan laptop maupun komputer secara umum. Namun siapa sangka, jenama asal Finlandia yang pernah jadi legenda ini membuat laptop pertamanya dengan nama Nokia PureBook X14.

Laptop ini memang bukan sebuah debut yang mencengangkan publik. Pun bagi Nokia sendiri, sepertinya ini hanyalah sebuah langkah awal. Sebab Nokia PureBook X14 ini hanya mengandalkan fungsi yang praktis tanpa memperhatikan berbagai detail.

Desainnya cukup simpel dan lurus. Buat mereka yang suka dengan desain semacam ini, PureBook X14 rasanya pantang untuk dilewatkan. Layarnya menggunakan IPS 1080p 14 inci. Meski bezel bagian bawahnya agak sedikit tebal, tapi layar ini sudah didukung oleh Dolby Vision. Urusan audio sendiri diserahkan pada Dolby Atmos.

Pada dapur pacu Nokia Purebook X14 ditenagai oleh chipset Intel Core i5 10th Gen dengan RAM 8GB DDR4-2666 dan penyimpanan SSD berbasis NVMe 512GB. Nokia menyebutkan bahwa CPU ini dapat melakukan peningkatan performa hingga 4.2GHz. Kalau dilihat fitur tersebut, tampaknya Nokia memakai i5-10210U.

- Advertisement -

Sayangnya ini laptop yang dipergunakan untuk para kaum produktif, sehingga Nokia tidak menyertakan GPU khusus gaming seperti NVidia maupun AMD. Pengguna harus puas dengan chipset grafis bawaan UHD 620 onboard. Meski, tentu saja kartu grafis internal ini pun tak boleh dianggap remeh.

Melanjutkan fungsinya sebagai laptop penunjang produktivitas, Nokia PureBook X14 juga memasang keyboard dengan lampu backlit. Sementara itu konektivitasnya didukung oleh dua port USB 3.1, satu port USB 2.0, dan satu port USB-C 3.1. HDMI, jack jaringan RJ45, dan jack headphone 3,5mm juga melengkapi laptop ini.

Sayangnya laptop ini baru tersedia di India saja. Nokia memasarkannya lewat Flipkart mulai 18 Desember 2020 dengan harga khusus pra-pemesanan Rs59.990 atau setara Rp11,5 juta.

Dengan berat 1,1 kg dan berbagai keunggulan lainnya, Nokia tampaknya cukup serius dalam membidik pasar laptop. Pertanyaannya, mampukah Nokia?

- Advertisement -
Nokia PureBook X14
Bang Doel
Blogger yang hobi ngopi, ngemil, dan motret.

Latest articles

Artikel Terkait

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here