Tips  

Mudahnya Membuat Aplikasi Input Data dengan Excel

Membuat Aplikasi Input Data dengan Excel
Membuat Aplikasi Input Data dengan Excel

Excel menyediakan jumlah sel yang tidak terbatas. Inilah yang menjadi kesulitan tersendiri bagi kamu yang akan melakukan input data. Bingung mau menginput di bagian mana. Salah satu cara untuk bisa keluar dari masalah itu adalah membuat aplikasi input data dengan Excel.

Bagi kamu yang masih kesulitan, tidak perlu khawatir. Cukup baca artikel ini hingga selesai. Karena pada artikel ini akan dibahas terkait bagaimana cara input data excel dengan mudah dan cepat.

Membuat Aplikasi Input Data dengan Excel 2007

Bagi kamu yang masih setia menggunakan Excel 2007, berikut beberapa langkah membuat aplikasi input data dengan Excel.

Membuat Tabel

Cara membuat tabel ini sangat mudah. Buka dokumen baru di Excel yang kosong. Lalu blok bagian yang akan kamu buat tabel. Lihat pada tab dan klik Insert atau Sisipkan. Dan klik OK.

Setelah tabel dibuat, kamu tinggal mengganti nama pada tiap kolom dan mengganti ukuran sesuai dengan yang diperlukan. Baru kamu bisa membuat form di Excel dengan langkah selanjutnya.

Membuat Formulir Input Data

Cara membuat form di Excel untuk input data juga tak kalah sulit. caranya adalah dengan klik kanan mouse pada bagian bilah atas dan pilih Kustomisasi Pita. Nantinya akan muncul jendela Opsi Excel. Lalu klik pada tab Bilah Alat Akses Cepat. Ubah bagian Pilih Perintah Dari jadi Perintah Tidak Dalam Pita. Lalu cari Formulir, klik Tambah. Dan terakhir klik OK.

Memasukkan Data

Caranya adalah dengan mengklik salah satu sel. Lalu klik formulir pada bagian atas dan isi formulir pada jendela yang telah muncul. Dengan sendirinya data akan terisi pada baris bawah. Dan selamat. Kamu sudah bisa menggunakan cara mudah ini.

Membuat Aplikasi Input Data dengan Microsoft Form

Tidak hanya dengan Excel saja. Kamu juga bisa membuat aplikasi input data secara online menggunakan Microsoft Form. Jika ada jawaban dari responden akan langsung masuk pada Microsoft Excel. Cara membuatnya sangat mudah. Semudah membuat form di Excel.

Membuka Formulir Survei

Cara yang pertama adalah dengan membuka one Drive pada driver. Klik ikon + dan pilih Formulir Survei.

Mengisi Pertanyaan

Langkah selanjutnya adalah mengisi beberapa pertanyaan yang akan kamu tanyakan dan harus diisi oleh responden. Kamu tinggal klik Tambah Baru. Lalu pilih jawaban yang kamu kehendaki. Apakah pilihan ganda, teks dan lainnya. Dan tulis pertanyaan yang akan kamu ajukan.

Kirim

Setelah itu, klik Kirim. Jika kamu ingin membagikan link pada aplikasi chat atau media sosial, tinggal copy link saja.

Formulir ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi input data dengan Excel. Cukup buka link pada hp atau laptop. Isi data yang kamu butuhkan. Maka secara otomatis data akan masuk pada Microsoft Excel.

3 Pekerjaan yang Membutuhkan Software Excel

Excel merupakan salah satu software dari Microsoft Office yang cukup banyak digunakan setelah Microsoft Word. Terutama untuk beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan perhitungan matematis. Contohnya:

Akuntansi

Bagi kamu mahasiswa akuntansi atau bahkan yang sudah menjadi karyawan staff accounting pada sebuah perusahaan, pasti tidak asing lagi dengan Microsoft Excel. Karena software ini selalu menjadi andalan untuk menyelesaikan semua pekerjaan perhitungan akuntansi.

Tidak hanya menghitung kas masuk dan keluar saja. Excel juga bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan sederhana. Mulai dari laporan laba rugi, neraca, perubahan modal, dan lain sebagainya.

Kalkulasi Matematis

Tak hanya memudahkan pekerjaan accounting saja. Excel juga bisa digunakan sebagai kalkulasi matematis. Seperti pengurangan, penjumlahan, pembagian, hingga perhitungan rumit seperti perhitungan gaji karyawan. Kemudahan inilah yang menjadikan Excel sebagai software favorit banyak orang.

Pengelolaan Data

Pusing menghitung data dengan menggunakan kalkulator manual? Sudah saatnya kamu menggunakan software Excel. Karena Excel bisa kamu andalkan untuk mencari data minimum, maksimum, hingga nilai rata-rata. Tidak hanya untuk keperluan kantor saja, tapi juga untuk tugas sekolah.

Kelebihannya

Banyaknya pengguna Excel bukan berarti tanpa alasan. Karena software ini memang memiliki banyak kelebihan, antara lain:

Loadingnya Lebih Cepat

Ini adalah kelebihan yang tidak banyak dimiliki oleh software atau aplikasi sejenis, yaitu loading yang cepat dan mudah. Sehingga membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Ukurannya juga tidak terlalu berat. Bisa kamu andalkan untuk perangkat yang tidak terlalu banyak memiliki memori.

Bisa Diintegrasikan dengan PDF

Sama seperti Microsoft Word, Excel juga bisa disimpan dalam bentuk PDF. Ini sangat berguna bagi kamu yang akan menyajikan laporan dalam bentuk softcopy tanpa harus mengirim semua perhitungan pada lembarnya.

Tampilannya Sangat Sederhana

Bagi kamu yang sering menggunakan aplikasi atau software ini pasti setuju bahwa tampilan Excel memang sangat sederhana. Bahkan saking sederhananya, banyak pemula yang telah mahir menggunakannya meski hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Mungkin memang ada beberapa rumus yang sedikit rumit. Tapi kamu bisa mempelajarinya secara otodidak melalui literatur online. Banyak artikel di Google yang memberi tutorial cara menghitung beberapa perhitungan Excel mulai dari yang sederhana hingga yang rumit sekalipun.

Jumlah Baris Kolom yang Banyak

Jika ditanya berapa jumlah baris dan kolom pada tiap sheet? Banyak yang menjawab tak terhingga. Jawaban ini memang tidak salah. Karena sel yang disediakan Excel memang sangat banyak. Nyaris tak bisa dihitung.

Namun jawaban ini tidak selamanya benar. Karena baris dan kolom Excel memang terbatas. Pada tiap sheet, Excel memiliki 1.084.576 kolom dan 16.384 baris. Itu baru satu sheet. Bagaimana jika dalam satu file ada puluhan sheet yang kamu gunakan?

Jadi memang wajar jika aplikasi Excel sering diandalkan untuk berbagai pekerjaan yang besar dan banyak. Termasuk juga perusahaan-perusahaan besar skala internasional.

Kelemahannya

Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata Microsoft Excel juga memiliki banyak kekurangan, antara lain:

User Harus Memahami Rumus

Meski memang memudahkan dan membantu, ternyata kamu harus memahami rumusnya terlebih dahulu. Tanpa memahami rumusnya, kamu tidak akan pernah bisa mengoperasikan aplikasi ini. Sekalipun telah download aplikasi input data Excel.

Hati-hati Memasukkan Rumus

Karena salah rumus, hasil perhitungan bisa salah. Bahkan kesalahan bisa terjadi hingga akhir. Dampaknya akan mempengaruhi hasil laporan jika perhitungan ini kamu gunakan untuk melaporkan data keuangan perusahaan.

Input Manual

Ini juga kelemahan yang dikeluhkan banyak penggunanya. Karena harus melakukan input data secara manual. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Lebih lama input datanya daripada pengolahannya.

Nah, itulah cara membuat aplikasi input data dengan Excel. Lengkap dengan kelebihan dan kelemahan Excel. Meski banyak software dan aplikasi sejenis, namun sepertinya Excel masih menjadi pilihan banyak pengguna.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
21
Share