Tips  

Mudah Saja! Begini Panduan Cara Menggunakan Aplikasi Gojek

Cara Menggunakan Aplikasi Gojek
Cara Menggunakan Aplikasi Gojek

Sebagai pionir transportasi online di Indonesia, aplikasi Gojek telah diunduh lebih dari 200 juta kali dengan estimasi 22 juta pengguna aktif setiap bulannya. Kendati ojek online ini sudah sangat familiar di telinga kita, tapi ternyata masih ada sebagian orang yang belum paham cara menggunakan aplikasi Gojek.

Ada baiknya jika kita mau belajar cara menggunakan aplikasi Gojek. Sebab itu akan memudahkan kita pada waktu-waktu tertentu, semisal butuh jemputan, ingin pesan makanan tapi malas keluar rumah, antar barang, dan sebagainya. Kalau nggak paham cara menggunakan aplikasinya otomatis kita nggak bakalan tau cara memesan Gojek.

Secara garis besar menggunakan aplikasi Gojek tidaklah sulit. Terpenting harus punya smartphone terlebih dahulu. Sebab, aplikasi ini hanya bisa diinstall dan beroperasi pada smartphone. Selanjutnya, tinggal ikuti panduan cara menggunakan aplikasi Gojek berikut ini.

  • Langkah awal, silakan install aplikasi Gojeknya terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut secara gratis melalui Play Store.
  • Jika proses install berhasil, langkah selanjutnya kamu harus buat akun pribadi. Klik opsi “Sign Up” yang tertera pada halaman aplikasi Gojek lalu isi data diri kamu. Tak perlu khawatir, sistem keamanan aplikasi ini sudah semakin ketat. Jadi kecil kemungkinan terjadi penyalahgunaan data.
  • Setelah semua kolom data terisi, Gojek akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon atau email yang kamu cantumkan di kolom data. Kode verifikasi ini semacam permintaan konfirmasi ulang apakah kamu sudah mengisi data dengan benar dan menyetujui ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Kalau sudah yakin, masukkan kode tersebut ke aplikasi. Dengan demikian akun kamu resmi terdaftar dan kamu sudah bisa menggunakan semua layanan yang tersedia di aplikasi.

Berbagai Macam Layanan Gojek 

Gojek bukan cuma menyediakan layanan transportasi online, tapi juga layanan-layanan lain untuk memudahkan pengguna setianya. Bagi yang sudah paham cara menggunakan aplikasi Gojek ini, bolehlah sesekali mencoba lainnya.

Adapun jenis-jenis layanan yang tersedia pada aplikasi Gojek, antara lain:

  • GoRide. Layanan ini khusus untuk pengguna yang ingin bepergian dengan sepeda motor. Pilihan jenis sepeda motornya beragam. Namun yang pasti sebagian besar motor-motor tahun tinggi dengan mesin terawat sehingga penumpang merasa aman dan nyaman berada di atasnya.
  • Sesuai namanya, layanan ini buat pengguna yang ingin bepergian dengan mobil. Ada beberapa jenis mobil tersedia berdasarkan kapasitas penumpangnya. Untuk penumpang berjumlah 1-3 orang bisa gunakan mobil kecil. Sedangkan untuk muatan yang lebih banyak, bisa pilih mobil yang berukuran sedang.
  • Selain mobil penumpang, Gojek juga menyediakan mobil untuk angkut barang-barang besar atau dalam jumlah yang banyak. Cocok sekali untuk yang ingin pindahan.
  • Tutorial menggunakan aplikasi Gojek juga nantinya bermanfaat buat kamu yang ingin order makanan di resto-resto atau café yang bermitra dengan Gojek. Yang paling mengasyikkan, Gojek sering bagi-bagi voucher potongan harga makanan lho untuk pelanggan-pelanggannya.
  • GoSend. Ingin kirim barang ke teman tapi nggak punya waktu untuk mengantarkannya? Sudah tahu cara mengirim Gojek kan? Nah, kamu bisa memanfaatkan layanan GoSend untuk berkirim-kirim barang. Terpenting kamu dan penerima berdomisili dalam satu kota yang sama. Tarif terjangkau, prosesnya cepat pula.
  • GoMart dan GoShop. Sedang butuh suatu produk tapi malas ke supermarket atau swalayan? Tenang, ada kurir Gojek yang siap menerima tugas belanja kebutuhanmu. Kamu tinggal tunggu saja di rumah.
  • Selain driver atau kurir Gojek juga menyediakan tenaga therapist yang bisa kamu panggil ke rumah untuk pijat refleksi atau pijat sehat. Jangan khawatir, di sini nggak menyediakan praktik pijat plus-plus. Semua therapist yang terdaftar adalah mereka yang profesional di bidangnya.
  • GoClean. Khusus untuk yang membutuhkan tenaga bersih-bersih rumah, bisa mencoba layanan Gojek yang satu ini. Perhitungan tarifnya berdasarkan seberapa banyak yang harus dibersihkan oleh tenaga cleaning service Gojek. Jadi pengguna jasa bisa menyesuaikan sendiri budget yang mereka punya. Misal, tarif membersihkan dua ruangan pasti berbeda dengan 3 ruangan.
  • Gojek bekerja sama dengan Hallodoc membantu kamu yang ingin konsultasi kesehatan dengan dokter melalui chat. Jika kamu membutuhkan obat-obatan, kamu bisa pakai jasa kurir Gojek untuk membelikannya.

Cara Menggunakan Aplikasi Gojek yang Bikin Layanan Ini Paling Laris

Walau layanan Gojek komplit, tetapi hanya beberapa layanan saja yang terbilang laris. Kemungkinan besar karena orang-orang belum terlalu membutuhkannya. Di antara sekian banyak layanan Gojek, ada 5 yang paling laris, yakni GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, dan GoShop.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi Gojek untuk menikmati layanan tersebut? Ikuti panduannya berikut ini:

  1. Cara Memesan Gojek GoRide

Mudah saja untuk memesan layanan ini. Begini Langkah demi langkahnya.

  • Buka aplikasi Gojek dan pilih menu GoRide.
  • Tentukan titik penjemputan, titik tujuan, dan cantumkan data-data yang diperlukan pada form aplikasi. Agar titik penjemputan dan pengantaran mendekati akurat, kamu bisa pakai bantuan Gmap yang tertera pada aplikasi.
  • Jika sudah terisi semua, Gojek akan menampilkan jumlah tarif yang harus kamu bayar. Kalau kamu setuju, tinggal klik “Order/Pesan”. Driver akan sampai ke alamatmu dalam beberapa menit.
  1. Cara Memesan Gojek GoCar

Untuk layanan GoCar caranya hampir mirip dengan cara order Gojek GoRide. Bedanya, hanya pada menu pilihannya saja.

  • Begitu kamu buka aplikasi selanjutnya silakan pilih menu GoCar.
  • Tentukan titik penjemputan, titik tujuan, dan data-data yang diperlukan.
  • Pilih jenis mobil berdasarkan kapasitas penumpang.
  • Setelahnya di layar aplikasi akan tertera jumlah tarif. Jika setuju, klik “Order/Pesan”. Pesananmu akan sampai pada driver dengan titik terdekat dengan alamatmu. Jadi kamu nggak perlu menunggu terlalu lama.
  1. Cara Memesan Gojek GoSend

Tidak ada yang sulit dalam memesan GoSend, seperti berikut ini.

  • Buka aplikasi Gojek, kemudian pilih menu GoSend.
  • Tentukan titik penjemputan barang dan titik pengantaran. Isi format data yang tersedia, seperti nama pengirim, penerima, jenis barang, dan estimasi berat barang.
  • Berikutnya, akan muncul berapa jumlah tarif pengiriman.
  • Jika kamu rasa cocok, lanjutkan dengan mengklik “Order atau Pesan”.
  • Untuk kenyamanan bersama, pastikan barangnya kamu kemas rapi terlebih dahulu agar tetap aman sampai ke tangan penerima.
  1. Cara Order Gojek GoMart/GoShop

Pun sama mudahnya dalam memesan layanan ini. Cek ya:

  • Buka aplikasi Gojek yang telah kamu install sebelumnya, lalu pilih menu GoShop yang terdapat pada halaman muka aplikasi.
  • Tentukan nama toko dan titik tepatnya, titik pengantaran, nama penerima, dan data-data yang diperlukan pada form aplikasi.
  • Aplikasi akan menampilkan beberapa produk yang umum dipesan. Silakan pilih atau tentukan sendiri apa produk yang kamu butuhkan.
  • Setelah semuanya sudah, rekap total belanjamu beserta tarif pengantaran akan muncul di aplikasi.
  • Jika kamu setuju, lanjut klik “Order atau Pesan”.

Semudah itulah cara menggunakan aplikasi Gojek. Untuk semua beban tarif dapat kamu bayar secara tunai maupun potong saldo e-wallet (Gopay). Pada momen-momen tertentu Gojek biasanya memberikan potongan harga untuk pengguna yang membayar dengan Gopay. Menarik, bukan?

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

✔️ BACA JUGA:  Seru! Main Game Gopay Juga Terisi, Disini Tempatnya
Total
12
Share