Mau Beli Mini PC? Inilah 7 Hal yang Perlu Dipertimbangkan

mini pc

Saat ini komponen komputer semakin kecil namun memiliki kemampuan yang semakin bagus. Sejalan dengan itu, komputer personal, personal computer, atau kerap disingkat PC juga tersedia dalam bentuk mini atau Mini PC.

Mini PC saat ini sudah banyak tersedia di pasaran. Ia memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dibandingkan PC desktop pada umumnya. Ada yang seukuran kotak hp Android, bahkan ada pula yang segenggaman tangan saja.

Lantas apakah Mini PC bisa menggantikan PC yang sesungguhnya? Nah, ketahuilah beberapa hal ini sebelum Anda meminang Mini PC.

Barebone atau Siap Pakai

Mini PC sudah banyak tersedia di pasaran. Dengan beragam varian mereknya, Anda bisa meminang salah satunya untuk dipakai. Namun tahukah Anda bahwa Mini PC sebetulnya hanya punya dua jenis saja?

Ya, Mini PC hanya tersedia dua jenis. Yang pertama adalah jenis barebone dan kedua merupakan mini PC yang siap pakai atau ready to go.

Jika Anda membeli mini PC yang hanya terdiri dari casing, motherboard, dan proseseor, maka Anda sudah membeli mini PC jenis barebone. Untuk jenis ini, Anda mesti membeli komponen lainnya sesuai dengan spesifikasi.

Harga mini PC jenis barebone memang murah. Karena Anda hanya membeli komponen dasar dari komputer tersebut.

Namun jika Anda membutuhkan yang siap pakai, maka jenis barebone tidak cocok. Untungnya jenis ini yang paling banyak tersedia di pasaran. Anda cukup membelinya, kemudian tinggal dipasangkan di rumah dengan layar, mouse, keyboard, dan soundsystem.

Tidak Tersedia Keyboard, Mouse, dan Monitor

Hal ini sangat opsional. Sebab tergantung Anda membelinya dimana. Mouse, keyboard, dan monitor, hanya tambahan yang bisa jadi bisa langsung dipaketkan dalam pembelian dengan anggaran tambahan.

Namun secara dasar, ketiga hal ini tidaklah masuk dalam paket pembelian mini PC. Bahkan bisa jadi Anda tidak bisa memakai keyboard, mouse, maupun monitor lama Anda karena colokan yang tersedia di mini PC sangat berbeda.

Misalnya untuk monitor saja. Biasanya colokan yang tersedia di mini PC merupakan mini-HDMI. Sementara rata-rata monitor memiliki kabel VGA. Untuk menyiasatinya Anda memerlukan adaptor VGA-to-mini HDMI.

Ada yang bisa di-upgrade ada yang tidak

Keterbatasan tempat membuat pabrikan mini PC tidak bisa leluasa memberikan ruang untuk peningkatan kapasitas. Apa yang sudah dibuat, ya sebaiknya diterima saja.

Namun keterbatasan itu biasanya hanya untuk komponen barebone saja, misalnya casing, motherboard, dan prosesor. Bahkan untuk urusan prosesor, sebetulnya bisa diakali untuk di-upgrdae asalkan Anda bisa membukanya dan memasang prosesor yang baru dengan solder.

Dua hal yang paling bisa diganti atau ditingkatkan yang perlu Anda catat baik-baik dari mini PC adalah RAM dan harddisk.

Pakai RAM Laptop, Bukan RAM Desktop

Ukurannya yang kecil membuat mini PC hanya bisa menampung RAM laptop. Jadi untuk Anda yang punya RAM desktop bekas dan ingin dipasang di mini PC rasanya mesti menelan pil pahit.

Bahkan untuk urusan slot RAM juga, mini PC rata-ratanya hanya menyediakan dua slot. Sehingga Anda mesti memperhatikan baik-baik kebutuhan komputer tersebut.

Pilihan hardisk hanya M.2 atau 2,5 inci

Lagi-lagi soal keterbatasan ruang. Mini PC pada akhirnya hanya bisa menampung hardisk 2,5 inci, SSD, atau bahkan M.2.

Maka jika Anda memiliki hardisk yang 3,5 inci, yang bisa Anda lakukan agar hardisk itu bisa diberdayakan hanya dengan menggunakan konsep docking.

Mini PC Tak Bagus Buat Gaming

Dengan berbagai keterbatasannya, maka mini PC juga tak bagus buat gaming. Ingt ya, tak bagu bukan berarti tidak bisa.

Buat Anda yang senang main game sederhana tanpa memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi, maka mini PC bisa dipakai.

Menakar Ulang Kebutuhan

Maka sebaiknya Anda mempertimbangkan kemblai kebutuhan Anda terhadap mini PC. Jika Anda mempertimbangkan kebutuhan komputer seiring dengan perkembangan bisnis Anda, sebaiknya Anda memilih desktop biasa.

Namun jika menyesuaikan dengan ruangan yang kecil, kebutuhan tasking yang tak terlalu berat, dan berhemat budget, maka membeli mini PC adalah langkah yang bijaksana.

Harga Mini PC

Dengan hanya Rp2-jutaan saja, Anda sudah bisa membeli mini PC dengan spesifikasi yang cukup baik. Anda sudah bisa melakukan pekerjaan menengah dengan mini PC seharga itu.

Namun Anda mesti mempertimbangkan baik-baik jika demi alasan menghemat, Anda membeli mini PC dibawah harga Rp1 jutaan. Sebab kebutuhan instalasi sistem operasi dan software semakin berkembang. Spesifikasi mini PC seharga itu bakal terseok-seok.

Demikian, semoga bermanfaat. Untuk membeli mini PC, anda bisa mencarinya di Shopee.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share