Saturday, December 4, 2021

Meta: Perusahaan Baru yang Menaungi Facebook cs

Kopitekno.com – Hari ini (29/10) lewat event Connect 2021, Facebook secara resmi merilis perusahaan baru yang bernama Meta. Ia menggantikan Facebook Inc. yang menaungi pengembangan aplikasi Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger, dan Oculus.

Meta merupakan pengejawantahan istilah ‘metaverse’ yang didengungkan sang pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, sepekan terakhir ini. Metaverse sendiri merupakan pengalaman sosial secara daring yang disajikan dalam bentuk tiga dimensi.

Secara lebih luas, metaverse merupakan dunia virtual yang membuat media sosial yang selama ini dikenal menjadi lebih nyata dan imersif. Ini merupakan dunia hibrida yang menggabungkan antara realita dengan dunia virtual.

Makanya fokus utama dari Meta ini adalah selain mengintegrasikan berbagai media sosial yang sudah dimiliki, teknologi yang dikembangkan berkutat pada virtual reality dan augmented reality. Dan tampaknya selain Oculus bakal semakin dikembangkan, Meta juga terus mengembangkan wearable devices, yang saat ini baru smart glasses.

Menurut Mark Zuckerberg, di masa depan metaverse membantu banyak orang mengurangi jejak karbon. Dimana penggunanya dimungkinkan untuk pergi kemanapun tanpa berdesakan maupun macet seperti menggunakan transportasi saat ini.

Untuk mewujudkan ambisi terhadap metaverse ini, Facebook merekrut puluhan ribu orang di Eropa dari berbagai latar keahlian utamanya teknologi. Dan kini mereka bakal bekerja dibawah perusahaan bernama Meta untuk mewujudkan ambisi metaverse Mark Zuckerberg.

Meta ini tidak mengubah apapun di Facebook, kecuali nama dan tujuan berdirinya. Sebab dari sisi strktur perusahaan, Meta masih tetap dihuni oleh para petinggi Facebook yang lama. Misalnya Mark Zuckerberg sebagai pendiri dan CEO, Sheryl Sandberg selaku COO, serta David Wehner sebagai CFO.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini