Tips  

Tips Menghemat Baterai iPad Biar Panjang Umur

tips menghemat baterai ipad

Baterai iPad, dan pada umumnya produk Apple, kerap dikenal boros daya. Hal ini mengakibatkan baterainya berumur pendek. Inilah tips untuk menghemat baterai iPad.

baterai iPad memang bisa diganti dengan yang baru. Namun harga dan biaya pemasangannya bakal menguras dompet Anda.

Biayanya memang berkisar di angka Rp500.000-an hingga jutaan, namun kalau bisa menghematnya, kenapa tidak? Yuk, ikuti tipsnya.

Menghindari Suhu yang Ekstrim

Menyimpan iPad di tempat yang panas sekali atau dingin sekali akan membahayakan baterai iPad Anda. Bahkan perangkat itu secara keseluruhan. Dan ini bukan hanya soal iPad saja.

Apple menyatakan bahwa perangkat mereka bakal berkinerja baik jika berada di suhu 22°C. Artinya ini merupakan suhu ruang pada umumnya yang berkisar antara 20-25°C.

Buka Casing Ketika Mengisi Daya

Anda tentunya sudah tahu jika satu kali mengisi daya, sebetulnya bakal mengurangi ketahanan baterai nol koma sekian persen. Sebab ketika mengisi daya, baterai bakal jadi panas.

Panasnya baterai ini bakal mengurangi umurnya sendiri. Sehingga ada baiknya jika Anda bisa mengurangi panas ini dengan melepas casing yang terpasang. Dengan begitu panasnya bisa keluar, dan sedikit mengurangi panas dari baterai.

Simpan iPad Ketika Baterainya Setengah

Ada satu kondisi dimana Anda bakal menyimpan iPad untuk beberapa saat. Misalnya saat Anda bekerja dan bakal meninggalkan perangkat seharian.

Nah, Apple merekomendasikan untuk melakukan penyimpanan ini dengan kondisi baterai yang hanya 50% saja. Jangan penuh, tapi jangan pula sampai kosong.

Ketika disimpan dalam kondisi penuh, maka dikhawatirkan ada tegangan yang tak terduga dan baterai menjadi panas. Namun ketika nyaris kosong, dikhawatirkan baterai malah tidak bisa menyala lagi.

Perhatikan Pembaruan Software

Apakah Anda termasuk tim-yang-malas-update? Bertobatlah. Sebab software yang tertinggal bisa jadi penyebab mengapa baterai Anda terkuras cukup lama.

BACA JUGA:  Cara Menginstal iOS 15 Beta di iPhone

Software yang baru, biasanya diberikan perbaikan-perbaikan sistem yang akan mengurangi borosnya baterai Anda.

Anda bisa melakukan pembaruan lewat Settings > General > Software Update.

Pakai Kecerahan Otomatis

Adakalanya kita tidak suka dengan pengaturan kecerahan yang dipakai oleh iPad. Sehingga lebih memilih mengaturnya sendiri dengan derajat kecerahan yang sama di berbagai kondisi.

Hal ini ternyata mengakibatkan baterai bisa cepat habis. Dalam waktu yang lebih lama, baterai bisa cepat rusak dan Anda mesti menggantinya.

Mematikan Layanan Lokasi

Terus-menerus menyalakan layanan lokasi dengan mengaktifkan GPS memang membantu Anda dalam layanan tertentu. Namun hal ini bisa berpengaruh buruk pada baterai Anda.

Pasalnya mengaktifkan lokasi bisa membuat baterai Anda boros. Sebab setiap saat, GPS yang notabene komponen hardware bakal diaktifkan terus-menerus.

Mematikan Background App Refresh

Background App Refresh juga menjadi biang keladi dalam pemborosan baterai. Padahal kadang-kadang aplikasi yang beroperasi di latar belakang juga tidak penting-penting amat.

Silakan matikan saja jika memang tidak diperlukan. Kunjungi Settings > General > Background App Refresh.

Menghidupkan Low Power Mode

Low Power Mode merupakan fitur yang cukup berguna pada iPad. Fitur ini memungkinkan iPad mematikan aplikasi yang berpotensi menguras baterai. Sehingga fitur Low Power ini mampu menghemat baterai lebih banyak.

Untuk menghidupkan Low Power Mode silakan ke Settings > Battery > Low Power Mode. Yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda mengisi daya dan baterai sampai ke 80%, Low Power Mode ini akan mati sendiri.

No ratings yet.

Please rate this

---

Ikuti selalu informasi dari KopiTekno.com di Google News.