Mengenal Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi Numerik

Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi
Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi

Microsoft Excel merupakan program aplikasi pengolah data dalam bentuk angka. Dengan menggunakan MS. Excel, memungkinkan kamu melakukan perhitungan angka-angka.  Sebanyak apapun itu dalam waktu sesingkat mungkin.

Di berbagai negara MS. Excel telah menjadi sebuah kebutuhan untuk berbagai bidang pekerjaan seperti akuntansi, statistik, penelitian, pustaka, industri, dan lain sebagainya. Saking banyaknya kegunaannya, MS Excel telah menjadi materi dasar untuk pelajaran komputer di sekolah-sekolah.

Secara garis besar, program Microsoft Excel termasuk ke dalam jenis program kalkulasi sistematis dengan tingkat akurasi 100%. Walau MS Excel adalah bagian dari Microsoft Office, tetapi cara penggunaan dan visualisasinya di layar perangkat tidak sama dengan MS. Word.

Saat kamu membuka aplikasi ini pada perangkat kerjamu (baik melalui PC, laptop, maupun smartphone), maka yang tertampil di layar adalah kolom dan baris yang berbentuk kotak-kotak kecil dalam jumlah tak terhingga. MS Excel menamakannya dengan Worksheet. Karena Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah data dalam bentuk angka, maka kolom dan baris-baris itu nantinya sebagian besar akan terisi oleh angka-angka.

Program Microsoft Excel termasuk ke dalam jenis program kalkulasi sistematis. Untuk menampilkan data, pengoperasiannya memerlukan rumus-rumus tertentu. Tampaknya memang rumit, namun bila kamu mempelajarinya dengan serius aplikasi ini akan sangat membantu pekerjaanmu.

Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi dengan Banyak Rumus

Segala sesuatu yang berkenaan matematika tak terlepas dari yang namanya penggunaan rumus-rumus. Begitu pula dengan software yang satu ini, program Microsoft Excel termasuk ke dalam jenis program perhitungan yang menggunakan sejumlah rumus. MS Excel mengistilahkan rumus-rumus tersebut dengan “Fungsi”.

Microsoft Excel merupakan program aplikasi dengan sejumlah rumus atau fungsi. Setiap fungsi punya kegunaan yang berbeda-beda namun tetap diawali dengan tanda (=). Sistem perhitungan akan berjalan sebagaimana mestinya apabila kamu memasukkan rumus atau fungsi yang tepat. Jika tidak, sistem akan menampilkan data error.

Meski Microsoft Excel merupakan program aplikasi perhitungan yang mengharuskan pengguna menguasai rumus-rumusnya, tapi sebetulnya pengaplikasiannya terbilang mudah. Hanya perlu berlatih dan menjadikannya sebuah kebiasaan setiap hari agar menjadi mahir.

Buat kamu yang ingin belajar apa aja sih rumus-rumus yang bakalan paling sering digunakan pada aplikasi MS Excel, inilah daftarnya:

SUM

Rumus SUM termasuk salah satu yang paling popular di MS Excel. Berfungsi sebagai rumus penjumlahan. Kamu akan sangat terbantu sekali bila ingin menjumlahkan sekian banyak angka tanpa harus menghitungnya satu per satu seperti menggunakan kalkulator. Dengan begitu kamu bisa menghemat waktu lebih banyak.

Cara menggunakan rumus SUM sangatlah mudah. Misal kamu ingin menjumlahkan seluruh angka pada cell A2-28, maka kamu tinggal menuliskan rumusnya seperti ini: =SUM (A2:A8). Ingat, untuk semua rumus yang berlaku di MS Excel wajib menggunakan tanda (=) terlebih dahulu.

COUNT

Microsoft Excel merupakan program aplikasi yang juga dilengkapi dengan formula “Count” atau “Counta”. Rumus ini berguna jika kamu ingin menghitung ada berapa jumlah cell atau kolom yang sudah terisi angka.

Misal, kamu membuat tabel dari cell A1 sampai M1. Namun yang baru berisi angka hanya A1 sampai F1. Maka, jika kamu menghitungnya dengan menggunakan formula count, format yang harus kamu tulis ialah: =COUNT (A1:M1).

AVERAGE

Sesuai dengan namanya, rumus AVERAGE berguna untuk menghitung rata-rata pada range cell tertentu. Contoh, kamu ingin mengetahui berapa rata-rata nilai matematika dari 40 siswa yang telah mengikuti ujian semester. Masing-masing nilai kamu tulis berbanjar dari kolom A2 sampai A41.

Supaya rumus Average bisa berfungsi sebagaimana mestinya, format penulisan yang benar adalah: =AVERAGE (A2:A41). Dengan bantuan rumus ini, kamu tidak perlu lagi melakukan perhitungan secara konvensional.

AND

Aplikasi MS Excel merupakan program perhitungan matematis yang secara tidak langsung mengasah ketajaman logika kita. Bila kamu biasa menggunakan MS Excel untuk menyajikan sebuah data, maka kamu pasti sudah kenal dengan rumus AND.

Rumus ini berguna untuk menguji kebenaran (TRUE) atau kekeliruan (FALSE) dari suatu sel. Misal, angka pada kolom A1harus lebih dari 30 tapi kurang dari 60. Format pengujian yang perlu kamu lakukan ialah: = AND(A>30;A,60)

NOT

Fungsi rumus not adalah kebalikan dari rumus AND. Kamu bisa menguji apakah data yang muncul sesuai dengan kriteria atau belum. Misal formula yang kamu tulis: =NOT (A1>40). Bila angka yang muncul di A1 itu kurang dari 40, berarti hasilnya FALSE. Sebaliknya, bila angka yang keluar di atas 40 berarti hasilnya TRUE karena sudah sesuai dengan kriteria A1>40.

IF

Rumus IF juga paling sering dipakai oleh pengguna MS Excel. Adapun fungsinya untuk mengidentifikasi sata yang muncul berdasarkan logika tertentu. Umumnya, menggunakan standar “Benar” atau “Salah.

Contoh, kamu ingin mengecek apakah nilai yang terdapat pada baris A1 lebih kecil dari B1. Untuk mendapatkan jawabannya, silakan pergunakan formula IF ini dengan format: =IF(A1,B1).

MAX dan MIN

Aplikasi Excel juga menyertakan rumus MAX dan MIN supaya pengguna bisa lebih mudah menemukan data tertinggi atau terendah dari sekian banyak data yang ada. Sebagai contoh, terdapat 50 nilai matematika dan 50 anak yang mengikuti ujian pada kolom A2-A51.

Jika kamu mau tahu berapa nilai ujian tertinggi, maka rumusnya: =MAX(A2-A51). Sebaliknya untuk mengetahui nilai terendah, kamu tinggal mengubah formatnya menjadi: =MIN(A2-A51).

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Excel Pengolah Angka

Aplikasi MS. Excel merupakan salah satu produk teknologi yang secara garis besar bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam mengolah data berupa angka. Hanya saja, tidak ada satu pun temuan yang sempurna 100%. Begitu pula yang kita temui pada MS. Word dan aplikasi-aplikasi digital lainnya.

Untuk MS Excel, sebagian besar penggunanya merasakan sejumlah kelebihan, seperti:

  • Mengoperasikannya cukup mudah. Tampilannya khas sehingga mudah bagi kita mengenalinya.
  • Data-datanya terorganisasi lebih teratur.
  • Karena MS Excel bagian dari MS Office, maka kita dapat menggabungkannya dengan MS Word dan Power Poin.
  • Pihak pengembang aplikasi telah menyempurnakan MS Excel dengan fitur khusus untuk membuat grafik data.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan data yang cukup besar.
  • Pilihan formulanya banyak namun singkat. Sehingga cukup mudah diingat atau dipelajari oleh seluruh pengguna mulai pemula sekalipun.

Dari segi kekurangan, permasalahan yang kerap jadi keluhan pengguna MS Excel, antara lain:

  • MS Excel termasuk salah satu aplikasi berbayar. Untuk menggunakan aplikasi yang original, kamu harus membayar sejumlah biaya.
  • Harus memahami rumus-rumus Excel. Bahkan, sekadar mengingat suatu rumus saja belum tentu bisa mengoptimalkan fungsi Excel sesuai yang kita harapkan.
  • Bila salah memasukkan rumus, maka akan berdampak pada data yang akan muncul dan mempengaruhi data-data berikutnya.

Terakhir, yang paling sering jadi keluhan pengguna, Microsoft excel merupakan program aplikasi pengolah data ini memang menawarkan sistem kalkukasi yang lebih mudah daripada manual, namun tetap saja menuntut ketelitian tingkat tinggi. Bagi yang basicnya tidak suka bersinggungan dengan angka-angka, memang butuh waktu lebih lama untuk terbiasa menggunakan aplikasi ini. Bagaimana pun itu, semoga MS Excel memberi manfaat besar buat meringankan pekerjaanmu.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share