fbpx
Rabu, September 29, 2021
BerandaTipsMengatasi Zoom Meeting Tidak Stabil atau Putus-Putus

Mengatasi Zoom Meeting Tidak Stabil atau Putus-Putus

Zoom sudah menjadi kebutuhan saat era work from home berlaku. Pandemi membuat disrupsi teknologi, sehingga aplikasi semacam Zoom begitu cepat populer.

Sayangnya tak semua orang mengalami kelancaran yang sama. Ada yang tersendat aktivitasnya, sebab internetnya tidak stabil saat menjalankan Zoom meeting mereka.

- Advertisement -

Eits, kamu tak perlu terburu-buru menyalahkan internet. Apalagi buat pelanggan si merah yang biasanya bakal meminta kamu untuk melakukan restart modem.

Mari kita intip beberapa upaya agar rapat online kamu bersama Zoom tidak terganggu hanya karena internet yang tidak stabil.

Cek Kecepatan Internet

Saat Zoom meeting mulai tersendat, ada baiknya kamu mengecek kecepatan internet yang dimiliki. Silakan cek di speedtest.net atau tools lainnya yang serupa.

Buat yang belum tahu, kecepatan internet yang diperlukan untuk Zoom sendiri yakni 800 kbps – 3 Mbps. Sehingga kamu membutuhkan 360 GB hingga 1,35 GB untuk kebutuhan Zoom meeting selama satu jam.

- Advertisement -

Jika kamu sudah memenuhi kriteria kuota namun kecepatannya rendah, silakan lakukan langkah lainnya.

Cari Tempat yang Internetnya Stabil

Mencari tempat yang sinyalnya stabil merupakan cara lama buat siapapun yang kehilangan sinyal internet. Ini merupakan cara yang terbukti manjur bagi siapapun pemakai layanan paket data dari provider seluler.

Buat kamu yang menggunakan layanan provider internet semacam itu, tentu bisa juga memakai cara yang sama. Yakni berpindah tempat ke lokasi yang sinyalnya stabil.

Jika tidak ditemukan tempat yang semacam itu pada lokasi yang paling dekat, maka kamu perlu mempertimbangakn penggunaan Wi-Fi berlangganan.

Berlangganan Wi-Fi

Saat pandemi dan kamu harus menjalani work from home, kebutuhan Wi-Fi meningkat karena masih banyak wilayah yang belum terjangkau internet kabel.

Untuk itulah berlangganan Wi-Fi memang jadi jalan keluar yang paling solutif. Sebab dengan memakai Wi-Fi, pemakaian data seluler kamu tak perlu terlalu boncos.

Meski terkadang sinyal Wi-Fi juga tidak terlalu mampu menjangkau lekuk-lekuk rumah kamu seluruhnya, tapi itu bisa diakali dengan Mi Fi Extender atau semacamnya.

Tapi memang paling bagus jika kamu berlangganan internet dengan jaringan fiber optik. Tapi ini buat kamu yang terjangkau jaringannya saja.

Menggunakan Internet Kabel

Jaringan 5G belum merambah seluruhnya. Sehingga penggunaan internet kabel terutama fiber optik masih sangat diperlukan.

Internet dengan koneksi kabel tidak akan mengalami hambatan seperti yang terjadi pada Wi-Fi. Sebab ia terkoneksi langsung dari modem layanan ke perangkat. Sehingga Zoom meeting kamu bisa lebih lancar dan stabil.

Sayangnya pada banyak pengguna Zoom, bahkan pengguna Zoom berbayar, permasalahan ketidakstabilan koneksi selalu meuncul. Ternyata masalahnya bukan hanya pada koneksi internet.

Mengubah Transit Data Zoom

Pada setiap koneksi Zoom, koneksi komputer kamu akan diarahkan ke berbagai server milik Zoom yang ada di berbagai negara. Ya, perubahan ini terjadi secara simultan saat meeting.

Jika kebetulan kamu mendapatkan server yang bagus, dalam arti lebih dekat dengan server internet yang kamu pergunakan, maka koneksi Zoom kamu bakal stabil. Namun sebaliknya sangat mungkin terjadi.

Nah, buat kamu yang memakai Zoom berbayar, kamu bisa mengatur soal server ini. Kamu bisa mengatur data kamu bakal ditransit ke server yang mana. Ingat ya, cara ini hanya bisa dilakukan oleh pemilik Zoom berbayar.

Begini caranya:

  1. Silakan kunjungi dan login ke website Zoom.
  2. Pada panel navigasi, pilih Profile.
  3. Pastikan menu Meetings/webinars data center sudah diaktifkan. Jika belum, silakan aktifkan terlebih dahulu. Catatan: Jika masih abu-abu dan tak bisa diubah, kemungkinan tombol ini dikunci lewat pengaturan grup. Silakan kontak admin Zoom kamu.
  4. Kemudian akan terpampang berbagai negara pilihan. Pilih negara dimana kamu menginginkan transit data Zoom mampir dulu disana. Saran saya pilih yang paling dekat dari Indonesia.
  5. Pilih Save untuk menyimpan perubahan.

Demikian artikel tentang mengatasi Zoom Meeting yang tidak stabil. Silakan temukan artikel lain tentang Zoom meeting di Kopitekno.com.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Berita Terkini