Tips  

5 Tips Mengatasi Hp Android yang Mati

Ada banyak mimpi buruk yang menimpa pemilik hp. Salah satu diantaranya adalah hp yang mati. Nah, bagaimana cara mengatasi hp Android yang mati? Ketahui sebabnya dulu, yuk!

Ada beberapa alasan mengapa hp tiba-tiba mati atau tak mau dinyalakan setelah power-off. Mengenali sebab hp atau tablet yang mati, bisa menjadi separuh solusi.

Untuk hp Xiaomi biasanya dikenal dengan istilah bootloop. Kopitekno.com sudah menuliskan cara mengatasi hp bootloop. Silakan dibaca.

Inilah dia beberapa alasan dan cara mengatasi hp yang mati:

1. Masalah Charging

Masalah pengisian baterai atau charging kerap menjadi masalah yang pertama. Namun biasanya masalah ini kerap memunculkan tanda-tanda malfungsi sebelumnya.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

  1. Mengecek koneksi elektronik
  2. Membersihkan debu dan kotoran
  3. Memperbaiki kabel dan sambungan

2. Melihat Kondisi Baterai

Jika Anda cukup percaya diri bahwa proses charging tidak ada masalah, maka yang perlu Anda lihat adalah baterai hp.

Pasalnya sejalan dengan waktu, baterai hp tentu bakal mengalami penurunan kualitas. Bahkan bisa jadi mereka tak akan mengeluarkan daya sedikitpun. Sehingga mengakibatkan hp mati total.

Namun Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah baterai tersebut betul-betul mati atau memang hanya gangguan sedikit.

Cobalah pasang charger ke jack yang tersedia, tunggu satu hingga dua menit untuk melihat apakah ada keterangan pengisian berhasil. Jika ya, maka baterai hp Anda tidak apa-apa.

Kalau ada tanda-tanda, seperti lampu LED berkedip, atau apapun, cobalah tunggu hingga 30 menit lagi. Baru kemudian coba pasang charger lagi.

Jika semuanya sudah dicoba, dan tidak ada tanda-tanda bahwa baterai tersebut tidak bisa menyala, silakan bawa ke tempat servis terdekat.

3. Butuh Power Cycle

Layar yang tidak bisa merespon pada hp layar sentuh juga terjadi pada koneksi daya hp. Jadi daya itu tidak bisa mengisi dapur pacu yang mengakibatkan hp mati.

Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan power cycle. Power cycle ini biasa dilakukan untuk hp dengan baterai yang bisa dilepas manual. Seperti hp Blackberry maupun hp jadul.

Namun untuk hp sekarang dengan posisi baterai non-removable, Anda bisa melakukan cara menekan tombol power dan menahannya selama beberapa detik. Seberapa lama Anda menekan dan menahan ini tergantung pabrikan masing-masing hp.

4. Masalah pada layar

Adakalanya baterai Anda tidak mengalami masalah apa-apa, namun masalah yang terjadi justru pada layarnya. Layar Anda tidak bisa menunjukkan indikasi pengisian daya.

Untuk mengatasinya Anda hanya membutuhkan untuk menekan tombol power dan menahannya selama 30 detik. Ini diperlukan guna mengetahui bahwa hp Anda sebetulnya sudah terisi daya. Tunggu saja selama dua menit untuk memastikannya.

Untuk memastikan lebih lanjut, cobalah untuk melakukan panggilan dari hp lain ke hp Anda yang sedang diperbaiki itu. Jika panggilan itu masuk, namun tidak ada notifikasi apapun dilayar, maka segera ganti layar tersebut atau konektornya di tempat servis terdekat.

5. Butuh reset

Mungkin saja hp Anda kelelahan. Bisa jadi juga ada upgrade software maupun hardware yang membuatnya bermasalah. Jadi Anda mesti melakukan reset guna memberikannya momentum untuk kembali segar.

Untuk melakukan reset pada hp Android Anda, silakan lakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Tekan tombol Power yang lama berikut tombol volume bagian bawah selama beberapa detik. Lakukan ini sampai muncul logo Android pada layar. (Ingat, variasi tombol ini bisa berbeda-beda pada setiap pabrikan)
  2. Pergunakan tombol volume atas maupun bawah untuk melakukan navigasi ke Recovery Mode.
  3. Tekan tombol Power.
  4. Pergunakan tombol Volume untuk memilih Wipe Data/Factory Reset dan tekan tombol Power.
  5. Terakhir, pilih Yes-Erase all Data dan pilih dengan tombol Power.

Proses reset membutuhkan waktu selama beberapa menit.

Dari seluruh gejala yang membuat hp mati diatas, ada salah satu gejala yang memang umum juga terjadi pada hp. Yakni hp tersebut terkena air, berdebu, kotor, dan lainnya.

Sehingga hp itu tidak bisa menyala sama sekali dan Anda mesti menggantinya dengan yang baru. Silakan temukan tips menemukan hp Android terbaik di situs ini. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

🔴 BACA JUGA:  Tiga Hal Yang Perlu Diketahui dari Android 10
Total
1
Share