Menjadi Kreator dan Mendapatkan Uang dari Facebook Gaming

49
mendapatkan uang dari facebook gaming

Akhir tahun 2019, Business Insider menurunkan laporan bahwa para gamer yang melakukan live streaming di Facebook menghasilkan uang lebih banyak daripada yang mereka lakukan di Twitch atau YouTube. Ya, mereka lebih banyak mendapatkan uang dari Facebook Gaming.

Pada laporan tersebut, banyaknya pengguna Facebook membuat para live streamer tadi mudah mendapatkan penonton. Hal ini mengakibatkan mereka juga mampu mendapatkan uang yang lebih banyak disini.

Facebook Gaming

mendapatkan uang dari Facebook Gaming

Facebook merilis Facebook Gaming secara resmi pada awal tahun 2018. Fitur Facebook ini merupakan pengembangan dari Facebook Live yang sudah dirilis jauh hari sebelumnya.

Facebook ikut kompetisi di dunia live streaming game ini setelah melihat ada 500 juta orang yang menonton orang lain bermain game saat itu. Jumlah tersebut tersebar pada pengguna Twitch dan YouTube.

Kemudian dengan semakin masifnya industri gaming, Facebook pun memanjakan para penikmat game tadi dengan tab khusus gaming di aplikasi Facebook. Dalam catatan Facebook, ada 700 juta orang yang berinteraksi dalam tab ini setiap harinya.

Barulah pada 15 April 2020 lalu, akhirnya Facebook membuat aplikasi Facebook Gaming sendiri. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store. Hingga saat ini sudah ada 5 juta lebih pengguna Android yang mengunduhnya.

Cara Menjadi Streamer di Facebook Gaming

Sebelum ke tahap monetisasi dan mendapatkan uang dari Facebook Gaming, Anda wajib menyelesaikan langkah pertama ini terlebih dahulu.

Buat Anda yang belum mengetahui langkah-langkah menjadi kreator di Facebook Gaming, silakan ikuti caranya sebagai berikut.

Waktu yang diperlukan: 30 menit

  1. Membuat Fanpage Kreator Video Gaming

    membuat fanpage

    Sebelum memulai streaming, Anda diharuskan memiliki fanpage. Soal bagaimana cara membuat fanpage, Anda bisa menyimak artikel berikut ini. Jika sudah punya fanpage, pastikan kategori fanpage tersebut adalah Kreator Video Gaming.

    Kalau sudah terlanjur punya fanpage tapi kategorinya bukan Kreator Video Gaming, silakan lakukan pembaruan dengan cara mengeditnya di bagian “Edit Info Halaman” yang berada di samping tombol “Bagikan”.

  2. Memasang Aplikasi Streamer yang Diwajibkan: Streamlabs, OBS, dan XSplit

    mendapatkan uang dari Facebook Gaming

    Facebook belum memiliki software streaming sendiri, sehingga mereka bekerjasama dengan pihak lain untuk memudahkan para kreator menayangkan live streaming game mereka.

    Buat para kreator yang menyiarkan live melalui komputer, Facebook mewajibkan untuk memasang aplikasi yang bisa dipilih, yaitu Streamlabs, OBS, dan XSplit.

    Untuk pengguna Android, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Facebook Gaming untuk mulai menayangkan secara live game Anda. Namun tentu tidak ada fasilitas webcam sebagaimana bisa dilakukan di komputer.

  3. Menyiapkan Streaming

    mendapatkan uang dari Facebook Gaming

    Setiap aplikasi streaming, baik Streamlabs, OBS, maupun XSplit memiliki tampilan yang berbeda-beda. Oleh karenanya untuk menyiapkan streaming hingga berhasil juga caranya sedikit berbeda satu sama lain.

    Meski begitu setidaknya ada persamaan secara umum dari cara mengatur ketiga aplikasi tersebut agar Anda bisa melakukan streaming. Yang pertama adalah login ke Facebook melalui aplikasi streaming itu, kemudian menyiapkan game apa yang bakal dimainkan, mengatur video, suara, dan perangkat pendukung lain seperti webcam, dan terakhir Anda bisa menyiarkan secara langsung game tersebut.

    Sebaiknya memang dilakukan ujicoba terlebih dahulu dengan beberapa game pemanasan sebelum Anda mempromosikan channel gaming tersebut.

Mendapatkan Uang dari Facebook Gaming

Sebelum berpikir bagaimana cara mendapatkan uang dari Facebook Gaming, sebaiknya Anda banyak-banyak melakukan streaming terlebih dahulu. Popularitas Anda bakal menentukan nominal uang yang nanti didapat. Setidaknya begitulah yang dijanjikan oleh Facebook.

Program Level Up

Facebook Gaming mengenal Program Lvel Up. Program ini ditujukan bagi para kreator yang sudah memenuhi syarat. Program ini juga hanya berlaku di beberapa negara saja, dan beruntunglah Indonesia masuk diantaranya.

Program Level Up ini memungkinkan para kreator untuk mendapatkan banyak fitur tambahan. Beberapa fitur tambahan itu diantaranya bisa menampilkan video 1080p dengan frame rate 60fps, mendapatkan ‘saweran’ berupa bintang dari para penggemar, akses terhadap fitur beta, serta bisa menghadiri acara komunitas yang dihelat Facebook Gaming.

Syarat agar Anda bisa mendaftar ke Program Level Up Facebook Gaming adalah sebagai berikut:

  1. Membuat fanpage Kreator Video Game seperti telah disebutkan diatas.
  2. Telah melakukan live streaming selama minimal 4 jam dalam tempo 14 hari sebelumnya. Anda harus menandai game yang dimainkan terlebih dahulu, dan konsisten memainkannya.
  3. Telah melakukan live streaming konten game setidaknya 2 hari selama 14 hari sebelumnya.
  4. Mempunyai paling sedikit 100 pengikut di fanpage-nya, dengan catatan fanpage itu harus sudah aktif selama minimal 14 hari.
  5. Admin halaman harus berusia 18 tahun ke atas.

Syarat tersebut sudah dihitung oleh Facebook secara otomatis. Sehingga Anda bisa melihat sendiri apakah fanpage yang Anda kelola sudah memenuhi syarat. Untuk mengetahuinya bisa melihat tautan berikut ini.

Program Monetisasi

Pada Facebook Gaming ada dua cara resmi untuk mendapatkan uang. Yang pertama adalah pemberian bintang dari para supporter, dan kedua adalah program monetisasi yang ditawarkan oleh Facebook.

Cara yang pertama lebih ringan, yakni Anda hanya mengkuti syarat Program Level Up seperti diatas. Namun pendapatannya ditentukan oleh seberapa banyak bintang yang didapatkan. Setiap kreator bakal mendapat $0,01 dari setiap bintang tersebut.

Penggemar yang memberi bintang mesti membelinya terlebih dahulu di Facebook. Harganya mulai dari $1.99 untuk 95 bintang dan tertinggi $99.99 untuk 6.400 bintang.

Namun untuk syarat monetisasi kedua yang ditawarkan Facebook, syaratnya agak sedikit berat untuk para pemula. Anda bisa melihat syarat-syaratnya di tautan berikut ini.

Dua cara tersebut merupakan cara yang resmi yang diselenggarakan oleh Facebook. Namun tentu saja para kreator bisa memanfaatkan cara lainnya dalam mendapatkan uang dari Facebook Gaming ini. Kreator bisa membuka lumbung donasi, penjualan merchandise, dan bisa juga membuka kerjasama dengan sponsor.

Apapun bisa dilakukan selama itu bisa mendapatkan uang dari Facebook Gaming. Yang perlu menjadi catatan sebelum terjun ke dunia kreator video game ini adalah pastikan Anda memiliki skill yang mumpuni dalam game yang bakal disiarkan. Ya, tentu itu syarat yang pertama.

49 KOMENTAR

  1. Wah kok aku baru tahu ada program Facebook Gaming ini. Menarik juga kelihatannya, tapi koneksi internetku belum memungkinkan untuk streaming terus begitu.

  2. Sayangnya saya bukan gamers. Andai FB bisa monetise postingan kita. Like n comment ada nilainya. Pasti lebih menarik n facebook lebih naik pamornya hehe

  3. Bisa gini juga yah ternyata. Selama ini game di FB selalu aku skip skip gitu haha. Kalau tau caranya, kayaknya asyik juga yaah bisa dapat duit dari gaming fb.

  4. Wah ketinggalan banget saya gak tahu soal facebook gaming gini. Kirain yang di facebook udah jarang anak-anak muda, ternyata masih banyak ya pangsa pasar gaming di Facebook

  5. Naik kelas terus nih Facebook ya bang. Jangankan orang dewasa bang. Saya aja pernah mendapati anak saya, maetami (masih 4 tahun) itu nonton Si Ryan, Youtuber cilik yg terkenal itu lagi main game. Sekarang gamer juga jadi kerjaan menjanjikan. Padahal dulunya anak-anak gamer itu cuma dapat omelan, sumpah serapah doang dari orang tuanya. wkwkwk.

  6. Baru tau sy..tertarik nih buat coba facebook gaming.. apalagi bisa mendatangkan pundi2 ya hihi..coba ah..mksh infonya kak..

  7. Bukan anak game sih sebenarnya. Tapi artikel ini membantu banget untuk yang mau dapet penghasilan dari Facebook. Aku jadi penasaran, pengen coba

  8. Wah menghasilkan uang beragam caranya ya sekarang dengan 1 gadget dan aktivitas yang di gemari semua menjadi mudah asal mau mendistribusikan ke jalan yang benar.

  9. Jaman dulu, main game itu dianggap buang-buang waktu, uang, dan bikin bodoh. Tapi seiring perkembangan dunia teknologi, sekarang game malah bisa dijadikan lahan mencari uang. Aku yang sehari-hari selalu menjelajah media sosial, sering lihat iklan game di FB tapi nggak paham karena memang nggak paham game juga. Ternyata ini toh yang dinamakan Facebook gaming *TersipuMalu wkwkwk …

  10. Keren ya sekarang, ngegame aja bisa menghasilkan uang. Izin share ke temen-temen gamers ya kak sapatau hati mereka terketuk untuk mendapatkan penghasilan dari facebook, daripada ngegames terus ngehabisin kuota aja

  11. Memang Facebook lebih menjanjikan dari YT
    syarat monetizenya juga lebih susah kan ya
    kalau FP harus minimal 10.000 fans dan 10.000 menit

    sekarang anakanak ngegame bisa jadi punya alasan buat cari duit karena ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here