Home News Inilah Cara Membuat SKCK Secara Online Terbaru

Inilah Cara Membuat SKCK Secara Online Terbaru

0

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang lebih dikenal dengan singkatan SKCK merupakan surat yang dikeluarkan kepolisian untuk menyatakan bahwa seseorang bebas dari catatan kriminal pada kurun waktu tertentu. Saat ini membuat SKCK bisa dilakukan secara online.

Masa berlaku SKCK hingga enam bulan sejak tanggal dikeluarkan. Apabila masanya habis, maka SKCK itu mesti diperpanjang apabila diperlukan. Biasanya keperluan SKCK ini sebagai syarat dalam melamar pekerjaan dan mendaftar CPNS.

Kalau dulu, untuk memohon penerbitan SKCK di Kepolisian Resor tertentu, seseorang harus membawa banyak sekali persyaratan, salah satunya surat-surat keterangan yang berasal dari desa, kecamatan, dan Kepolisian Sektor setempat. Dengan berjalannya waktu, beberapa syarat tersebut dipangkas.

Kepolisian RI memiliki komitmen agar pembuatan SKCK ini dipermudah. Sehingga mereka meluncurkan situs yang khusus untuk membuat SKCK secara online. Meski masih harus datang ke kantor polisi, pembuatan dengan cara online ini cukup meringkas waktu.

Sebelum mengunjungi situs untuk pembuatan SKCK, silakan persiapkan beberapa persyaratan yang diperlukan, seperti KTP (surat keterangan bilamana belum memenuhi syarat pembuatan KTP), Paspor jika diperlukan, KK, Akta lahir (bisa juga surat kenal lahir maupun ijazah), pas foto warna berlatar belakang merah berikut soft file foto tersebut. Silakan pindai atau scan dokumen tersebut.

Berikut cara membuat SKCK secara online:

  1. Silakan buka situs skck.polri.go.id

    Pada halaman muka, anda akan diperlihatkan situs dengan latar belakang gelap dengan logo Polri transparan berwarna emas. Gulir kebawah untuk membaca penjelasan tentang SKCK dan syarat-syarat yang diperlukan.membuat skck secara online

  2. Klik menu FORM. PENDAFTARAN

    Buat yang memakai komputer untuk mengakses situs ini, menu tersebut mudah sekali ditemukan. Namun buat yang memakai smartphone, silakan buka terlebih dahulu menu hamburger seperti ini Ξ untuk menampilkan menu utama situs ini. Baru kemudian menu FORM. PENDAFTARAN bisa diklik.

  3. Isi data lengkap pada kolom Satwil

    Ada 7 kolom pilihan dan 1 kolom isian pada kolom isian data Satwil ini. Yang pertama anda mesti memilih keperluan pembuatan SKCK. Pilihannya beragam dan bakal menentukan ke wilayah mana anda mesti datang untuk mencetak SKCK secara fisik. Lalu pilih juga metode pembayaran yang anda inginkan. Pembayaran ini cuma tersedia dua jenis, yakni pembayaran di loket dan transfer ke Virtual Akun di BRI. Klik LANJUT apabila anda yakin datanya sudah sesuai.

  4. Pengisian Data Pribadi

    Isikan data pribadi anda sesuai dengan identitas yang berlaku. Jangan lupa juga unggah foto yang sudah dipersiapkan, yakni pas foto berwarna dengan latar belakang merah dan berpakaian sopan. Klik LANJUT apabila anda yakin datanya sudah sesuai.

  5. Silakan Isi Hubungan Keluarga

    Pada kolom ketiga ini ada isian istri, ayah, ibu, dan saudara kandung. Saya mencoba untuk tidak mengisi kolom saudara kandung, dan ternyata bisa diklik tombol lanjut. Sayangnya pada kolom isian ayah dan ibu tadi tidak ada pilihan apakah salah satu atau keduanya meninggal, sehingga tidak perlu mengisi kolom usia dan alamat terkini.

  6. Mengisi kolom Pendidikan

    Disini anda diminta untuk mengisi kolom pendidikan terakhir. Ada pilihan tingkat yang sesuai dengan jenjang pendidikan terakhir anda, kemudian nama lembaga pendidikan, provinsi, kabupaten, dan tahun kelulusan. Klik LANJUT apabila anda yakin datanya sudah sesuai.

  7. Mengisi kolom Perkara Pidana

    Pada bagian ini ada dua jenis isian, yang pertama adalah perkara pidana dan kedua tentang pelanggaran terhadap hukum dan norma sosial. Kalau anda belum pernah melakukannya silakan klik tidak pernah dan LANJUT.

  8. Isi ciri fisik yang sesuai

    Pada bagian ini silakan isi ciri fisik yang terlihat dari anda, misalnya rambut anda hita dan lurus, kemudian wajahnya oval, dan seterusnya. Pada bagian sidik jari silakan datang ke Polres terdekat untuk mengetahui rumus sidik jari yang anda miliki. Untuk yang pernah membuat SKCK secara offline biasanya rumus sidik jari ini sudah dimiliki karena sudah dicek sebelumnya. Klik LANJUT apabila anda yakin datanya sudah sesuai.

  9. Unggah dokumen yang sudah di-scan

    Pada bagian inilah anda mesti mengunggah dokumen yang tadi sudah di-scan. Unggah semuanya sesuai kebutuhan. Anda wajib mengunggah KTP, sementara paspor tidak diperlukan. Klik LANJUT apabila anda yakin datanya sudah sesuai.

  10. Isi keterangan tambahan

    Di bagian terakhir ini ada isian tentang Informasi Lain. Anda perlu mengisinya dengan riwayat pekerjaan, kesenangan atau hobi, dan alamat dan nomor telefon yang bisa dihubungi. Lalu isi alamt email sebagai konfirmasi proses yang perlu dilakukan selanjutnya untuk mendapatkan SKCK secara fisik. Klik PROSES apabila anda yakin datanya sudah sesuai.

Pada email tadi anda akan mendapatkan resi pendaftaran yang bisa dipergunakan untuk membayar biaya SKCK sebesar Rp30.000 serta sebagai bukti pengambilan SKCK secara fisik. Apabila anda melakukan pendaftaran sebelum jam 08.00 maka SKCK bisa didapatkan pada hari itu juga, namun jika lebih dari jam tersebut bisa diambil keesokan harinya. Batas pengambilannya selama tiga hari.

Untuk SKCK pada pendaftaran CPNS tidak diwajibkan. Namun anda mesti memilikinya setelah dinyatakan lulus tes sebab akan diminta saat pemberkasan.

Demikian cara membuat SKCK online. Semoga membantu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here