Tips  

Panduan Untuk Membuat Intro Video Terbaik

create Intro videos

KopiTEKNO.com – Membuat video yang bagus itu tidak gampang. Ada banyak hal yang harus dilakukan. Dan yang harus Anda perhatikan dalam membuat video adalah bagian intro atau pembukanya.

Anda bakal memiliki pembuka yang baik jika sudah mampu membuat video yang memiliki intro yang memikat.Sebab video pembuka selalu membuat penonton terkesan dan tentu saja bagus untuk bisnis Anda.

Sekarang bagaimana caranya membuat video yang baik, terutama pada bagian pembukanya? Mari kita simak tipsnya sama-sama.

Siapkan Naskah Intro Sebelum Rekaman

Anda bisa membuat intro dengan aplikasi pembuat intro yang ada di internet. Namun tetap saja Anda memerlukan naskah yang baik untuk persiapan dasar dalam pembuatan intro ini. Dan persiapan ini kunci menuju pembukaan kesan video Anda secara keseluruhan di mata penonton.

Ya, video ini bakal membawa citra dari bisnis yang Anda kelola dan mengarahkan harapan penonton ketika menyimak video. Jadi, buatlah naskah yang akan membantu Anda merencanakan semua yang pengin Anda sampaikan dalam video itu.

Naskah ini juga bakal membantu Anda untuk memastikan hal yang menarik dan penting dalam video. Naskah yang detail kata-per-kata bakal lebih bagus, namun hanya draft kasar dan sekadar panduan saja juga bisa dipakai.

Lakukan Analisis Tujuan Video

Mana ada sih orang yang berhasil tapi tak mengetahui tujuan dari konten yang dibuatnya sendiri? Sebab tidak mengetahui isi dan tujuan video yang bakal dibuat, maka mustahil bakal memiliki kapasitas untuk membuat intro yang bagus. Dan tanpa intro yang bagus, video Anda tak akan berhasil.

Melakukan analisis pada video Anda juga bakal membantu untuk memastikan durasi dari video yang dibuat. Sebab durasi ini bakal berpengaruh banyak pada keseluruhan materi yang akan disampaikan.

BACA JUGA:  Mudah Banget! Crop Video di Android Hanya dengan Google Photos

Untuk video dengan materi yang langsung mengenalkan merek Anda, penting untuk membuat intronya singkat. Perhatikan pula perasaan penonton dan perasaan yang ingin Anda tampilkan berkenaan dengan merek.

Nah, melakukan analisis dari video yang bakal Anda buat bakal membantu Anda untuk menciptakan kompatibilitas antara merek yang Anda bangun dengan penonton yang menjadi targetnya.

Mengenalkan Diri Anda dengan Cara yang Paling Kreatif

Anda bisa mengenalkan diri sendiri pada pembukaan video. Terdengar cukup sederhana, namun dampaknya cukup besar. Sebab dengan kehadiran Anda pada intro video bakal menarik perhatian penonton karena mereka bisa mengenal Anda secara pribadi.

Yang perlu diingat adalah buatlah ini secara personal. Maksudnya Anda tak perlu mengenalkan diri sendiri secara formal. Ceritakan saja mengapa Anda ahli di bidang tersebut.

Lakukan perkenalan ini pada 15 hingga 30 detik pertama. Jika perlu tawarkan penonton untuk mencoba dan bereksperimen dengan hal-hal yang baru.

Pertimbangkan Durasi Intro

Ini sudah disinggung pada paragraf diatas. Sebab durasi memang sangat penting. Sebab dari sinilah keseluruhan video bakal ditentukan. Namun yang perlu diingat, intro alias video pembuka tidak boleh menghalangi konten utama sama sekali. Buatlah sesingkat dan seobjektif mungkin.

Perkenalan yang panjang tidak akan menghasilkan apapun selain kebosanan penonton. Sehingga perhatikan baik-baik soal durasi ini.

Menggabungkan Komponen Visual Mendongen yang Berbeda

Intro video bakal menjadi pintu masuk bagi keseluruhan nada yang dipakai pada konten. Ini berarti Anda harus menyiapkan nada yang pas untuk seluruh visual yang ada pada video. Dan untunglah prosedur ini tidak rumit.

Anda hanya perlu menggunakan elemen grafis yang statis seperti logo maupun gambar dengan nama video yang Anda pergunakan. Anda juga bisa merekam konten visual asli untuk intro, asalkan Anda melakukannya secara spesifik dan pas dengan keseluruhan video.

BACA JUGA:  Review Singkat: FlexClip, Edit Video Online dengan Mudah dan Gratis

Pertimbangkan Musiknya

Musik pada intro video sangat penting. Ada dua opsi dalam memilih musik. Yang pertama Anda bisa memilih lagu tertentu untuk pembuka, dan kedua Anda juga bisa memilih soundtrack. Ini bakal menentukan identitas bisnis Anda di mat penonton.

Jika Anda ingin membuat pembuka video lebih fleksibel dan sederhana, maka pakailah soundtrack untuk setiap video. Soundtrack ini biasanya cocok untuk berbagai kesempatan secara spesifik.

Yang terpenting dari apakah Anda bakal memilih musik untuk tema tertentu atau musik soundtrack, adalah pada pemilihan volume suara. Volumenya sedang-sedang saja, jika Anda tidak mau mengejutkan penonton dan memberi mereka kesan yang buruk.

Waktunya Membuat Intro

Kalau sudah memiliki gambaran tentang seluk-beluk membuat intro video, waktunya untuk membuat sesegera mungkin. Namun jika Anda merasa masih belum bisa membuat video pembuka yang tepat, ulangi lagi tips diatas pelan-pelan. Anda pasti bisa.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News