fbpx
Rabu, September 29, 2021
BerandaTipsMasalah Zoom Meeting dan Cara Memperbaikinya (2)

Masalah Zoom Meeting dan Cara Memperbaikinya (2)

Aplikasi Zoom memang mendapat dampak positif dari kultur work from home selama pandemi ini. Banyak orang menggunakannya, sehingga angka pengguna Zoom melejit pesat.

Sayangnya sebagai aplikasi yang tak terlalu lama, banyak penggunanya terbiasa menggunakan Zoom. Dari sisi pengembang juga tentu masih banyak feedback yang belum masuk dan diperbaiki.

- Advertisement -

Saya sendiri melihat begitu antusiasnya pengguna Zoom dalam mencari sendiri akar masalah mereka. Hal ini terlihat di artikel Masalah Zoom Meeting dan Cara Memperbaikinya (1), dimana banyak sekali pengguna yang bertanya.

Ada beberapa pertanyaan yang bisa langsung saya jawab di kolom komentar. Namun banyak diantara mereka yang tidak menemukan jawaban itu secara langsung. Oleh karena itu, saya membuat artikel ini sebagai tahap ke-2.

Langsung saja, inilah beberapa masalah Zoom meeting yang kerap ditanyakan:

Tidak Bisa Mengganti Foto Profil di Zoom

Masalah ini menjadi masalah krusial ketika dihadapkan pada ruang kelas formal, dimana peserta kelas harus mengganti foto profil mereka di Zoom.

- Advertisement -

Namun ketika berusaha diganti dengan mengaturnya, ternyata tidak bisa. Ada keterangan not allowed to change avatar atau tidak bisa mengganti avatar/foto profil.

Jika sinyal internet kamu tak masalah, seharusnya mengganti foto profile semudah mengunggah gambar saja. Sayangnya di Zoom ada Account role.

Account role ini terbagi menjadi tiga, yakni Owner, Admin, dan Member. Jika status kamu hanya member, maka pengaturan profil termasuk mengganti gambar hanya bisa dilakukan oleh dan melalui Owner serta Admin.

Cara mengeceknya bisa dilihat di Account > Account Management > Account Profil. Disini kamu bisa melihat posisi “Your role” akun Zoom ada diposisi mana.

Tidak Bisa Join Meeting

Seyogyanya untuk menjadi host pada sebuah Zoom meeting haruslah mereka yang memahami dunia IT. Hal ini agar kesalahan ringan seperti peserta yang dibiarkan di ‘ruang tunggu’ bisa segera masuk.

Kadang-kadang peserta yang masih belum diberi izin masuk, kerap tidak sabar dan menganggap meeting yang akan diikutinya terganggu.

Bahkan ada juga yang memunculkan salah passcode padahal memang karena murni kelalaian host untuk mengizinkan peserta segera masuk room meeting.

Namun mereka yang mengalami masalah Zoom sejak di komputernya akan menemukan tulisan seperti ini:

an unknown error occurred
please join this meeting from your browser
error code:10xxx3

Kode eror semacam itu biasanya disebabkan oleh firewall di komputer yang belum mengizinkan Zoom beroperasi. Bisa juga karena keberadaan antivirus yang melakukan pemblokiran Zoom.

Gagal Merekam Meeting atau Gambarnya Hitam/Tidak Ada Suara

Faktor yang mempengaruhi rekaman Zoom meeting ini banyak sekali. Yang pertama tentu saja kamu mesti memastikan role account pada posisi Owner maupun Admin.

Kemudian pastikan juga kamu sebagai host pada meeting tersebut atau jika sebagai peserta, kamu diizinkan untuk merekam jalannya meeting. Selain itu, untuk memastikan hasil rekamannya memiliki resolusi yang tinggi, silakan pergunakan akun berbayar.

Masalah rekaman meeting ini juga sangat dipengaruhi oleh kualitas perangkat. Jika komputer kamu memiliki spesifikasi gaming yang lumayan bagus, maka seharusnya hasil rekaman itu tidak ada masalah rendering. Sehingga tidak ditemukan hasilnya bergambar hitam atau tidak ada suara.

Tampilan di Video Terbalik

Masalah klasik ini kerap kita temukan pada berbagai aplikasi yang menggunakan kamera depan. Sifat kamera depan, termasuk kamera webcam memang membalik objek sesuai sifat cermin.

Namun pada beberapa webcam, ada yang memiliki aplikasi yang mampu membalik objek ini sehingga ketika diperlihatkan tulisan, hasilnya tidak terbalik dan tetap bisa terbaca.

Zoom memang membaca sesuai sistem saja. Sehingga ketika kamu menggunakan kamera bawaan, Zoom akan menggunakannya, kecuali kamu mengaturnya lain.

Jika ditemukan gambar kita tetap terbalik di video orang lain, bisa jadi pengaturan sistem perangkat di komputer kita belum selesai.

Saran saya silakan atur terlebih dahulu pengaturan kameranya, setelah itu hapus cache perangkat, cache Zoom juga, lalu lakukan restart komputer.

Itulah beberapa masalah Zoom yang mungkin kamu temukan ketika melakukan Zoom meeting. Jika ada masalah lain, jangan sungkan untuk menanyakannya di kolom komentar. Terima kasih.

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. Akun zoom saya lisenced utk 500 peserta, tapi hari ini saya buka utk webinar hanya bisa masuk 100 saja, yg lain tidak bisa masuk, itu kenapa ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Berita Terkini