8 Macam-macam Aplikasi Internet dan Fungsinya, Kamu Harus Tahu!

Saat ini, ada banyak macam-macam aplikasi internet dan fungsinya yang sudah menjadi bagian dari kebutuhan yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Internet menjangkau semua jenis kalangan, kaya dan miskin, tua dan muda, kota sampai ke desa semuanya membutuhkan internet. Internet menjadi kebutuhan yang murah bahkan gratis yang dapat dinikmati dengan leluasa.

Macam-macam aplikasi internet dan fungsinya yang dahulunya masih terbilang mahal, dengan fasilitas yang terbatas karena hanya bisa digunakan untuk beberapa hal saja, saat ini telah berkembang menjadi aplikasi serbaguna yang serba bisa.

Baca Juga: Aplikasi Sistem Informasi Personel Polri Mendukung Kinerja Kepolisian

Daftar Macam-macam Aplikasi Internet dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Macam-macam jenis aplikasi internet telah berkembang menjadi beberapa bentuk dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Penasaran apa saja macamnya? Ini dia daftarnya:

1. Web Browser

Aplikasi internet yang digunakan oleh hampir semua orang adalah web browser. Web browser digunakan untuk menelusuri, menyajikan informasi hingga mengunduh beberapa konten dari banyak sumber informasi melalui jaringan internet.

Informasi atau konten yang dapat ditemui di web browser ini seperti: gambar, video, berita, website dan berbagai konten serta informasi lainnya.

Aplikasi web browser memiliki beberapa jenis di antaranya adalah:

  • Opera Mini.
  • UC Browser.
  • Mozila Firefox.
  • Google Chrome.
  • Microsoft Edge.

Aplikasi web browser ini memiliki banyak keunggulan yang tentunya akan memudahkan pekerjaan kamu. Beberapa keunggulannya adalah dapat memverifikasi keamanan website, mengumpulkan data, memudahkan akses membuka halaman internet, mendukung kebutuhan data, dan kemudahan akses data serta informasi dari internet.

Selain beberapa keunggulan tersebut penggunaan website ini juga sangat menguntungkan karena akses yang mudah baik dalam pencarian maupun pengunduhan data sehingga pengguna dapat berselancar dengan mudah dan leluasa.

Baca Juga: DP Makin Keren dengan Aplikasi Membuat DP BBM Bergerak

2. Communication

Kemudahan semua akses karena perkembangan zaman ini merubah banyak hal dalam aspek kehidupan, termasuk dari segi komunikasi. Apabila zaman dahulu sebelum internet ada komunikasi hanya dilakukan melalui surat, SMS, dan juga telepon.

Namun, masa kini komunikasi jarak jauh lebih bervariatif bentuknya mulai dari berkirim gambar, media suara dan juga melalui panggilan video.

Beberapa aplikasi pendukung komunikasi ini terus mengalami perkembangan. Dari mulai Skype, Hangouts, Messenger, Facebook, Line, WhatsApp, dan Telegram. Selain memberikan fasilitas komunikasi aplikasi ini juga menyuguhkan hiburan dan akses untuk mengetahui informasi terbaru yang sedang terjadi.

Akses yang mudah dan murah ini membuat aplikasi-aplikasi ini banyak digemari. Para pengguna aplikasi komunikasi ini bisanya tidak hanya menggunakan satu aplikasi, namun ada yang menggunakan dua atau lebih. Jadi, Aplikasi mana yang menjadi favorit?

3. Email

Apabila zaman dahulu kegiatan surat menyurat dan pengiriman dokumen berharga dikirim secara langsung dengan bantuan layanan POS.

Berbeda halnya dengan saat ini, Electronic Mail atau lebih akrab disebut email ini menjadi aplikasi yang sangat digemari untuk membantu proses pengiriman dokumen atau surat penting kepada antar pengguna email.

Baca Juga: Daftar 11 Aplikasi Tombol Home iPhone di Android

Pengiriman melalui email dapat dikatakan cukup aman karena dokumen yang sudah dikirim bisa diunduh kapanpun oleh pengguna selama belum dihapus oleh pengirim.

Beberapa contoh layanan email yang berkembang selama ini adalah Yahoo Mail, Zoho Mail, Outlook, AOL, Pepipost, dan juga Gmail.

4. E-commerce

Perdagangan secara elektronik atau belanja online ini semakin digemari. Melalui e-commerce pembeli akan lebih mudah memilih barang sesuai keinginan dan kebutuhannya tanpa harus keluar rumah.

Dari mulai perabotan rumah, pakaian, dan makanan bisa do beli melalui e-commerce ini. Selain karena kelengkapannya tersebut, pembelian secara online ini sangat digemari karena seringkali menawarkan diskon dengan jumlah yang cukup besar. Hal tentunya sangat menarik minat pembeli.

Perkembangan e-commerce di Indonesia sendiri sangat pesat dengan persainan yang cukup ketat juga. Di antara beberapa contoh e-commerce yang berkembang di Indonesia adalah seperti Bukalapak, Tokopedia, AkuLaku, Lazada, Shopee, BliBli, JD.Id sampai dengan Tiktokshop.

Setiap e-commerce tersebut memiliki keunggulannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berbelanja di e-commerce yaitu penilaian pembeli, detail, dan deskripsi barang.

5. E-Banking

Elektronik banking atau mobile banking ini merupakan teknologi yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi uang baik menerima uang maupun mentransfer uang. Pemanfaatan aplikasi mobile banking ini sudah dapat dirasakan di hampir semua bank yang berada di Indonesia.

Memiliki keunggulan dalam kemudahan akses serta penggunaannya yang praktis karena tidak perlu menghabiskan waktu untuk pergi ke kantor bank, cukup menjadikan M-Banking sebagai aplikasi transaksi elektronik yang di gemari.

Bahkan saat ini M-Banking terus mengalami perkembangan dengan mengeluarkan fitur yang bisa digunakan nasabah untuk melakukan trasaksi tarik tunai tanpa perlu menggunakan kartu debit.

Tentu saja hal ini semakin menambah daya tarik aplikasi ini. Nah, apabila sekarang masih belum menggunakannya segera lakukan pendaftaran. Pendaftaran M-Banking dapat dilakukan secara langsung di kantor bank terdekat dan juga secara online.

6. E-Learning

Sistem pembelajaran saat ini tidak hanya dilakukan secara konvensional dengan tatap muka secara langsung saja, melainkan juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi melalui E-learning atau Electronic Learning.

Dengan memanfaatkan media internet pembelajaran tetap bisa dilakukan dengan mudah meski tidak saling bertemu secara langsung.

Penggunaan E-learning dinilai sangat efektif dalam keadaan darurat. Seperti pada masa pandemi kemarin, pembelajaran e-learning menjadi satu-satunya solusi yang paling efektif untuk menjalankan pembelajaran.

Hal ini karena semakin berkembangnya fasilitas yang ditawarkan e-learning dengan menyuguhkan akses interaksi yang tidak hanya satu arah saja, tetapi juga interaksi dua arah.

Macam-macam aplikasi internet dan fungsinya yang sudah banyak digunakan di Indonesia adalah seperti, Quipper, Rumah Belajar, Google classroom, Google meet, zoom meeting, Edmodo Skill Academy, dan berbagai aplikasi lainnya. Pemilihan aplikasi ini dapat kamu sesuaikan dengan materi yang dibutuhkan.

7. E-Government

Pada masa kini seluruh aspek kehidupan memang sangat bergantung dengan internet, termasuk pelayanan pemerintahan. Pelayanan pemerintahan saat ini tidak mengharuskan masyarakat untuk datang langsung dengan membawa berkas-berkas ke kantor pemerintahan.

Beberapa administrasi layanan pemerintahan dapat dilengkapi melalui rumah dengan mengupload data dan dokumen yang dibutuhkan.

Menggunakan e-government pelayanan pemerintah dapat dilakukan dengan efektif, efisien dan nyaman. E-government tidak hanya memudahkan masyarakat melainkan juga memudahkan pegawai pemerintahan karena pengorganisasian data dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

8. World Wide Web

Aplikasi internet yang terakhir adalah World Wide Web. Istilah World Wide Web atau lebih akrab dengan WWW ini adalah sebuah website yang berisi tentang kumpulan sumber daya internet yang memuat teks, gambar, video dan hyperlink yang dapat dikunjungi dari berbagai lokasi.

Baca Juga: Yuk Coba 10 Aplikasi untuk Root Android Terbaik

Sebagai layanan internet yang berfungsi sebagai web mail service dimana pengguna bisa mengirim, menerima dan mengecek email mereka melalui browser serta memudahkan search engine untuk menemukan kata kunci tertentu.

Itulah beberapa macam-macam aplikasi internet dan fungsinya. Tapi, perlu diingat kembali meski sangat membantu, namun kamu juga perlu berhati-hati dalam menggunakannya agar tidak berakibat negatif bagi kehidupan.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
0
Share