Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) 2019 menjadi momentum Apple dalam merilis Mac Pro 2019. Dengan desain tampilan yang sedikit baru, Mac Pro kali ini dibanderol dengan harga $5,999 atau setara dengan Rp85 juta.

Desain komputer pribadi ala Apple ini cukup unik. Meski masih menerapkan sedikit desain tahun sebelumnya, Mac Pro kali ini lebih terang dalam mengadopsi pola parutan keju pada muka dan bagian belakangnya. Sementara di sisi kanan dan kiri dibiarkan polos saja.

Dengan balutan bingkai dan casing alumunium membuat Mac Pro cukup dinamis untuk desain bodinya. Apple memberikan desain bodi yang mudah untuk dicopot-pasang dalam satu tarikan saja. Ketika casing ini dilepas, bagian dalam Mac Pro terlihat sepenuhnya, sehingga pengguna bisa melakukan upgrade jika diperlukan. Sayangnya bagi kebanyakan orang, spesifikasi Mac Pro ini sudah cukup tinggi.

Mac Pro dibekali dengan otak prosesor Intel Xeon W dengan prosesor octa-core 3,5 GHz yang bisa diperluas hingga 2,5 GHz 28-core dengan cache 66,5 MB. Slot RAM Mac Pro sudah terpasang DDR4 ECC 32 GB yang bisa diekspansi hingga 1,5 TB.

Pada sektor grafis ada tiga pilihan kartu grafis, yakni AMD Radeon Pro 580X GDDR5 8GB, AMD Radeon Pro Vega II HBM2 32 GB, dan AMD Radeon Pro Vega II Duo (GPU Vega II dan GPU HBM2 64 GB). Mac Pro juga punya 8 slot internal kartu PCI Express yang terdiri dari  2 ruang MPX, 3 slot PCI Express panjang penuh, dan 3 slot PCI Express setengah panjang. Ada juga  2 port USB 3, lalu 2 port Thunderbolt 3, dan lubang jack audio 3,5mm.

Untuk yang berminat meminang komputer personal dengan sistem operasi MacOS Catalina dari Apple ini, silakan menunggu hingga September 2019 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here