fbpx
Rabu, September 29, 2021
BerandaBeritaLEAD by IndiHome: Wujud Telkom Bidani Atlet e-Sport Masa Depan

LEAD by IndiHome: Wujud Telkom Bidani Atlet e-Sport Masa Depan

Kopitekno.com Saat ini game bukan hanya sebuah gaya hidup, namun bisa disetarakan dengan olahraga prestasi. Sebutan game kemudian diubah menjadi e-sport atau electronic sport yang kemudian dipertandingkan di berbagai kejuaraan resmi yang diselenggarakan negara.

Banyak lembaga juga sudah membuat regulasi yang memadai untuk kompetisi e-sport ini. Selain itu berbagai pihak pun kerap menggelar eksibisi maupun kompetisi yang berhadiah cukup menggiurkan. Namun beberapa celah masih terbuka lebar untuk diisi, yakni keberadaan akademi untuk melatih para gamer menjadi atlet professional.

- Advertisement -

Hal inilah yang mendasari IndiHome, layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), membuat Limitless Esport Academy (LEAD) by IndiHome. LEAD secara resmi dirilis pada Jum’at (11/09/2021) siang secara daring.

Dalam keterangan medianya, LEAD by IndiHome merupakan akademi e-sport dengan konsep athlete enablement, yaitu memberdayakan dan melatih seorang gamer (player) yang semula bermain game sebatas hobi, menjadi professional player (pro player) yang bermental atlet.

Pada kesempatan kali ini, hadir juga Wakil Kepala Bidang Pembinaan Prestasi KONI, Jajat Darajat Kusumah Negara, Ketua Bidang Pengembangan Atlet Pengurus Besar eSports Indonesia (PBESI), Ricky Setiawan, VP Marketing Management Telkom, E. Kurniawan, Direktur Consumer Service Telkom, Venusiana, dan Head Coach LEAD by IndiHome, Henov.

Dua perwakilan dari KONI dan PBESI itu menyambut dengan sangat baik kehadiran LEAD by IndiHome. Keduanya berharap dari LEAD ini tercipta atlet-atlet e-sport yang kompetitif dan mampu membawa nama Indonesia hingga kancah internasional.

Prinsip Athlete Enablement

lead by indihome
- Advertisement -

Menurut Direktur Consumer Service Telkom Indonesia, Venusiana, ada kenaikan 10 hingga 15 persen gamer dalam masyarakat Indonesia. Mereka mempunyai mimpi untuk menjadi gamer profesional. Sehingga, menurutnya, ini mendasari Telkom untuk membuat LEAD.

“Untuk itulah LEAD by IndiHome hadir untuk mewujudkan ekosistem dan kaderisasi atlet dengan prinsip athlete enablement,” terang Venusiana.

Dalam keterangannya, Venusiana menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan athlete enablement adalah mengubah gamer yang tadinya hanya sebatas hobi menjadi gamer professional atau lebih popular dengan sebutan pro-player.

Konsep atlet enablement ini juga dijelaskan lebih lanjut Head Coach LEAD by IndiHome, Henov, yang menyebut bahwa ini sebuah prinsip dimana seorang atlet e-sport dilatih mentalnya untuk berpikir, bertindak, dan mengambil keputusan selayaknya atlet olahraga konvensional lainnya. Sebagai atlet, maka seluruh gamer di LEAD akan diajak untuk berlatih tanpa batas, mencapai yang teratas.

“Lewat prinsip athlete enablement LEAD bukan hanya melatih skill set gamer, tapi juga mentalitas menjadi atlet,” ungkap Henov.

Wild Rift

wild rift

LEAD by IndiHome merupakan akademi yang masih sangat baru. Dalam keterangan medianya, program ini merupakan eksperimental dari IndiHome dalam rangka pengembangan skema e-sport di Indonesia. Sehingga IndiHome masih memfokuskan diri untuk menggarap satu game dalam proses eksperimen ini.

Dengan berbagai pertimbangan, maka terpilihlah League of Legends: Wild Rift. Game ini dipilih menjadi game pertama yang dijadikan ‘mata pelajaran’ dalam LEAD by IndiHome dikarenakan iklim kompetisinya sudah bagus dan ekosistemnya sudah berjalan dan matang secara internasional.

Buat yang belum tahu, League of Legends: Wild Rift merupakan game jenis MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang dimainkan secara tim yang terdiri dari 5 orang melawan tim lain dalam arena yang sudah ditentukan.

Sebagaimana pertimbangan IndiHome, game ini memang cukup kompetitif. Ekosistem kompetisinya berjenjang dan matang. Di level Asia Tenggara ada Wild Rift SEA Championship yang sudah digelar secara reguler. Dan di tingkat global sudah ada Wild Rift World Championship yang mempertemukan tim-tim e-sport seluruh dunia.

Gabung Akademi Wujudkan Mimpi

IndiHome mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadi atlet e-sport profesional dan menjadi bagian dari LEAD by IndiHome. Sehingga bisa secara langsung dilatih dan dibina dengan prinsip athlete enablement oleh para coach professional yang ada di LEAD by IndiHome.

Untuk tahap pertama, para peminat bisa mengunjungi laman https://indihome.co.id/leadacademy untuk melihat syarat, mekanisme, dan tahapan seleksi. Setelah melakukan pendaftaran peserta akan mengikuti rangkaian pemilihan atlet e-sport, seperti kualifikasi, turnamen, hingga kelulusan sebagai atlet e-sport.

Artikel Terkait

7 KOMENTAR

  1. Wah kayaknya saya gak ada bakat nih jadi atlet e-Sport, tapi sekarang masih rutin maen badminton mungkin jika dikembangkan bisa jadi atlet profesional hehe.

    Btw, sekarang e-Sport sedang banyak dilirik oleh semua orang terutama gamers sejati karena bisa memperoleh cuan dari cara ini.

    Inovasi indihome keren ya, mengikuti perkembangan teknologi mutakhir terkini.

  2. Sekarang bermain game pun bisa jadi profesi, bahkan ada akademinya ya. Menurut saya, inovasi yang dilakukan IndiHome ini layaknya upaya untuk beradaptasi pada perkembangan zaman. Apalagi sekarang penggunaan internet untuk game sudah sangat lumrah

  3. Keren banget donk ya ini, meski sudah mulai sejak lama jenis perlombaan game namun LEAD akan menjadi wajah baru dunia game elektronik. Para gamers pasti sudah pantengin info-infonya agar ngga ketinggalan.

  4. Bang Kang Doel nggak ikutan daftar jadi gamer?? Mumpung open registration tuh. Kalo saya pribadi sih hanya sebatas hobi main game saja, belum kepikiran untuk jadi pro player. Soalnya passionnya di ngeblog.

  5. Bisa jadi solusi lagi buat orang tua zaman now ini. Misalkan tahu anaknya suka main game, bisa diarahkan ikutan akademi dari LEAD. Biar enggak cuma main game tanpa manfaat tapi juga bisa berprestasi jadi atlit walaupun via daring. Mantap. Semoga semakin berkembang saat anak-anak saya besar nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Berita Terkini