Tips  

Langkah dan Tips Mengatur Izin Aplikasi Android

Mengatur Izin Aplikasi Android
Mengatur Izin Aplikasi Android

Dari awal digunakan sampai sekarang, Android memang layak untuk dipertahankan. Selain karena memang mampu memberi manfaat yang luar biasa, pengoperasian juga sangat mudah. Sehingga layak untuk terus ditingkatkan fitur dan keamanannya. Salah satunya adalah mengatur izin aplikasi android.

Ada banyak fitur keamanan android yang memang layak untuk dikembangkan. Seperti layar kunci, fingerprint atau pola, satu akun untuk satu perangkat, dan berbagai keamanan lainnya. Namun dalam artikel ini hanya fokus membahas tentang cara mengatur izin aplikasi android.

Pengertian Izin Aplikasi Android

Yang dimaksud izin aplikasi android atau app permission adalah sebuah fitur keamanan yang memungkinkan kamu membatasi aplikasi dari sistem android secara keseluruhan. Dengan app permission ini kamu bisa mengatur agar smartphone lebih terjaga. Karena biasanya efek samping dari terinstalnya aplikasi adalah error pada smartphone yang tiba-tiba.

Baca Juga: Cara Menampilkan Lirik Lagu di Android Tanpa Aplikasi

Lalu apa manfaatnya? Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari sistim keamanan ini. Seperti terhindarnya smartphone dari paparan virus dan meningkatkan performa ponsel. Sehingga tetap bisa digunakan tanpa kendala yang berarti.

Cara Mengatur Izin Aplikasi Android

Cara mengizinkan aplikasi sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun karena tidak serumit yang dibayangkan oleh pengguna pemula. Hanya saja, letak pengaturannya yang tersembunyi membuat sebagian user mengatakan bahwa hal ini memang cukup menyulitkan.

Jika kamu salah satu yang merasakan kesulitan ini, tidak perlu khawatir. Karena di sini akan dibahas lengkap bagaimana cara mengizinkan aplikasi untuk semua merek ponsel. Seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Lenovo, Asus, dan lain sebagainya.

Membuka Pengaturan HP

Kamu bisa langsung membuka aplikasi pengaturan pada layar depan. Atau bisa juga melalui panel status bar atau bagian notifikasi yang terletak pada bagian atas ponsel. Terserah kamu memilih yang mana. Pastikan kamu memilih yang membuatmu merasa nyaman.

Membuka Menu Aplikasi

Setelah menemukan aplikasi setting, tinggal scroll ke bawah dan cari menu aplikasi atau aplikasi terinstal. Setiap HP memiliki nama menu yang berbeda. Namun rata-rata menggunakan satu dari dua nama itu. Lalu klik menu aplikasi terinstal.

Cari Aplikasi yang Kamu Inginkan

Ada banyak aplikasi yang ada dalam daftar. Scroll lagi hingga menemukan aplikasi yang kamu inginkan. Misalnya aplikasi telegram. Tinggal klik menu aplikasi telegram.

Perlu diingat bahwa pengaturan ini tidak bisa dilakukan secara otomatis. Hanya bisa dilakukan manual satu per satu. Jadi kamu harus membuka satu per satu menu aplikasi untuk melakukan pengaturan secara manual.

Baca Juga: Mudahnya Membuat Aplikasi Input Data dengan Excel

Setting Pengaturan Izin Aplikasi

Dan ini adalah cara mengatur izin aplikasi android yang terakhir. Melakukan setting izin aplikasi pada tiap itemnya, seperti:

  • Kamera, biasa digunakan untuk mengambil foto atau video call pada aplikasi chatting.
  • Kontak, fungsinya adalah agar aplikasi bisa membaca daftar kontak yang ada di ponsel.
  • GPS, untuk aplikasi yang memerlukan GPS seperti Google.
  • Microfon, untuk aplikasi yang memerlukan rekaman suara seperti WhatsApp. Selain untuk panggilan suara, WhatsApp memerlukan microfon untuk melakukan pesan suara atau voice note.
  • Penyimpanan, diperlukan agar aplikasi bisa mengambil data di file manager. Seperti gambar, video, audio, ataupun dokumen.
  • Telepon, fungsinya untuk melakukan panggilan telepon. Ini memang jarang difungsikan. Hanya beberapa aplikasi tertarik saja.
  • SMS, fungsinya adalah untuk mengirim pesan SMS. Memang jarang dilakukan. Hanya untuk beberapa aplikasi tertentu saja.

Tidak semua aplikasi memerlukan semua itu. Kamu hanya perlu mengaktifkan beberapa izin yang memang sangat dibutuhkan agar aplikasi bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Namun jika kamu merasa aplikasi memang kredibel dan terpercaya, tidak ada salahnya izin aplikasi APK diaktifkan semuanya.

Saat proses mengatur izin aplikasi android sudah selesai dilakukan, kamu harus menutup semua file yang terbuka. Maka aplikasi bisa langsung digunakan sebagaimana fungsinya.

Cara Lainnya

Selain beberapa cara di atas, ada cara lain yang bisa kamu lakukan, yaitu mengaturnya pada aplikasinya langsung. Namun cara ini hanya bisa dilakukan untuk ponsel yang telah mendukung. Atau smartphone keluaran terbaru yang telah dilengkapi dengan fitur akses izin otomatis setelah diinstal.

Berbentuk semacam notifikasi bahwa aplikasi meminta izin untuk mengakses beberapa fitur yang ada di dalam perangkat. Kamu hanya perlu memilih mengizinkan atau menolaknya. Jadi kamu tidak perlu lagi repot-repot mengatur izin aplikasi android seperti yang dijelaskan di atas.

Tips Berhati-hati Mengatur Izin Aplikasi Android

Meski memang sangat membantu, nyatanya pemberian izin aplikasi ini juga tidak sepenuhnya aman. Karena ada beberapa pihak yang kadang memanfaatkan izin untuk melakukan berbagai tindak kejahatan.

Seperti pemberian izin aplikasi pinjaman online untuk mengakses daftar kontak yang ada di ponsel nasabah. Daftar ponsel ini akan digunakan menagih hutang jika nasabah melakukan wanprestasi atau telat bayar hutang sesuai tanggal jatuh tempo.

Agar izin aplikasi yang kamu berikan tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, berikut beberapa tips cara izinkan aplikasi yang benar.

Mengetahui Izin yang Sensitif

Ada beberapa jenis izin yang sensitif, seperti lokasi, mikrofon, kamera, riwayat telepon, SMS, dan kontak. Karena izin tersebut sangat rentan untuk disalahgunakan. Kamu hanya perlu memberi izin yang memang sangat dibutuhkan saja.

Misalkan kamu menginstal aplikasi ojek online. Tentu saja harus memberi izin untuk mengakses lokasi. Agar driver mudah menemukan titik lokasi paling tepat saat penjemputan. Namun tidak sewajarnya jika kamu juga memberikan izin kontak. Karena ini memang tidak diperlukan.

Atau misalnya kamu menginstal aplikasi chatting seperti WhatsApp. Tentu kamu harus memberi akses microfon agar bisa melakukan panggilan suara dan video. Tapi kamu tidak perlu memberi akses lokasi karena memang tidak diperlukan.

Pemberian izin sifatnya opsional. Kamu harus bisa memilah mana yang benar-benar diperlukan dan mana yang sifatnya hanya penambahan saja. Tidak memberikan izin tambahan hanya akan mengurangi kesempatan kamu untuk mengakses fitur tambahannya. Tanpa mengurangi fungsi utamanya.

Cek Developer Aplikasi

Jangan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh developer yang tidak terpercaya. Apalagi developer tersebut pernah tersangkut masalah undang-undang ITE.

Inilah pentingnya mendownload aplikasi yang ada di toko resmi. Seperti Google Playstore dan Appstore. Kedua toko aplikasi online ini sudah dipercaya dan hanya menyediakan aplikasi yang legal. Meski ada kalanya ada beberapa aplikasi tidak legal yang bisa lolos di etalase kedua toko aplikasi ini.

Lalu bagaimana cara memilih aplikasi yang baik? Sebaiknya baca testimoni pemakai terlebih dahulu. Testimoni Google Playstore dan Appstore biasanya lebih jujur dibandingkan dengan testimoni yang ada di website marketingnya. Pilih aplikasi yang memang sudah kredibel dan resmi dari developernya.

Selain itu, pastikan kamu hanya mengunduh aplikasi yang memang benar-benar diperlukan. Selain tidak memenuhi memori smartphone, menggunakan aplikasi yang benar-benar diperlukan juga akan menghindari kejahatan ITE yang banyak terjadi.

Itulah sedikit informasi terkait mengatur izin aplikasi android. Sekali lagi, bersikaplah waspada dan hati-hati untuk setiap pemberian izin yang kamu lakukan. Selalu pilih dan pilah mana yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang tidak.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
0
Share