Lagi Cari Aplikasi Speech to Text yang Bagus? Ini 11 Pilihannya!

Aplikasi Speech to Text
Aplikasi Speech to Text

Teknologi digital semakin canggih. Ada banyak tool atau software yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Salah satunya adalah aplikasi speech to text, yaitu aplikasi yang bisa mengubah suara menjadi text.

Banyak pekerjaan yang bisa diringankan dengan aplikasi ini. Seperti pekerjaan jurnalis yang harus membuat berita dari tuturan narasumber. Atau rangkuman persidangan pada sebuah kasus hukum. Bahkan bagi kamu yang malas menulis skripsi, kamu tetap bisa mengerjakannya tanpa harus sibuk mengetik.

Ada banyak sekali aplikasi pengubah suara menjadi teks tulisan di pasar digital. Namun tidak semua memiliki kualitas yang baik. Di sini akan dicoba merangkum beberapa aplikasi speech to text yang paling direkomendasikan oleh para penggunanya.

11 Pilihan Aplikasi Speech to Text

Agar tidak salah pilih, berikut beberapa rekomendasi aplikasi pengubah suara menjadi tulisan yang bisa kamu pilih.

Windows Speech Recognition

Bagi kamu yang menggunakan Windows, tidak perlu repot-repot mendownload aplikasi apapun. Karena sistem operasi Windows sudah memiliki fitur speech to text. Mulai dari Windows Vista, hingga Windows 10.

Cara menggunakan fitur ini sama mudah. Cuku tekan shortcut Windows + Ctrl + S. Di sana akan muncul tutorial bagaimana menggunakan fitur ini. Tidak hanya mengubah suara menjadi text. Tapi juga melakukan perintah membuka aplikasi, menyeleksi file, dan berbagai navigasi sederhana lainnya.

Amazon Transcribe

Amazon selalu tak pernah gagal membuat produk digital yang dinanti banyak orang. Salah satunya adalah membuat software yang bisa mengubah suara menjadi text, Amazon Transcribe. Yang bisa membantu pekerjaan para pelaku profesional digital menjadi lebih mudah.

Fitur unggulan software ini adalah bisa menyelipkan timestamp dan tanda baca pada text. Sehingga bisa membantu membuat subtitle film dengan cepat dan mudah. Mampu menyaring kata-kata tertentu yang tidak diperlukan. Software ini juga bisa melakukan diktasi percakapan antara pasien dengan dokter.

Apple Dictation

Ternyata tidak hanya Windows saja yang memiliki fitur speech to text Indonesia. Sistem operasi macOs pada Apple juga memiliki fitur yang sama, yaitu fitur voice assistant yang diberi nama Siri. Caranya mudah. Cukup aktifkan menu Applesistem preferencesAccessibility. Mic akan diaktifkan dengan bahasa terpilih.

Setelah ikon mic muncul pada desktop, kamu bisa langsung melakukan pause atau perekaman. Letakkan cursor pada area text field. Maka Siri akan melakukan pengetikan sesuai dengan perintah suara yang kamu lakukan. Ini akan membantu bagi kamu yang malas mengetik untuk mengerjakan tugas kuliah.

Dragon Speech Recognition Solutions

Merupakan produk digital yang memungkinkan kamu melakukan pengetikan hanya dengan menggunakan suara. Kelebihan software ini dibandingkan dengan yang lain adalah fitur deep learning. Yang akan mempelajari secara detail preferensi kamu.

Dragon Speech Recognition Solutions akan melakukan tugasnya dengan baik. Melakukan optimasi agar suara bisa diubah menjadi text dengan sangat akurat. Jika kamu pengguna smartphone, pastikan perangkat telah terhubung dengan internet. Karena aplikasi ini berbasis website.

Verbit

Aplikasi text to speech lain yang bisa kamu manfaatkan adalah Verbit. Aplikasi ini tidak hanya bisa merekam suara secara real time. Tapi juga mengubah audio menjadi tex dengan akurat. Bisa digunakan untuk keperluan profesional apapun. Termasuk juga untuk keperluan pengadilan.

Bagi kamu penyandang disabilitas, terdapat fitur e-learning yang langsung terintegrasi pada learning management system dengan keakuratan hingga 99%. Sehingga tidak perlu lagi melakukan pengecekan ulang. Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis. Kamu harus mengeluarkan biaya berlangganan untuk menikmati fitur canggihnya.

SpeechTexter

Tidak perlu melakukan penginstalan. Karena aplikasi speech to text Indonesia SpeechTexter ini berbasis website. Cukup buka laman SpeechTexter.com. Maka kamu sudah bisa menggunakan semua fitur yang ada di dalamnya. Melakukan pengetikan dengan text suara tanpa harus membayar.

Karena SpeechTexter ini berbasis website, maka bisa dibuka dengan perangkat apapun. Baik perangkat mobil, PC, laptop, tablet, dan lain sebagainya. Software ini juga mendukung 60 bahasa dunia, termasuk bahasa Indonesia. Jadinya bisa diandalkan untuk menyelesaikan tugas kuliahmu.

Watson Speech to Text

Watson Speech to Text merupakan aplikasi text to speech yang didesain menghasilkan konversi yang solid. Dengan dukungan kata kunci untuk berbagai industri tertentu, sehingga mampu meningkatkan akurasi pada teks yang dihasilkan.

Tak hanya itu saja. Aplikasi Watson Speech to Text juga memiliki kemampuan untuk memilih model suara berdasarkan bahasa dan frekuensi suara. Agar akurasi pengenalan dialog menjadi lebih akurat. Aplikasi ini bisa digunakan untuk kebutuhan wawancara, podcast, ataup meng-upload file suara dalam format WAV, MPG, dan MP3.

Speechmatics

Tidak semua orang bisa berbahasa Inggris secara akurat. Inilah yang dipahami developer Speechmatics. Sehingga mampu membuat sebuah aplikasi yang bisa membuat hasil teks sangat akurat meski dengan intonasi suara bahasa Inggris yang tidak sama.

Speechmatics juga memungkinkan mengubah percakapan telepon menjadi teks tulisan sangat akurat dengan dukungan file yang sangat besar. Sayangnya, aplikasi ini hanya didukung oleh 35 bahasa di dunia, termasuk speech to Indonesia.

Google Docs Voice Typing

Kalau kamu pengguna Google Document, pasti tahu fitur ini. Mengubah teks suara menjadi teks tulisan. Google Document adalah salah satu fitur Google yang berbasis cloud. Sehingga memungkinkan membuka di lebih dari satu perangkat karena tersinkronisasi.

Cara penggunaannya sangat mudah. Cukup akses menu tool, lalu klik voice Typing. Atau bisa juga menekan tombol ctrl+shift+S. Tanpa harus melakukan setting panjang dan melelahkan, kamu sudah bis mengakses fitur ini.

Braina Pro

Tidak semua fitur mix di perangkat memiliki kualitas yang baik. Sedangkan kualitas mix sangat mempengaruhi akurasi pengenalan suara. Maka diperlukan mix eksternal agar aplikasi bisa menangkap dan memberikan hasil yang akurat. Daripada membeli mix external, lebih baik menggunakan aplikasi Braina Pro.

Aplikasi ini memungkinkan mengenali suara meski dengan mix kualitas terbatas. Selain itu, aplikasi inu didukung dengan 90 bahasa di dunia. Termasuk juga Indonesia. Sehingga kamu bisa menggunakan fitur-fiturnya dengan mudah dan cepat.

Voice Notebook

Aplikasi ini bisa digunakan tanpa membutuhkan internet dengan ejaan yang minim kesalahan. Memungkinkan untuk menghasilkan akurasi yang tinggi. Pada layar pengetikan juga terdapat tanda baca seperti titik, koma, spasi, enter, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini akan mencari kecocokan kata dalam satu kalimat. Tidak hanya kecocokan kata per kata saja. Tidak perlu ragu mendownload aplikasi speech to text PC ini. Karena telah didownload lebih dari 500 ribu pengguna.

Nah, itulah 11 pilihan aplikasi speech to text yang bisa coba kamu manfaatkan. Selain beberapa aplikasi di atas, masih ada pilihan lainnya. Namun hanya 11 di atas saja yang paling banyak direkomendasikan pengguna karena terbukti kualitasnya. Atau mungkin kamu punya alternatif lain? Coba berbagi pengalaman pada kolom komentar.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
12
Share