Gawai  

Kenapa Main Game di HP Sering Keluar Sendiri dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kebanyakan pecandu game online mungkin lebih suka bermain di smartphonenya, karena membuka kesempatan untuk bermain kapan saja dan di mana saja tanpa ribet. Tapi sebagian dari mereka harus merasakan beberapa hambatan dan gangguan di tengah permainan, misalnya ngelag, gambar tidak stabil dan yang lainnya. Di antara mereka mungkin bertanya-tanya, kenapa main game di hp sering keluar sendiri?

Game yang keluar sendiri ketika permainan sedang seru pastinya sangat mengganggu. Terutama ketika kamu sedang berada di tengah permainan dan hampir mencapai target. Sebenarnya, bermain game online paling cocok menggunakan stick di hadapan layar PC yang besar. Tapi tidak semua orang punya fasilitas tersebut, bukan?

Jadi ketimbang menuntut keadaan, mari kita mulai mencari solusi dari pertanyaan “kenapa main game di hp sering keluar sendiri?” Apakah ada yang salah dengan gamenya, atau justru hp kamu yang harus diganti?

Ketika nanti kamu sudah mendapatkan jawaban tentang hp yang sering keluar sendiri ketika bermain game, kamu tentu saja juga harus mendapatkan solusinya. Untuk memulai pembahasan, mari kita mulai mencari jawaban kenapa main game di hp sering keluar sendiri untuk segera mendapatkan solusinya.

Ragam Penyebab Aplikasi Game Sering Keluar Sendiri

Ada beberapa penyebab game keluar sendiri ketika kamu sedang asyik memainkannya. Ini tidak melulu karena aplikasi yang error, atau hp kamu yang bermasalah. Justru hambatan bermain game ini mungkin bisa dipulihkan dengan beberapa langkah mudah.

Namun sebelum beranjak ke solusi, mari mengetahui dulu, apa saja penyebab aplikasi game sering keluar sendiri ketika sedang main, berikut ini.

HP Terlalu Sibuk

Game online akan sangat membuat ponsel pintarmu sibuk. Aplikasi semacam ini akan menampilkan visual yang kompleks, suara yang bervariasi serta banyak fitur yang menuntut kecepatan dan ruang penyimpanan yang luas.

Jika kamu membuka aplikasi lainnya secara bersamaan, maka hp akan bekerja sangat keras dan ini bisa menjadi salah satu penyebab game keluar sendiri di tengah permainan.

Jadi, sebaiknya mulai sekarang kamu menghentikan kebiasaan membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Ketika kamu sedang ingin fokus bermain game online, pastikan aplikasi lainnya sudah ditutup.

Setidaknya, ini akan lebih meringankan kinerja hp dan kemungkinan aplikasi keluar sendiri bisa tercegah. Tapi ini juga bergantung pada spesifikasi hp yang kamu miliki.

Spesifikasi HP yang Terbatas

Jawaban atas pertanyaan kenapa main game di hp sering keluar sendiri yang selanjutnya, mungkin disebabkan oleh spesifkasi hp yang terbatas. Beberapa jenis game online yang menampilkan grafis tinggi membutuhkan RAM dan memori internal yang besar.

Tapi ketika kamu memaksakan untuk mengunduh dan memainkan game di hp yang RAM-nya kecil, kemungkinan besar akan terjadi error. Bentuknya bisa bermacam-macam, dari mulai hp menjadi cepat panas, atau aplikasi game keluar dengan sendirinya.

RAM Sudah Penuh

Meskipun RAM hp kamu besar, kemungkinan aplikasi game keluar sendiri saat sedang bermain bisa saja terjadi. Penyebabnya RAM terlalu penuh karena kamu sudah banyak menggunakan aplikasi. Jadi, segera cek kondisi RAM dan pastikan ada banyak ruang untuk memainkan game online selama berjam-jam.

Terlalu Banyak Tumpukan Cache Aplikasi

Mungkin sebagian dari kamu masih awam dengan apa yang disebut dengan cache. Ini merupakan file yang tersimpan di hp sehingga proses loading untuk membuka aplikasi berjalan lebih cepat.

Cache biasanya tersimpan di folder tersembunyi. Ketika kamu menggunakan banyak aplikasi, cache tentu saja akan menumpuk dan lama kelamaan membuat hp berat. Inilah yang menjadi penyebab lainnya kenapa main game di hp sering keluar sendiri.

Penyebab Lainnya

Penyebab lain game yang tiba-tiba keluar sendiri mungkin karena ada data aplikasi yang hilang. Kemungkinan selanjutnya, sambungan internet mati sehingga game keluar sendiri. Jika kamu mengunduh aplikasi bajakan, ini juga bisa menjadi salah satu penyebab aplikasi error.

Spesifikasi hp juga berpengaruh, ketika kondisinya tidak kompatibel. Aplikasi akan terganggu dan keluar sendiri ketika kamu sedang memainkannya.

Kenapa Main Game di HP Sering Keluar Sendiri? Begini Solusinya!

Setelah mengetahui ragam penyebab aplikasi game berhenti sendiri di tengah permainan, kamu akan lebih piawai untuk menetapkan jalan solusinya. Misalnya, ketika penyebabnya adalah RAM yang penuh, segeralah lakukan pembersihan atau penghapusan aplikasi yang tidak terlalu penting.

Jika penyebabnya karena cache, segeralah telusuri file cache dan bersihkan segera agar hp lebih ringan. Kamu juga sebaiknya tidak terlalu banyak membuka aplikasi ketika sedang bermain game.

Periksa pula koneksi internet dan pastikan ia berjalan stabil ketika kamu sedang main game. Praktik reset dan reboot juga bisa menjadi solusi andalan agar hp kamu bisa bekerja normal seperti sediakala.

Setelah melakukan segala hal di atas, mungkin ada yang masih merasa heran, kenapa main game di hp sering keluar sendiri? Ini kemungkinan besar karena kapasitas hp tidak mendukung aplikasi game yang memiliki grafis kompleks.

Ini bisa diibaratkan anak SD yang disuruh menyelesaikan soal algoritma yang kompleks. Kemampuan hp yang terbatas tidak bisa dipaksakan karena akan membuatnya error. Jika sumber masalahnya karena ketidakcocokan hp dengan aplikasi, mau tidak mau kamu harus mengganti hp, atau menaikkan spesifikasinya.

Pada pembahasan selanjutnya, kita akan membahas tentang hp gaming yang paling direkomendasikan, lengkap dengan informasi harganya.

Kenapa Main Game di HP Sering Keluar Sendiri? Ganti Pakai HP Gaming Saja!

Para pecandu game mau tidak mau harus mengganti ponselnya dengan tipe khusus gaming. Tujuannya agar bisa merasakan pengalaman bermain yang lancar tanpa hambatan, termasuk tidak perlu lagi kaget jika aplikasi melakukan force closed.

Untuk rencana yang satu ini, mungkin sebagian dari kamu akan galau soal harga hp gaming. Kabar baiknya, kamu tetap bisa mendapatkan hp khusus game di harga yang terjangkau, di kisaran 1-2 jutaan saja.

Segeralah melakukan riset di internet dan marketplace untuk mendapatkan rekomendasi sejumlah merek hp gaming murah. Kamu nantinya akan mendapatkan banyak rekomendasi yang bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia.

Kamu bahkan akan tercengang dengan hp gaming harga bersahabat, tapi spesifikasinya juga lumayan. Misalnya, hp dilengkapi prosesor canggih, layar besar dan baterai yang awet serta dilengkapi teknologi fast charging.

Yang tak kalah penting, kamu juga mesti memperhatikan besaran RAM dan memori internalnya. Untuk game, pastikan RAM lebih dari 4GB dan memori internalnya tersedia hingga ratusan Giga Byte. Jangan bingung karena ada banyak pilihan hp gaming, dan kamu bisa memilih yang paling sesuai selera.

Meski masuk dalam kelompok hp gaming dan harganya terjangkau, kamu bisa mendapatkan fasilitas kamera depan dan belakang dengan kualitas unggulan. Dari artikel kali ini, kamu berharap kamu dapat jawaban atas pertanyaan kenapa main game di hp sering keluar sendiri, dan bagaimana menetapkan solusi terbaik. Selebihnya, jangan ragu untuk membeli hp gaming demi pengalaman yang aman dan nyaman untuk main game hingga berjam-jam lamanya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share