Gawai  

Kenapa Hp Cepat Panas Saat Main Game dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kenapa Hp Cepat Panas Saat Main Game
Kenapa Hp Cepat Panas Saat Main Game

Permainan online selalu membuat penggemarnya kecanduan. Mereka bisa berjam-jam menghabiskan waktu untuk bermain di smartphone tanpa kenal waktu. Apakah kamu salah satu dari para pecandu game online. Setelah bermain dalam waktu yang lama, mungkin kamu juga sempat bertanya-tanya, kenapa hp cepat panas saat main game? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Smartphone selalu berpeluang untuk panas dalam beberapa situasi. Selain mendeteksi penyebabnya, sebaiknya kamu tidak membiarkan hp dalam kondisi semacam ini dalam waktu yang lama.

Jangan pula memaksakan gawaimu untuk tetap dioperasikan dan mengabaikan kenapa hp cepat panas saat main game. Sebab ini mungkin akan berdampak pada kerusakan hp secara permanen.

Ada beberapa jawaban yang kompleks untuk menjawab pertanyaan kenapa hp cepat panas saat main game. Para gamer seharusnya mengetahui lebih lanjut tentang info semacam ini agar bisa menetapkan langkah yang tepat, untuk mencegah kerusakan hp. Mari simak artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan jawaban dan solusi terbaik.

Penyebab Kenapa Hp Cepat Panas Saat Main Game

Ketika smartphone dipakai untuk bermain game, mungkin sebagian pengguna akan merasakan panas setelah beberapa saat. Penyebabnya, smartphone telah bekerja terlalu berat melebihi kapasitasnya. Kemungkinan hp cepat panas karena kamu menggunakan gawai yang tidak cocok untuk bermain game tertentu, karena kapasitas RAM nya yang terbatas, atau penyebab lainnya.

Hp yang panas menunjukkan kondisi yang tidak wajar. Ketika kamu membiarkan kondisi ini, karena keasyikan bermain game, akan terjadi dampak yang serius pada mesin internal hp. Tentu saja ada beberapa rekomendasi solusi yang bisa kamu tempuh agar hp terlepas dari kondisi overheating, dan bisa kembali ke situasi normal.

Rekomendasi Solusi dari Penyebab Kenapa Hp Cepat Panas Saat Main Game?

Hp menjadi panas tidak akan terhindarkan ketika kamu mengunduh dan bermain game yang berat untuk smartphone. Pada situasi semacam ini, hardware telah bekerja terlalu keras sehingga panas segera menyebar hingga terasa dalam genggaman kamu. Beberapa game cukup membuat smartphone lelah karena harus memproses tampilan visualnya. Ini bukan hanya berdampak pada baterai yang cepat habis, tapi juga membuat hp lebih cepat panas.

Jika kamu berada di situasi semacam ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan suhu hp ke kondisi normal. Berikut ini penjelasannya untukmu:

Solusi 1. Lepaskan Casing Smartphone

Ketika smartphone panas karena terlalu lama bermain game, segera hentikan permainan, lalu lepas casing yang membungkus hp. Kebanyakan pengguna gawai melengkapi tampilan Smartphone dengan balutan casing. Ini merupakan semacam lapisan pembungkus untuk melindungi body hp, sekaligus membuat tampilan fisik hp lebih menarik.

Tapi ketika hp sedang panas, kamu sebaiknya melepas casingnya untuk beberapa saat. Tujuannya agar panas dari dalam hp tidak terperangkap di casing. Cara ini efektif mengembalikan suhu hp lebih cepat karena panas cepat dibuang dalam kondisi tanpa casing.

Solusi 2. Atur Tingkat Kecerahan dan Volume

Mengurangi beban kinerja hardware smartphone cukup efektif dalam mencegah atau mengurangi kondisi hp yang panas. Kamu bisa segera masuk ke pengaturan untuk memeriksa tingkat kecerahan dan volume hp. Jika masih dalam kondisi maksimal, segera kurangi tingkatannya, sehingga kecerahan dan volume ada di batas paling minimal.

Solusi 3. Tutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Untuk mencegah hp cepat panas saat bermain game, pastikan kamu hanya membuka aplikasi game yang ingin dimainkan saja. Selebihnya, aplikasi lain sebaiknya ditutup sehingga smartphone tidak perlu bekerja terlalu berat.

Membuka banyak aplikasi, misalnya main game sambil membalas chat, atau memutar musik, akan membuat telepon genggam kamu harus melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Ini justru akan membuatnya sibuk dan menjadi cepat panas.

Solusi 4. Bermain Game Seperlunya Saja

Solusi semacam ini mungkin akan dinilai absurd bagi mereka yang sudah kecanduan game. Tapi jika fokus kamu adalah untuk mencegah hp panas, sebaiknya kamu membatasi waktu bermain game, misalnya maksimal 2 jam, atau sehari satu ronde. Ini akan membuat smartphone lebih awet dan tidak perlu sering kepanasan karena terlalu sering dieksploitasi.

Tapi tentu saja alur game akan menyuguhkan banyak tantangan sehingga kamu sulit berhenti. Obsesi untuk menjadi pemenang sering kali membuat para pecandu game online mengabaikan berbagai kondisi, termasuk ketika smartphone-nya panas.

Jadi jika kamu ingin bermain game sepuasnya di smartphone, lebih baik tidak terlalu fokus pada pertanyaan “kenapa hp cepat panas saat main game?” atau pusing dengan solusinya.

Sebab cara tercepat adalah dengan mengganti smartphone yang diproduksi untuk bermain game. Hp semacam ini disebut juga dengan hp gaming. Pada uraian selanjutnya, kita akan sedikit membahas tentang harga hp yang bisa dipakai untuk gaming dan harganya tetap bersahabat untuk dompet kalangan menengah ke bawah.

2 Rekomendasi Hp Gaming Murah, Bikin Kantong Aman dan Ngga Gampang Overheat

Jika kamu ingin merasakan pengalaman bermain game di smartphone tanpa khawatir hp cepat panas, berikut ini beberapa rekomendasi hp gaming murah berkualitas untukmu.

Xiaomi Redmi 9

Ini merupakan hp gaming entry level yang andal, tapi harganya juga sangat bersahabat. Smartphone yang dirilis pada Juni 2020 ini memiliki chipset gaming MediaTek berupa Helio G80.

Kapasitas baterainya pun sangat memadai di 5.000 mAh dengan fasilitas pengisian daya cepat sebesar 18 W. RAM dan memori penyimpanan yang besar juga memungkinkan kamu untuk melewati pengalaman bermain game dengan sangat memuaskan.

Samsung Galaxy M12

Ponsel pintar yang satu ini mendukung pengalaman bermain game yang memuaskan karena dibekali chipset sistem fabrikasi 8 nm. Kapasitas layarnya pun cukup memadai di 90 Hz. Sementara itu, RAM untuk hp gaming yang satu ini tersedia dalam 3 pilihan, yakni 3GB, 4GB dan 6GB. Tak tanggung-tanggung, kapasitas baterai cukup besar di 5.000 mAh sehingga cocok untuk mendukung permainan yang berat sekalipun.

Sebenarnya masih banyak lagi merek ponsel pintar yang didesain khusus untuk gaming dan harganya lumayan terjangkau. Kamu bisa memeriksa sejumlah marketplace untuk membandingkan harga dan spesifikasi hp gaming tertentu agar bisa memilih yang terbaik. Yang jelas, kamu harus memperhatikan kapasitas RAM dan memori internal dan eksternal ya untuk memastikan hp bisa dipakai untuk game yang bermuatan besar.

Di sisi lain, perhatikan pula layar, prosesor, kualitas kamera dan hal mendetail lainnya. Ketika kamu bisa memilih hp yang tepat, seharusnya tidak ada lagi pertanyaan tentang “kenapa hp cepat panas saat main game?”. Sebab jawaban paling singkat untuk pertanyaan ini adalah karena kamu belum menggunakan smartphone yang tepat.

Jadi, jika kamu serius untuk mendapatkan kepuasan dalam bermain game, pilihlah hp yang tepat. Kamu jangan berpikir bahwa hp gaming selalu mahal, karena ada banyak rekomendasi hp berkapasitas besar yang siap mendukung pengalaman game seru tanpa khawatir hp panas.

Semoga pertanyaan kamu tentang kenapa hp cepat panas saat main game bisa terjawab. Kami juga berharap kamu mendapatkan solusi nyata untuk rekomendasi harga hp gaming dengan harga bersahabat.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News