fbpx
Rabu, September 29, 2021
BerandaKomputerKelebihan dan Kekurangan Chromebook yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Chromebook yang Perlu Diketahui

Chromebook tiba-tiba jadi pembicaraan. Apalagi kalau bukan karena rencana laptop 10 jutaan yang digelontorkan oleh pemerintah sepekan terakhir ini.

Kabarnya digitalisasi sekolah itu akan menggunakan platform Chrome OS, dimana tentu saja perangkat yang digunakan adalah Chromebook.

- Advertisement -

Ada yang menyambut baik soal ini. Meski tentu tak sedikit pula yang menolaknya. Pro-kontra selalu ada. Bahkan ketika menyoroti penggunaan Chromebook secara umum.

Apa itu Chromebook?

Chromebook adalah laptop yang hanya berfungsi ketika terkoneksi ke internet. Sebab ia memakai sistem operasi Chrome OS dari Google.

Kalau kamu menjadi pengguna peramban Chrome, nisacaya tak akan asing dengan Chromebook. Sebab Chrome OS merupakan Chrome yang dijadikan sistem operasi.

Banyak yang beranggapan Chromebook merupakan laptop yang banyak kekurangannya. Padahal tentu ada saja kelebihan yang bisa diandalkan dari Chromebook ini.

- Advertisement -

Nah, pada artikel kali ini, marilah kita simak kekurangan dan kelebihan Chromebook yang perlu diketahui.

Kelebihan Chromebook

Chromebook memiliki berbagai kelebihan yang perlu diketahui. Sehingga kamu tak boleh menganggap remeh perangkat yang satu ini.

1. Bodi Ringan

Laptop Chromebook hanya menjalankan komputasi standar. Fokusnya hanya pada koneksi internet dan menampilkannya di layar saja. Sehingga komponen yang diperlukan standar saja.

Itulah mengapa rata-rata laptop Chromebook memiliki bobot yang cukup ringan. Karena laptop ini hanya membutuhkan komponen primer dari sebuah laptop saja.

Makanya buat kamu yang kerap bepergian dan selalu bisa terkoneksi ke internet, Chromebook adalah teman setia.

2. Tahan Banting

Banyak laptop Chromebook tidak memerlukan hardisk maupun kartu grafis tambahan. Sehingga untuk urusan menahan getaran, benturan, maupun urusan fisik lainnya, laptop ini seharusnya mampu bertahan.

3. Baterai Awet

Dipakai buat apapun laptop Chromebook, ya tetap saja yang difungsikan adalah Chrome itu sendiri. Beda halnya dengan laptop konvensional.

Sebuah laptop konvensional akan memberikan daya pada setiap aplikasi yang dikelola oleh sistem operasi. Sementara ini tidak terjadi di Chromebook.

Makanya sebuah laptop Chromebook bisa bertahan hingga 8 jam. Bahkan bisa lebih jika melihat perkembangan teknologi laptop terkini.

4. Booting yang Gesit

Laptop Chromebook dikenal gesit dalam melakukan booting. Sebab mereka tak perlu ‘membangunkan’ berbagai aplikasi lainnya.

Ketika kamu menekan tombol ON, maka Chromebook hanya perlu membangunkan Chrome itu sendiri. Makanya gesit.

5. Lebih Tahan Virus

Sebetulnya bukan karena tahan virus, tapi virus untuk Chrome OS yang belum banyak. Chrome OS juga tidak menjalankan banyak aplikasi, sehingga tidak memicu kemunculan virus dalam sistem operasinya.

Meski tak ada virus, ya tetap saja dengan keteledoran penggunanya, sebuah peretasan yang disebabkan phising bisa terjadi.

6. Cloud Storage

Penyimpanan awan atau cloud storage bisa dikatakan merupakan keunggulan Chromebook. Biasanya kamu bakal mendapatkan 100GB selama dua tahun dari Google untuk bonus pembelian Chromebook.

Cloud storage ini vital, sebab pada Chromebook tidak ada penyimpanan data di memori internal. Namun untuk memindahkan data, disediakan juga slot memori eksternal mulai dari 16GB.

7. Murah

Kebutuhan komponen yang standar pada Chromebook membuat harga laptop ini cukup terjangkau. Apalagi sistem operasinya sendiri diberikan gratis, sehingga tidak diperlukan biaya tambahan.

Kekurangan Chromebook

Apakah dengan berbagai kelebihan Chromebook diatas cukup membuatmu menjatuhkan pilihan? Tunggu dulu. Silakan simak dulu kekurangan dari Chromebook berikut ini.

1. Selalu Butuh Internet

Sistem operasi yang selayaknya peramban internet ini tentu bakal selalu membutuhkan internet. Mengetik biasa, butuh internet. Mengolah data, butuh internet. Dan seterusnya.

Jadi pastikan koneksi internet kamu bakal terjamin lancar selama kamu menggunakan laptop Chromebook. Memang sih ada beberapa aplikasi yang bisa dijalankan secara offline, tapi hasilnya tetap kurang maksimal.

2. Penyimpanan Terbatas

Kamu bakal mengalami ketergantungan dengan cloud storage. Sebab penyimpanan pada Chromebook sangat terbatas.

Maka siapkan saja berbagai penyimpanan eksternal untuk menopang laptop Chromebook ini. Atau kamu bisa memilih penyimpanan NAS.

3. Layar yang Standar

Chromebook tidak diciptakan untuk bermain game maupun wahana multimedia lainnya. Ia hanya dipakai untuk tugas komputasi standar sehari-hari saja.

Makanya banyak laptop Chromebook yang dibuat dengan layar standar saja. Ini juga untuk menekan harga laptop.

4. Pilihan Aplikasi Terbatas

Game, video editor, maupun editor gambar, hanya bisa dijalankan ketika mereka memiliki versi online. Kalau tidak punya, ya berarti tidak bisa.

Makanya laptop ini sangat tidak disarankan untuk para seniman grafis.

5. Pengaturan yang Tak Biasa

Buat kamu yang tinggal colok dan menyala ketika memasang printer, scanner, maupun perangkat lain, saatnya mengucapkan selamat tinggal pada kemudahan itu.

Sebab di Chromebook kamu bakal menemukan kebiasaan baru dengan menggunakan Google Cloud Print hanya untuk mencetak dokumen. Untuk perangkat lain pun kamu juga mesti menyesuaikan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Chromebook. Keputusan selalu ada di kamu. Silakan pilih sesuai kebutuhan saja.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Berita Terkini