Home » Ponsel » Kekurangan dan Kelebihan Apple MacBook Pro M2 Max (14 dan 16 inci) Terbaru & Terlengkap

Kekurangan dan Kelebihan Apple MacBook Pro M2 Max (14 dan 16 inci) Terbaru & Terlengkap

Avatar
Kekurangan dan Kelebihan Apple MacBook Pro M2 Max (14 dan 16 inci)

Laptop Apple mengalami perubahan setelah dua Laptop muncul pada Januari 2023. Dua Laptop itu Apple MacBook Pro 14 dan MacBook Pro16. Kedua Laptop merupakan kelanjutan dari MacBook Pro 14 dan MacBook Pro 16 edisi 2021.

MacBook Pro 14 dan 16 pada dasarnya adalah Laptop kembar. Hanya dimensi bodi, ukuran layar, dan baterai yang membedakan keduanya.

Lalu apa lagi yang menjadi keunggulan dari dua MackBook Pro generasi 2023 ini? Simak arikel ini mengenai kekurangan dan kelebihan Apple MacBook Pro M2 Max (14 dan 16 inci) berikut ini.

Spesifikasi Apple MacBook Pro M2 Max 14 inci

  • Layar: Liquid retina XDR 14,2 inci, 3024 x 1964 piksel, 254 ppi, 120 Hz, 1600 nit.
  • Prosesor: Apple M2 Max, 8 Core performa + 4 core efisiensi; neural engine 16 core.
  • Graphic Card: GPU hingga 32 core.
  • RAM: 32 GB, 64 GB, atau 96 GB unfied memory.
  • Konektivitas: WiFi 6E, Bluetooth 5.3.
  • Port: 1x SDXC, 1x HDMI, 1 x audiojack 3,5 mm, 1x MagSafe 3, 3x Thunderbolt 4 (transfer data, display out, pengisian daya).
  • Baterai: 70 Wh.

Spesifikasi Apple MacBook Pro M2 Max 16 inci

  • Layar: Liquid retina XDR 16,2 inci, 3456 x 2234 piksel, 254 ppi, 120 Hz, 1600 nit.
  • Prosesor: Apple M2 Max, 8 Core performa + 4 core efisiensi; neural engine 16 core.
  • Graphic Card: GPU hingga 32 core.
  • RAM: 32 GB, 64 GB, atau 96 GB unfied memory.
  • Storage: 1 TB, 2 TB, 4 TB, atau 8 TB SSD.
  • Konektivitas: WiFi 6E, Bluetooth 5.3.
  • Port: 1x SDXC, 1x HDMI, 1 x audiojack 3,5 mm, 1x MagSafe 3, 3x Thunderbolt 4 (transfer data, display out, pengisian daya).
  • Baterai: 100 Wh.

Kelebihan Apple MacBook Pro M2 Max

Kekurangan dan Kelebihan Apple MacBook Pro M2 Max (14 dan 16 inci)

Laptop Apple memang punya harga yang tergolong tinggi. Namun, harga tak bisa bohong. Sederet kelebihan yang dimiliki dua MacBook Pro M2 Max berikut ini merupakan alasan di balik harganya yang tinggi.

1. Desain Minimalis dengan Build Quality Keren

Apple jarang gembar-gembor soal keunggulan desain produknya. Meski begitu banyak orang mengakui bahwa salah satu keunggulan dari produk Apple adalah desain.

Secara penampilan, kedua Laptop ini memang tidak terlihat berbeda ketimbang model 2021. Mereka lihat minimalis khas Laptop unbody, mampu memancarkan kesan elegan. Touch Bar, yang tak terlalu disukai sejumlah reviewer, pun lenyap.

Layar berponi dengan bezel tipis, layout keyboard yang warnanya kontras dengan bodi, touchpad dengan area luas, dan tombol power yang menyatu dengan sensor sidik jari, adalah beberapa hal lain yang bisa Kamu jumpai dari dua Laptop ini.

Satu ciri khas produk Apple yang kembali yang hadir pada dua MacBook Pro M2 ini adalah bild quality yang keren. Bensin dari XDA- Developers mengatakan, setiap bagian dari Laptop ini terasa solid. Bukti bahwa kontruksi bodi kedua Laptop ini memang bagus.

Tidak ada yang namanya meleyot saat ditekan, atau kopon saat diketuk. Hal menarik lagi dari MacBook pro Max 14 dan 116 adalah layarnya bisa di buka dengan satu jari saja. Kamu tidak perlu memegangi bodi bagian bawahnya saat hendak membuka layar.

Sayangnya, MacBook Pro 14 dan 16 M2 Max tersedia dalam dua varian warna saja. Konsumen bisa memilih antara Perak dan Abu-Abu.

Baca Juga: Kekurangan dan Kelebihan iPhone SE 2022 Terbaru & Terlengkap.

2. Keyboard dan Touchpad yang Nyaman

Sebagaimana yang sudah disinggung di poin sebelumnya kedua MacBook Pro ini tak lagi memakai Touch Bar. Hal ini membuat ukuran tombol “Function” setara dengan tombol- tombol lain dalam layout keyboard.

Bagi Kamu yang ingin membeli MacBook Pro 14 dan 16 tak perlu khawatir dengan daya tahan keyboardnya. Sebab Apple telah mengganti switch tombol ke model konvensial, bukan switch mod butterfly kabarnya cukup bermasalah.

Untuk diketahui, keyboarnya dengan switch “kupu- kupu” muncul di Laptop Apple rilisan 2015 hingga 2019. Keyboardnya di MackBook Pro 14 dan 16 nyaman digunakan buat mengetik.

Key travel-nya tidak terlalu dalam, sehingga Kamu bisa merasakan pengalaman mengetik yang efforless. Demikian menurut Brian Westover daari PC MAg. Westover juga bertutur, keyboardnya membran ini juga punya feedback yang baik. Setiap pencetan terasa mantap.

Apple juga merancang agar keybornya dua Laptop ini minim menghasilkan typo dan insiden salah pencet. Salah satunya yakni mengurangi kemampuan tombol untuk merespons setengah pencetan. Maksudnya adalah, saat tombol itu tidak ditekan penuh, respons tidak akan muncul.

Tak hanya keyboardnya yang nyaman, touchpadnya pun begitu. Touchpad, atau Trackpad dalam istilah Apple, dia kedua Laptop memiliki ukuran yang luas. Trackpad ini sudah mendukung Teknologi Force Touch untuk membedakan sentuhan berdasarkan level tekanan, dan menciptakan haptic feedback (getaran).

Melalui trackpad pengguna bisa memasukkan perintah dengan klik, usapan, atau gestur tertentu. Bagi Westover MackBook pro merupakan salah satu touchpad terbaik di dunia karena respons dan ketepatanya.

3. Layar Tajam dan Cerah

MacBook Pro 14 dan 16 menggunakan layar Liquid rentina XDR. Layar ini pada dasarnya merupakan IPS dengan backlit mini LED, Apple menjajalkan berbagai teknologi yang membuat layar kedua Laptop cocok kegiatan content creation, multimedia, hingga gaming.

Mulai dari refresh rate adaptif 120 Hz (proMotion), rasio kontras 1 juta 1 juta 1 dan cakupan warna sesuai standar DCI-P3. Apple mengkalim, layar kedua Laptop bisa mencapai 1600 nit kalau digunakan untuk menonton konten HDR.

Kalau digunakan di dalam ruangan, kecerahan khasnya 500 nit. Sementara itu, jika dipakai di luar ruangan layar bisa meraih level kecerahan 1000 nit. Fitur Tru Tone untuk mengubah temperatur warna secara otomatis ada di layar Laptop ini.

Secara diagonal, layar MacBook Pro 14 dan 16 berbeda. begitu juga dengan resolusinya. MacBook Pro 14 dan 26 punya layar 14,2 inci dengan resolusi 3024 x 1964 piksel, sedangkan MacBook Pro 16 memiliki layar 16,2 inci dengan resolusi 3456 x 2234 piksel.

Walau demikian, ketajaman dipastikan serupa karena kerapatan pikselnya sama- sama ada di angka 254 ppi. Soal kualitas tampilan, tak ada satu pun penguji yang komplain. mereka menyanjung kualitas tampilan dua Laptop MacBook Pro ini.

Dalam pengujian ini yang dilakukan Andrew E. Freedman dan tim Tom’s Hardware, layar MacBook Pro 16 Max mampu menembus 118% sRGB dan 83,7% DCI-P3. Cakupan warnanya sedikit tertinggal dari sejumlah Laptop yang sudah memakai panel OLED.

Misalnya saja Dell XPS 15 yang meraih 23% sRGB dan 86,9% DCI-P3. Namun, sebuah Laptop dengan layar 100% sRGB sudah cukup untuk keperluan mengedit video dan desain grafis. jadi, layar MacBook Pro 14 dan 16 M2 Max telah memenuhi syarat tersebut.

4. Webcam dan Keluaran Suara Mantap

Laptop dengan webcam, speaker, dan mikrofon mumpuni adalah yang dibutuhkan untuk menunjang pertemuan online. Untuk urasan ini webcam MacBook Pro 14 dan 16 M2 Max telah menggunakan webcam 1080p. Kualitas video kamera kedua Laptop sudah mencapai 1080p. Kualitasnya tentu lebih baik ketimbang MackBook Pro 13 M2 20022 yang webcamnya hanya 720p.

Tangkapan kamera diklaim lebih minim karena sudah mengalami pemrosesan oleh neural engine. Namun, jika Kamu belum puas, Apple menyediakan fitur yang namanya Continuity Camera.

Apple pun memasang tiga mikrofon yang katanya kelas studio, dan enam speaker dengan teknologi Dolby Atmos. Keluaran suara speaker Laptop ini lantang. Cocok saat dipakai untuk menonton vodeo dan musik, begitu kata Brian Heater dan Tech Crunch. namun kalau untuk keperluan mengedit video, sudah tentu harus pakai Headphone.

5. Performa yang Mengesankan

Apple tidak pernah blak- blakan soal jeroan produknya. Mereka hanya menyebut bahwa chipset M2 Max yang dipakai kedua Laptop MacBook Pro punya 12 core CPU, yang rincianya 8 core performa dan 4 core efisiensi. Chipset itu juga mengandung 16 core neural egine serta GPU hingga 38 core.

Kalau diintip dari aplikasi benchmar sintetis, misalnya Cinebench R23, clockspeed CPU chipset ini ada angka 3,7 GHz. Hanya saja, clockspeed GPU-nya tak diketahui. Adapun chipset ini tetap dibikin melalui fabrikasi 5 nm oleh TSMC, sama seperti M1 Max.

Chipset M2 Max disokong oleh RAM, atau yang disebut Apple dengan unfied memory (memori terpadu) mulai dari 32 GB, 64 GB, hingga 96 GB. Konon, memori yang digunakan adalah LPDDR5. Sementara itu, untuk ada juga penyimpanan SSD 1 TB, 2 TB, 4 TB atau 8 TB.

Apple menjanjikan peningkatan performa pada M2 Max dibanding M1 Max. Besar peningkatan 20% pada kemampuan CPU dan 30% pada kemampuan GPU.

Peningkatan yang dibawa chipset M2 Max tak akan terlihat dalam penggunaa ringan sehari- hari. MacBook Pro dengan M2 akan sama cepatnya dengan MacBook Pro terlebih dahulu, ketka dipakai untuk browsing, streaming, mengetik, dan aktivitas ringan lainya.

Peningkatan akan terasa kalau dua Laptop ini diuji dengan aplikasi benchmark sintetis dan dipakai untuk mengedit video. Berbagai pengujian benchmark sintetis berikut memberi bukti bahwa shipset M2 Max punya performa yang tregginas.

Bagaimana kemampuan gamingnya? dalam tes yang dilakukan Brian Westover, MacBook {ro 16 dan 14 bisa menjalankan Rise of The Tomb Raider pada setelan High 1920 x 1200. Game itu lancar dijalankan dengan frame rate 150 fps.

MacBook Pro 14 M2 Max juga sama garangnya dengan varian 16. Laptop ini bisa menjalankan Resident Evill Village pada resolusi tertinggi dengan raihan 60 fps, menurut pengujian Davidra Hadawar dari Endgadget. Game lain, Shadows of the Tomb Raider, mampu dijalankannya dengan rate frame 81 fps.

6. Daya tahan Baterai Bagus

Efisiensi menjadi salah satu alasan mengapa Apple beralih ke chipset bikinan sendiri yang berbasiskan ARM. Chipset dengan basis ARM terbukti irit konsumsi daya. Itulah mengapa semua HP masa kini menggunakan chipset ARM.

Chipst M2 Max yang efisien dipadu dengan baterai berkapasitas besar, berpotensi menghasilkan daya tahan yang bagus. Walau begitu, sistem operasi juga memiliki andil terhadap seberapa lama sebuah Laptop bisa menyala.

Laptop dengan kapasits baterai 100 Wh itu mengalahkan seluruh MacBook terdahulu, termasuk MacBook Pro 16 M1 Max (20 jam 13 menit). Lantas bagiaman daya tahan baterai MacBook Pro 14 M2 Max yang baterainya lebih kecil, yakni 70Wh?

Initinya, kedua Laptop sama- sama punya daya tahan baterai yang bagus. Ben Sin dari XDA Developers memperkirakan, baterai penuh MacBok Pro 16 Max hanya akan berkurang setengahnya kalau dipakai untuk menangani pekerjaan ringan 8-10 jam. Pekerjaan ringan seperti browsing, mengetik, dan menonton video di Youtube.

Adapun MacBook Pro 14 mendukung fast charging 96W. Sementara itu, MacBook Pro 16 mendukung fast charging hingga 140W. kedua Laptop bisa terisi penuh dalam waktu kurang dari 2 jam, lebih tepatnya sekitar 70 menit untuk MacBook Pro 16 menurut pengujian Ben Sin.

7. Pot dan Konektivitas Cukup Lengkap

MacBook Pro 14 dan 16 adalah dua Lapto Apple dengan port terlengkap. Dua Laptop tersebut menyediakan berbagai port yang banyak dibutuhkan oleh orang. Prot atau colokan yang ada meliputi satu HDMI, satu MagSafe 3, satu audiojack 3,5 mm.

tak cuman colokanya yang lumayan lengkap, konektivitas dua MacBook Pro ini juga oke. Pasalnya, kedua Laptop sudah mendukung WiFi 6e yang modern, serta Bluetooth 5.3 yang rendah latensi dan hemat daya.

Kekurangan Apple MackBook Pro M2 Max

Kekurangan dan Kelebihan Apple MacBook Pro M2 Max (14 dan 16 inci)

Dua MacBook Pro dengan chipset M2 Max tak cuman powerfull. Namun, keduanya mampu menyuguhkan pengalaman yang tak bisa ditawarkan oleh Laptop premium lainya.

1. Bodi Cukup Berat untuk Model 16 Inci

MacBook Pro 14 dan 16 M2 Max memiliki ketebalan yang relatif minim. Kedua Laptop tampak tipis karena ketebalanya kurang dari 2 jam. Tepatnya adalah 1,55 cm untuk MacBook Pro 14 dan 1,68 cm buat MacBook Pro 16.

Hanya saja, bobot kedua Laptop terpaut cukup banyak. MacBook Pro 14 masih enak ditenteng ke mana- mana lantaran bobotnya ada di angka 1,63 kg. namun, tidak dengan MacBook Pro 16 yang bobotnya mencapai 2,16 kg.

Bagi yang terbiasa dengan Laptop dengan bobot di kisaran 1 kg, persoalan ini bisa cukup serius. Kendati demikian, bila dibandingkan dengan Laptop creator lain yang layarnya 16 inci. Bobot MackBook Pro 16 masih terbilang wajar. Beberapa Laptop pesaing juga memiliki bobot di kisaran 2 kg.

2. Temperatur Lebih Panas

Sejumlah penguji mengaku bahwa MacBook Pro 14 M2 Max lebih panas dibanding para pendahuluanya. temperatur dapat mencapai 05 derajat Celcius, saat menjalankan Cinebench R23. Kipas Laptop pun berputar kencang hingga mengeluarkan suara.

Untungnya, permukaan Laptop masih terasa dingin. Fenomena ini sangat maklum terjadi mengingat CPU sedang digeber dengan beban kerja sangat berat. Dalam skenario pengguna sehari- hari, Laptop tak akan pernah sepanas itu.

Adapun MacBook Pro 16 jauh lebih senyap ketika menjalankan Cinebench R23. Suhu internalnya tak pernah tembus 100 derajat celcius. Secara teori, MacBook Pro 16 memang punya sistem termal yang lebih baik, memanfaatkan sensasinya yang lebih luas.

Itudia kekurangan dan kelebihan Apple MacBook Pro M2 Max (14 dan 16 inci).
Sangat bagus bukan?
Semoga membantu dan bermanfaat.