Ponsel  

Berapa Kapasitas Ideal Memori Internal Hp?

memori internal hp

Saat Anda membeli hp, idealnya memastikan hp itu memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Sayangnya, kebutuhan setiap orang tidak sama.

Beberapa pengguna hp kerap membutuhkan penyimpanan lebih banyak, sementara yang lain dapat melakukannya dengan baik dan minimalis.

Mengenali tipe penggunaan memori internal hp Anda bakal menghemat budget karena Anda tidak perlu melakukan peningkatan perangkat di masa yang akan datang.

Di sini, kita akan membantu Anda mengetahui jumlah penyimpanan yang tepat yang dibutuhkan oleh hp. Jadi, mari kita ulas.

Opsi Penyimpanan Hp Standar

Kini opsi penyimpanan hp baru telah sangat meningkat. Bahkan harganya jauh lebih murah daripada saat pertama kali hp muncul.

Hp saat ini banyak diproduksi dengan memori internal 32GB, dan mulai agak sulit menemukan yang dibawah itu.

Bahkan sebagian besar hp dengan harga dibawah sejutaan akan menyertakan setidaknya penyimpanan 32GB. Oleh karena kapasitas 32GB sebagai yang paling minimum, maka pilihan standar untuk sebagian besar pabrikan berubah menjadi 64GB.

Namun, selain 32GB dan 64GB, Anda juga akan menemukan ponsel dengan 128GB, 256GB, 512GB, dan bahkan 1TB. Contoh terbaik paling mutakhir mungkin adalah Apple iPhone 13 Pro, salah satu hp terbaik di tahun 2022.

Seberapa Ideal Kapasitas Memori Internal Hp?

Meskipun penyimpanan 64GB atau 128GB terdengar bagus, Anda tidak pernah mendapatkan jumlah ruang yang sama, bahkan pada hp baru. Sebab sebagiannya tidak dapat digunakan karena sistem operasi dan aplikasi pra-instal yang terpasang.

Misalnya Anda memiliki hp dengan kapasitas 128GB, maka setidaknya Anda hanya akan mendapatkan kapasitas memori internal 110GB saja. Sisanya akan terpakai oleh sistem operasi maupun aplikasi bloatware.

Setiap orang menggunakan hp mereka secara berbeda. Oleh karena itu, menentukan jumlah penyimpanan yang cukup untuk kebutuhan spesifik Anda bergantung pada berbagai faktor. Salah satunya termasuk kebiasaan konsumsi media Anda.

Jika Anda adalah seseorang yang lebih suka menyimpan file media Anda secara lokal, Anda akan mengalami kesulitan dengan hp yang hanya punya penyimpanan internal 64GB. Sebab Anda akan dengan cepat kehabisan memori internal jika Anda mengambil banyak gambar atau video dan menggunakan ponsel Anda sebagai perangkat penyimpanan utama.

BACA JUGA:  Fitur Baru Android yang Berguna Saat Darurat

Kalau kebiasaan menyimpan itu diganti ke platform cloud storage, seperti Google Photos, DropBox, dan seterusnya, maka kapasitas 64GB saja sepertinya bakal baik-baik saja.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah game. Jika Anda secara teratur memainkan game intensif grafis seperti Fortnite, Call of Duty, atau PUBG, Anda harus menggunakan 128GB tanpa pertanyaan.

Terakhir, jika Anda telah menggunakan cloud dan lebih suka menyimpan file Anda secara online, Anda tidak perlu memiliki perangkat 128GB. Anda dapat mencadangkan file secara teratur dan menghapusnya secara lokal untuk mengosongkan ruang.

Namun, terlepas dari faktor-faktor yang disebutkan di atas, penyimpanan 64GB sudah cukup untuk konsumen rata-rata. Tetapi jika Anda terkadang berlebihan dengan file media, kapasitas 128GB seharusnya bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit, cukup untuk terkadang berlebihan dengan file media, mencoba ambisi fotografi Anda, dan memainkan game yang membutuhkan banyak sumber daya. Singkatnya, kami merekomendasikan 64GB untuk kebanyakan orang, tetapi jika Anda bisa mendapatkan 128GB, lakukanlah.

Apakah Penyimpanan Lebih Tinggi Selalu Lebih Baik?

Tentu saja, semakin banyak penyimpanan yang dimiliki ponsel Anda, semakin baik. Namun, peningkatan ruang penyimpanan biasanya datang dengan harga premium. Tetapi jika Anda dapat dengan nyaman berbelanja secara royal pada opsi penyimpanan 512GB untuk ketenangan pikiran saat mengambil gambar beresolusi tinggi dan video 4K, lakukanlah.

Karena itu, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan Anda dengan baik karena 256GB terkadang bisa berlebihan, bahkan untuk pengguna berat. Opsi yang lebih tinggi benar-benar berlebihan dan seharusnya hanya layak untuk prosumer yang menggunakan ponsel cerdas mereka untuk membuat konten.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
14
Share