BerandaPonsel5 Jenis Layar Ponsel yang Wajib Diketahui

5 Jenis Layar Ponsel yang Wajib Diketahui

Dalam era ponsel layar sentuh, layar ponsel menjadi bagian yang paling sering dilihat dan dipergunakan. Itulah mengapa layar yang pertama kali ditemukan oleh E.A. Johnson pada tahun 1965 ini terus dikembangkan.

Saat ini beragam jenis layar ponsel terus dibuat oleh pabrikan ponsel maupun pembuat layar khusus. Namun hingga saat ini perkembangan jenis layar ponsel belum ada teknologi terbaru didalamnya. Saat ini yang ada hanyalah ragam varian baru dari layar ponsel yang sudah ada.

Misalnya keberadaan touch sampling rate, refresh rate, Full HD, 4K dan seterusnya yang menjadi variasi dalam jenis-jenis layar tersebut. Sehingga pengguna ponsel memiliki banyak pilihan dalam meminang ponsel yang ada di pasaran saat ini.

Langsung saja, inilah beragam layar pada ponsel yang bisa kamu temukan saat ini di pasaran.

TFT LCD

TFT LCD merupakan kependekan dari Thin Film Transistor Liquid Crystal Display. Layar ini merupakan sebuah teknologi dasar yang dipakai oleh seluruh layar LCD. Bentuknya tebal dan membutuhkan banyak daya karena harus menghidupkan sumber cahaya ketika beroperasi.

IPS LCD

IPS LCD merupakan jawaban atas betapa jadulnya teknologi yang dipakai oleh TFT LCD. Layar yang memiliki kepanjangan In-Place Switching Liquid Crystal Display ini memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dengan tampilan yang lebih baik dan lebar daripada TFT.

OLED

OLED alias Organic Light Emiting Diode merupakan teknologi layar ponsel yang memiliki lapisan emissive electroluminescent. Lapisan ini merupakan lembaran senyawa organik yang akan memancarkan cahaya bila dilalui arus elektrik. Sehingga setiap piksel dari layar OLED mampu menghasilkan cahaya sendiri dan oleh karenanya bisa lebih hemat daya.

AMOLED

AMOLED merupakan pembaruan dari layar OLED. Ada penambahan Active Matrix sebelum Organic Light Emiting Diode sehingga disebut AMOLED. Layar ponsel ini dibuat dengan menambahkan sensor pada sel organik OLED sehingga tidak memerlukan lapisan tambahan untuk membuatnya menjadi layar sentuh. AMOLED ini tentu saja lebih tipis, lebih natural, dan lebih cerah. Layar ini pertama kali diproduksi oleh Samsung.

Super AMOLED

Super AMOLED merupakan versi yang lebih baik dibandingkan dengan AMOLED biasa. Layar ponsel ini memiliki kecerahan yang lebih tinggi sebesar 20 persen dengan konsumsi daya lebih irit 20 persen. Dengan Super AMOLED, produsen juga mampu membuat ponsel bisa lebih tipis dibandingkan memakai AMOLED.

Artikel Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru