Pentingnya Jasa Pengiriman Kargo dalam Industri E-Commerce

0
jasa pengiriman kargo

Setiap kali bertransaksi di e-commerce, banyak pembeli yang berfokus pada penjual, harga barang, dan ongkos kirim semata. Apalagi ketika barang yang dibeli cukup besar dan berat. Maka seharusnya memilih jasa pengiriman kargo seharusnya dipentingkan juga.

Sebelum masuk ke pembahasan betapa pentingnya jasa pengiriman kargo tadi, yang penting untuk diketahui adalah industri e-commerce di Indonesia meningkat cukup pesat. Hal ini terutama karena semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia yang kini sudah lebih dari separuh jumlah penduduknya.

Pengguna Internet di Indonesia

Berdasarkan data yang kami terima dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 171,17 jiwa pada tahun 2019. Jumlah ini mencapai 64,8 % dari jumlah penduduk pada saat itu yang mencapai 264 juta jiwa.

Angka itu sangat berpotensi naik signifikan. Sebab APJII mencatat angka pertumbuhannya bisa mencapai 10 % lebih. Catatan peningkatan ini juga terlihat dari pengguna media sosial di Indonesia yang naik setiap tahunnya. Sebagai contoh pengguna Facebook di Indonesia mencapai 120 juta orang atau 44,49 % dari populasi.

Angka-angka yang fantastis itu tentu saja membuat banyak pihak melihatnya sebagai pangsa pasar yang besar dan luas. Maka berbagai pihak menancapkan kukunya di industri e-commerce lokal maupun pemain internasional yang membuka cabangnya disini.

Berdasarkan data dari iPrice, ada 49 e-commerce di Indonesia yang beroperasi. Separuh terbawah mungkin jarang didengar, bahkan hingga artikel ini diturunkan, kami juga belum mengetahui apakah mereka masih eksis.

Untuk soal kunjungan berdasarkan data dari SimiliarWeb, ada Shopee yang memimpin dengan angka 2.384.443 pengunjung setiap harinya. Kemudian disusul oleh Tokopedia dengan angka 2.326.666 kunjungan perhari.

Jumlah kunjungan yang cukup tinggi didapatkan oleh Shopee ini berhasil menyumbang angka transaksi kotor dari Sea Group, induk Shopee. Meskipun grup ini menurun penghasilannya pada awal 2020 ini, namun tidak bagi Shopee. E-commerce yang satu ini berhasil membukukan transaksi sebesar US$ 17,6 miliar atau sekitar Rp 249,4 triliun yang didapatkan sepanjang tahun 2019.

Pentingnya Posisi Jasa Pengiriman Kargo

jasa pengiriman kargo

Jumlah pengguna internet yang cukup banyak, kemudian menyumbang angka-angka kunjungan terhadap e-commerce tadi merupakan dua simbiosis yang menguntungkan. Namun tanpa ada faktor lain, keniscayaan dua simbiosis itu tak akan tercipta. Apa itu? Ya tentu saja jasa pengiriman kargo.

Tanpa adanya jasa pengiriman kargo niscaya tidak akan ada pula perkembangan e-commerce. Seluruh penjual online yang ada di e-commerce hanya bisa melakukan cash on delivery alias bayar di tempat. Platform e-commerce pada akhirnya tidak bisa menjangkau banyak lokasi. Tentu saja mereka tak akan bisa berkembang.

Vitalnya fungsi jasa pengiriman kargo membuat layanan ini mesti diperhatikan secara seksama. Untuk itu mari berkenalan dengan salah satu anak perusahaan dari Astra yang bergerak di layanan ini. Nama anak dari perusahaan multinasional ini adalah SERA. Dan SERA punya brand lagi bernama SELOG. Mari berkenalan dengannya.

SELOG, Jasa Pengiriman Kargo dari SERA

SERA merupakan anak usaha Astra yang bernama lengkap PT. Serasi Autoraya. Anak usaha ini mirip bapaknya, yang mana memiliki anak usaha lagi dengan nama merek masing-masing. SERA memiliki Astra FMS, yang bergerak di bidang manajemen sistem informasi jasa penyewaan transportasi dan jasa logistik.

Kemudian ada TRAC yang merupakan jasa penyewaan transportasi. Mobil88 juga masih dibawah SERA yang berfungsi sebagai platform jual-beli mobil bekas. Lantas ada IBID yang menjadi platform lelang otomotif. Dan terakhir tentu saja yang akan kita bahas adalah SELOG.

SELOG bergerak di bidang jasa pengiriman kargo dan logistik. Secara lebih lengkap, berikut merupakan jasa yang digarap oleh SELOG.

Contract Logistics

Jasa contract logistics merupakan layanan yang ditawarkan SELOG untuk mengintegrasikan perencanaan, implementasi, hingga proses monitoring logistik yang dikirimkan. Jasa ini melayani eskpor-impor kendaraan roda empat berikut komponennya.

Shipping Services

Buat yang memiliki bisnis pengiriman barang antar pulau, SELOG menawarkan jasa Shipping Service ini. Jasa ini memakai moda transportasi laut yang berkualitas untuk mengirimkan berbagai kargo yang memuat barang-barang otmotif, industri alat berat, dan muatan lainnya.

Shipping Agency

SELOG juga membuka jasa agen pengiriman yang berkolaborasi dengan Jardine Shipping Services (JSS) sebagai agen pengiriman terbesar di Asia.

Freight Forwarding

Untuk alat berat atau kargo lainnya, SELOG menyediakan jasa pengiriman dengan berbagai jenis moda pengangkutan untuk wilayah dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time) dan zero defect.

Warehouse and Yard Management

Apabila Anda memiliki bisnis yang mesti menjaga suplai distribusi barang secara lengkap, SELOG juga menawarkan jasa pengelolaan dan penyimpanan barang. SELOG memiliki Warehouse Management System (WMS) yang memungkinkan proses pelacakan secara berkelanjutan terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. Tidak hanya itu, WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time.

Courier Services

SELOG juga memiliki jasa kurir ekspres yang siap untuk mengirimkan paket Anda dengan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, layanan kami terbagi ke dalam layanan standar dan layanan solusi. Layanan standar meliputi same day service, next day service, dan regular service. Dengan layanan solusi, Anda tidak perlu khawatir apabila membutuhkan layanan khusus seperti layanan VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa.

Demikianlah artikel tentang jasa pengiriman kargo yang memiliki peran strategis terhadap industri e-commerce di Indonesia bahkan secara global. Terima kasih sudah membacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here