BerandaBeritaTentang Jaringan 5G dan Ponsel yang Siap di Indonesia

Tentang Jaringan 5G dan Ponsel yang Siap di Indonesia

Pengguna telekomunikasi di Indonesia sedikit demi sedikit mulai mencicipi jaringan 5G. Sebuah jaringan yang diklaim bisa menawarkan kecepatan internet yang luar biasa.

Telkomsel menjadi penyedia layanan telekomunikasi yang sudah siap menjalankan jaringan 5G di Indonesia. Pada fase awal ada sembilan kota besar yang kebagian jaringan ini, diantaranya Medan, Batam, Bandung, Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar. Perkembangan wilayah ini diprediksi bakal lebih cepat meluas.

Jaringan 5G ini diprediksi akan mengubah peta bisnis digital dan perilaku masyarakat dalam menggunakan internet. Namun hingga hari ini masih banyak yang belum sepenuhnya paham apa dan bagaimana jaringan 5G itu.

Teknologi 5G

Pada dasarnya jaringan 5G merupakan sebuah bentuk teknologi yang serupa dengan jaringan 4G dan kebawahnya. Jaringan 5G merupakan metode untuk mentransimiskan data dari perangkat elektronik ke internet dan sebaliknya. Contoh kongkritnya adalah Wi-Fi, yang menyambungkan komputer, ponsel, tablet, dan sejenisnya ke internet.

Seperti halnya bentuk transmisi data yang lainnya, 5G menggunakan gelombang elektromagnetik dengan rentang 2,5GHz hingga 3,7GHz. Rata-rata rentang tersebut setara dengan panjang gelombang .1 meter. Disisi lain, jairngan 4G memiliki panjang gelombang yang lebih panjang, yakni .35 meter.

Ponsel di Indonesia yang Kompatibel 5G

Di Indonesia sendiri, pita frekuensi yang dipakai ternyata berada di rentang 2,3GHz untuk jaringan 5G. Menurut Qualcomm, pita frekuensi ini bisa menghasilkan panjang gelombang dan penetrasi jaringan yang bagus.

Untuk itu Telkomsel sebagai penyedia layanan memakai Band 40 alias frekuensi mid band yang mampu merambat pada rentang frekuensi 1GHz, 6GHz, dan 3,5GHz-6GHz. Berikut ponsel yang mendukung jaringan 5G yang dipasarkan di Indonesia.

  1. Samsung

Samsung Galaxy S21 5G, S21+ 5G, dan S21 Ultra 5G
Samsung Galaxy A32
Samsung Galaxy Z Fold 2
Samsung Galaxy S20, S20 Plus, S20 Ultra, dan S20 FE
Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra

  1. IPhone

iPhone 12,
iPhone 12 mini,
iPhone 12 Pro,
iPhone 12 Pro Max

  1. Xiaomi

Xiaomi Mi 11
Xiaomi Mi 10T
Xiaomi Mi 10T Pro
Xiaomi Mi 10
Xiaomi Poco F2 Pro
Xiaomi Poco F3

  1. Vivo

Vivo V21
Vivo X60
Vivo X60 Pro

  1. Oppo

Oppo Reno 5
Oppo A74

  1. Huawei

Huawei P40
Huawei Mate 40
Mate 40 Pro+
Huawei Nova 7

Lalu, sudah siapkah menggunakan jaringan 5G?

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Terbaru

x