Consumer Report Temukan Isu Privasi di Google Meet, Microsoft Teams, dan WebEx

0
privasi di google meet

Belakangan ini Zoom menjadi sorotan. Masalah privasi dan keamanan dari aplikasi ini disoal. Namun siapa sangka, isu privasi di Google Meet, Microsoft Teams, dan WebEx juga ditemukan.

Hal ini diungkapkan oleh Consumer Reports. Lembaga nirlaba yang bermarkas di New York, AS ini telah menganalisis kebijakan privasi Google Meet, Microsoft Team, dan WebEx dan menemukan bahwa mereka telah mengumpulkan lebih banyak data daripada yang disadari banyak orang.

Consumer Reports menjelaskan bahwa bukan berarti aplikasi ini tidak aman. Tetapi dengan menyetujui kebijakan privasi layanan mereka, Anda memberi akses ke banyak data pribadi.

Menurut laporan tersebut, mereka berhak untuk mengumpulkan informasi dari daftar panggilan Anda, termasuk durasi panggilan, siapa saja yang berpartisipasi, dan alamat IP dari semua orang yang ikut serta dalam panggilan tadi.

Consumer Report sayangnya tidak mengurai secara lebih detail untuk apa data tersebut dikumpulkan dan dipergunakan oleh Google, Microsoft, maupun Cisco sebagai pemilik aplikasi tersebut. Namun pihaknya hanya menduga kalau pengumpulan data tadi dipergunakan untuk membuat profil dari pengguna aplikasi.

Potensi masalah privasi yang mungkin lebih tinggi justru datang dari kebiasaan seseorang merekam rapat atau panggilan video dalam aplikasi tersebut. Sebab hal ini bisa saja dipergunakan untuk mekanisme pengenalan wajah yang dikembangkan oleh Google, Microsoft, maupun Cisco.

Lagi-lagi, ketiga perusahaan itu membantah. Apa yang mereka lakukan merupakan inisiatif dari pengguna. Perusahaan tidak meminta mereka merekam suara maupun video hasil rapat. Bahkan mereka berjanji tidak menggunakannya pula buat kepentingan iklan, seperti yang banyak dilakukan oleh media sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here