Bisnis  

Untung Rugi Investasi Bitcoin yang Wajib Anda Pahami

investasi bitcoin

KopiTEKNO.com – Saat ini investasi Bitcoin sudah menjadi tren. Ada yang langsung melakukan investasi lewat transaksi di exchange, ada lagi yang membeli mesin mining guna mendulang Bitcoin secara langsung. Yang jelas harga Bitcoin selalu mereka pantau setiap hari.

Buat yang memakainya dalam jangka panjang, pemantauan harga Bitcoin itu tidak sesering dilakukan oleh mereka yang melakukan trading di exchange. Mereka bakal menunggu beberapa tahun, sampai harganya melangit dan mereka mendapatkan cuan yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

Anda tentu bisa membayangkan ketika seseorang pernah membeli 100 Bitcoin pada tahun 2010. Saat itu harganya memang berada di sekitar $1 saja per 1 BTC. Maka sepuluh tahun kemudian, ketika orang tersebut mengambil invetasinya, ia jadi orang kaya. Sebab dengan kurs 1 BTC=Rp694.544.792,70, tinggal dikalikan 100 saja. Rp69,4 miliar!

Pertanyaannya kemudian, apakah semua orang yang berinvestasi Bitcoin ini bakal mendapatkan keuntungan? Tentu tidak. Sebab sebagaimana sifat dari koin digital atau mata uang digital pada umumnya, Bitcoin memiliki sifat yang sangat tidak terprediksi.

Lantas apakah untung-rugi investasi Bitcoin ini? Dan bagaimana ia bisa seperti itu? Marilah kita ulas satu-persatu.

Pengertian Bitcoin

Bitcoin merupakan salah satu jenis cryptocurrency atau mata uang kripto yang pertama kali dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Siapa Satoshi ini? Masih misterius. Yang pasti, temuannya soal Bitcoin mengubah lansekap tentang tema mata uang digital.

Dalam perhitungan banyak orang, ada 21 juta Bitcoin yang ada di ruang digital. Saat ini sebagian besar atau sekitar 18,86 juta Bitcoin sudah ditambang, dimiliki, dan ditransaksikan di berbagai platform. Sisanya diyakini sudah hilang akibat kerusakan perangkat maupun kehilangan kunci wallet.

Jika pada hari ini masih ada orang yang menambang atau mining, bukan berarti mereka menambang sisanya. Para miner ini merupakan orang yang bertugas dalam mencatat transaksi dalam skema kripto itu sendiri. Penghasilan yang didapatkan merupakan fee dari pencatatan tersebut.

Keuntungan Investasi Bitcoin

Ada beberapa keuntungan dari investasi Bitcoin. Silakan disimak:

1. Proses Cepat

Jangan bandingkan investasi uang, saham, ataupun emas secara konvensional di lembaga keuangan biasa. Anda bakal diminta untuk verifikasi data dan memerlukan waktu sedikitnya 14 hari kerja untuk memprosesnya. Investasi Bitcoin tidak begitu.

Transaksi yang Anda lakukan ketika membeli maupun menarik Bitcoin akan dilakukan secara peer-to-peer tanpa perantara. Hanya saja ada ‘petugas’ yang mencatat itu melalui sistem kriptografi yang kita sebut dengan miner. Sehingga tanpa adanya pihak ketiga seperti bank, sistem transaksi Bitcoin bakal jauh lebih cepat.

2. Biaya Lebih Murah

Ketiadaan pihak ketiga dalam proses transaksi itu pada akhirnya bisa memangkas biaya transaksi. Sehingga memungkinkan transaksi Bitcoin bisa lebih murah dari transaksi dalam dunia perbankan.

Dengan ketiadaan pihak ketiga dalam proses itu juga membuat skema nilai dalam Bitcoin berjalan apa adanya sesuai kaidah pasar. Tidak ada lembaga keuangan yang memungut fee dari biaya investasi tersebut. Jadi, ya lebih murah jatuhnya ketika Anda melakukan investasi Bitcoin.

3. Transparan

Minimnya campur tangan manusia dalam proses investasi Bitcoin membuat prosesnya sangat transparan. Kendali investasi ada pada tangan Anda sendiri. Tidak ada yang iktu campur dan mengatur investasi Anda, bahkan negara sekalipun.

Anda tentu bisa langsung berinvestasi tanpa harus bingung dengan istilah-istilah tertentu. Misalnya Anda pengin menitipkan uang dalam jangka waktu sekian tahun. Namun oleh pihak tertentu Anda diarahkan untuk mengikuti program A yang secara sistem mirip, padahal itu asuransi. Itu tak akan terjadi ketika Anda berinvestasi Bitcoin.

✔️ BACA JUGA:  Pintu Aplikasi Crypto Terbaik dan Termudah di Indonesia

4. Aman

Ketika Anda membeli Bitcoin untuk tujuan investasi, maka aset Anda bakal selamanya berada disana. Aset tersebut diikat oleh sistem kriptografi yang canggih dan tak bisa dijebol. Perampok manapun tidak akan mampu mengambil aset tersebut.

Namun tentu saja Anda mesti menjaga kunci wallet untuk membuka uang Anda. Dan ini menjadi salah satu kerugian dari investasi Bitcoin.

Kerugian Investasi Bitcoin

Berikut beberapa kerugian investasi Bitcoin yang sering ditemui:

1. Rentan Diretas

Ketika sistem kriptografi itu diklaim paling aman dan Anda lalai untuk menjaga akses ke aset Bitcoin Anda, maka disitulah malapetakanya. Seseorang memang belum bisa menjebol kriptografi itu, namun siapapun bisa mengakses ‘pintu masuk’ yang ada di hp Android maupun iOS Anda.

2. Risiko Lupa atau Kehilangan Password

Untuk mengakses wallet yang berisi aset Bitcoin Anda, biasanya diperlukan password, baik manual maupun berupa 2FA generator. Sayangnya sebagai manusia, kita bisa saja lupa akan password untuk membukanya. Apalagi ketika password itu ditulis diatas kertas. Risiko hilang bisa saja terjadi.

3. Kerap Bertentangan dengan Regulasi dan Norma

Kalau kerugian investasi Bitcoin yang satu ini memang bukan soal teknis, namun non-teknis. Sebab ia tak terkait sama sekali dengan sistem kripto maupun komputerisasi yang berjalan didalamnya. Ia terkait dengan dunia diluar itu.

Misalnya Anda bakal dicap sebagai pendosa, karena berinvestasi di sektor yang sempat diharamkan. Orang-orang dari sektor lain juga kerap memusuhi investor Bitcoin karena prosedurnya diluar regulasi. Dan seterusnya.

Namun jika Anda tetap teguh dan tetap pengin investasi Bitcoin , silakan coba Rekeningku. Tempat jual dan beli aset kripto ini bisa Anda akses situsnya dengan alamat https://www.rekeningku.com.

Ada berbagai aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Tether, Doge, Shiba Inu, dan lainnya. Sesuaikan pembelian aset kripto Anda dengan budget yang sudah tersedia. Atau bisa juga Anda mencairkan aset yang Anda miliki di Rekeningku dan menukarnya dengan mata uang rupiah.

Nah, demikianlah untung-rugi investasi Bitcoin yang bisa saya bagikan untuk Anda. Silakan berikan tanggapan Anda di kolom komentar.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
17
Share