Fitur Instagram Terbaru Reels, Dibuat Gantikan TikTok

0
reels

TikTok memang cukup fenomenal. Aplikasi buatan ByteDance ini memiliki 800 juta pengguna aktif hinga saat ini. Namun perseteruan dagang antara Amerika Serikat dan China menghambat aplikasi ini di negeri Paman Sam, sehingga kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Instagram dengan merilis Reels.

Sebagaimana diketahui, TikTok sedang dipermasalahkan oleh otoritas Amerika karena dituduh melakukan aksi intelijen dengan memanfaatkan data pengguna. TikTok memang mengumpulkan beragam data penggunanya, seperti wajah, lokasi, kontak, dan lainnya. Namun hal ini sebetulnya sudah banyak dilakukan oleh aplikasi lain.

Makanya tidak bisa masuknya TikTok saat ini ke Amerika Serikat lebih dikarenakan perang dagang dan konflik politik yang terjadi antara kedua negara. Sehingga mengakibatkan pengguna TikTok di Amerika Serikat sempat merasa kehilangan. Peluang inilah yang diambil oleh Instagram.

Instagram kemudian merilis Reels. Sebuah fitur yang memang bertujuan menyalurkan kecanduan orang-orang untuk menari-nari, bernyanyi, bercanda, dan melakukan aksi lain sebagaimana mereka lakukan di TikTok. Reels menawarkan apa yang ditawarkan oleh TikTok.

Anda bisa merekam video berdurasi 15 detik dengan suara, efek, maupun template yang menawarkan hasil video yang mengagumkan. Bahkan hasilnya bisa dibagikan di beranda Instagram, sehingga bisa dilihat oleh jaringan teman di aplikasi media sosial ini.

reels

Cara Menggunakan Reels

Untuk menggunakan Reels, buka Instagram Anda dan klik ikon kamera di kiri atas layar. Di bagian bawah halaman, ketuk tab Reel untuk memulainya. Di sisi kiri layar, Anda akan melihat ikon untuk Audio, Speed, Effect, dan Timer.

Dengan pengaturan Audio, Anda dapat mencari lagu dari perpustakaan musik Instagram atau menggunakan lagu Anda sendiri dengan membuat rekaman dengan musik asli. Dengan mengunggah musik asli hasil kreasi Anda sendiri memungkinkan orang lain untuk memakainya juga.

Kemudian ada AR Effects, dimana Anda dapat memilih salah satu dari galeri efek Instagram yang juga menyertakan efek yang dibuat oleh pembuat efek di seluruh dunia. Ini memungkinkan Anda membuat banyak klip dengan efek yang berbeda-beda. Jika Anda merekam Reel, Anda dapat merekamnya secara handsfree dengan mengetuk Timer dan melakukan hitung mundur. Hitung mundur ini akan memberi tahu Anda saat perangkat Anda mulai merekam.

Salah satu fitur terpenting pada Reels adalah Align. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyusun objek dari klip sebelumnya untuk membantu Anda merekam transisi yang mulus untuk pergantian pakaian dan banyak lagi. Dan Kecepatan memungkinkan Anda mempercepat audio dan video. Video ini juga dapat direkam satu per satu atau sekaligus.

Kalau Instagram Anda belum mendapatkan Reels saat ini, sabar saja. Sementara ini fitur yang mirip TikTok ini baru merambah untuk pengguna Instagram di Amerika Serikat saja. Untuk pengguna di Indonesia, ya tunggu saja, atau karena TikTok tidak diblokir ya sudah pakai TikTok saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here