Cara Mengaktifkan Dark Mode di Instagram pada iOS dan Android

0

Intagram telah merilis pengaturan baru beberapa waktu lalu. Pengaturan, atau lebih tepatnya fitur ini terkait dengan bisa berubahnya tampilan media sosial tersebut menjadi gelap. Ya, Instagram kini mendukung fitur dark mode. Artikel kali ini bakal menjelaskan bagaimana membuat Instagram ke mode gelap alias dark mode tersebut.

Mengapa dark mode mesti diaktifkan? Menurut penelitian Google, mode gelap membuat baterai lebih hemat karena layar tidak banyak mengeluarkan cahaya. Manfaat yang lain, fitur ini lebih ramah pada mata. Terakhir tentu saja karena fitur ini sungguh keren.

Sayangnya tidak semua orang bisa mengubah Instagram mereka memiliki fitur dark mode. Bahkan kalaupun bisa, belum tentu perangkat mereka mendukung. Kata Adam Mosseri, pimpinan Instagram, dalam sebuah twit-nya mengatakan kalau fitur ini hanya buat perangkat yang sudah menjalankan Android 10 maupun iOS 13.

Kalau anda memiliki salah perangkat yang menjalankan sistem operasi tersebut, Instagram bakal mengikuti pengaturan tema bawaan. Jadi cara satu-satunya adalah mengatur sistem operasi tersebut agar memakai dark mode. Jadi sebetulnya, Instagram sendiri tidak memiliki fitur dark mode sendiri. Ia hanya beradaptasi terhadap sistem operasi yang dipakai.

Langsung saja buat yang memiliki perangkat iOS 13, berikut ini cara mengaktifkan dark mode.

  1. Silakan buka pengaturan smartphone anda.
  2. Pilih ‘Display and brightness‘.
  3. Teka ‘Dark‘ untuk mengubah tema menjadi gelap.
  4. Lalu silakan buka Instagram, dan lihat apa yang terjadi.

Buat pengguna smartphone Android, berikut caranya:

  1. Silakan buka pengaturan smartphone anda.
  2. Gulir sampai ketemu menu ‘Display‘.
  3. Aktifkan tombol ‘Dark theme‘.
  4. Luncurkan Instagram.

Jangan lupa juga untuk memakai aplikasi Instagram versi yang paling baru agar fitur tersebut berjalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here