Cara Lengkap dan Mudah Membuat Akun Instagram Bisnis

0

Saat ini Instagram mengikuti jejak ‘kakaknya’ Facebook dengan membuat Instagram Business atau Instagram Bisnis. Akun Instagram Bisnis ini tentu sedikit berbeda dibanding yang pribadi.

Hal pertama yang mesti ditekankan adalah, Instagram Bisnis hanya buat mereka yang mulai serius di ranah Instagram. Sebab fitur ini memberikan banyak hal untuk mempromosikan bisnis Anda di Instagram.

Instagram memiliki 500 juta pengguna aktif setiap harinya. Jumlah itu dihasilkan dari jumlah pengguna keseluruhan yang pada tahun 2019 telah mencapai angka 1 miliar lebih.

Dari jumlah itu pula, kini sudah ada 25 juta pengguna akun Instagram Bisnis. Angka ini sangat mungkin bertambah mengingat banyak fitur Bisnis yang sangat berguna buat pengguna Instagram pribadi.

Perbedaan Akun Pribadi dengan Akun Bisnis

Instagram pribadi dengan Instagram Bisnis sekilas tidak ada yang berbeda.

Keduanya masih sama-sama gratis untuk dipergunakan, dan juga masih berfungsi yang sama untuk membagikan foto terbaik beserta caption-nya.

Sayangnya pada Instagram pribadi tidak akan ditemui fitur statistik, iklan, dan lain-lain. Fitur tersebut hanya ada pada Instagram Bisnis.

Sebelum Instagram Bisnis hadir, para pemilik bisnis cukup kesulitan menaruh data bisnisnya di bio profil. Kini mereka bisa dengan mudah sebab sudah disediakan fiturnya.

Ya, Instagram Bisnis merupakan fitur yang disediakan secara gratis. Sehingga dengan beragam fitur yang lebih lengkap, mengapa Anda tidak mengubah akun pribadi Anda menjadi akun bisnis?

Manfaat Memiliki Instagram Bisnis

Pada mulanya tentu saja bakal terjadi hal yang kurang nyaman. Sebab pada bagian bawah profil akan muncul grafik yang menunjukkan statistik.

Meski begitu, itulah keuntungan dari memiliki Instagram Bisnis. Secara lengkap, berikut manfaat memiliki Instagram Bisnis.

1. Bisa mengakses insight dari akun Instagram

Insight merupakan wawasan. Secara lengkap definisi insight merupakan sebuah istilah pemasaran yang dipergunakan untuk memahami sesuatu yang muncul.

Insight merupakan statistik yang didapatkan dari sebuah unggahan yang dibuat. Keberadaannya berguna buat mengukur efektivitas unggahan tersebut bagi pemasaran lewat Instagram.

Semakin Anda mendalami insight ini, Anda semestinya memahami pemirsa yang cocok untuk akun yang dikelola. Sehingga kedepan Anda bisa memberikan unggahan yang sesuai dengan keinginan pemirsa tersebut.

Disitulah potensi Instagram Bisnis yang bisa dipergunakan untuk mendongkrak bisnis Anda.

2. Meningkatkan keterlihatan profil Instagram

Keuntungan selanjutnya dari Instagram Bisnis adalah kemampuan untuk menambahkan tombol CTA (call to action).

Tombol tersebut berguna untuk menyisipkan website, email, maupun nomor WhatsApp agar pemirsa bisa menghubungi lebih lanjut.

3. Pada insta-story bisa disisipi link

Buat yang terbiasa melihat selebgram yang kerap mengajak untuk swipe-up di story mereka, itu dipergunakan untuk mengajak ke laman lain diluar Instagram.

Sebuah akun bisnis yang sudah mencapai +10,000 followers mendapatkan fitur swipe-up ini. Link yang bisa ditaruh tentu saja bebas selama tidak melanggar ketentuan Instagram.

4. Menjalankan iklan

Ya, ketika Anda ingin beriklan di Instagram, satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah mengubah akun dari pribadi ke bisnis.

Keuntungan memasang iklan di Instagram tentu dikarenakan jumlah target penggunanya yang sangat banyak.

Cara Mengubah dari Akun Pribadi ke Akun Bisnis

Ada beberapa hal yang mesti Anda siapkan sebelum ke proses mengubah akun ini. Pertama, Anda mesti memiliki sebuah fanpage di Facebook. Kedua, Anda wajib mengatur akun Instagram ke pengaturan publik bukan privat.

Kalau sudah selesai, silakan masuk ke hamburger menu yang disimbolkan dengan tiga garis horisontal pendek. Kemudian pilih Akun, lalu gulir hingga kebawah dan Anda akan menemukan dua pilihan, yakni Beralih ke Akun Bisnis dan Beralih ke Akun Kreator. Pilih Beralih ke Akun Bisnis.

Untuk mengaktifkan akun bisnis, ada satu tahap dimana Anda bakal diminta menghubungkan fanpage Facebook dengan akun tersebut. Tentu saja Anda mesti menjadi Admin di fanpage itu.

Langkah terakhir adalah memasukkan kontak seperti email, nomor telepon, maupun alamat bisnis. Dan selesai.

Mengembalikan Akun Bisnis ke Akun Pribadi atau Mengubahnya ke Akun Kreator

Bagi yang memang betul-betul tidak nyaman dengan akun bisnis, silakan mengubahnya kembali ke akun pribadi. Bisa juga mengubah ke akun kreator.

Untuk akun kreator sendiri, nanti bakal dijelaskan pada artikel selanjutnya.

Untuk mengubah akun bisnis ke akun pribadi, tahapannya masih sama. Anda hanya perlu memilih akun pribadi setelah Pengaturan > Akun.

Jadi, sudahkah akun Instagram Anda menjadi akun bisnis?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here