Permintaan akan perangkat pintar non-smartphone yang dipakai di tangan terus meningkat setiap tahun. Perangkat yang terdiri atas smartwatch terlaris dan smartband ini bahkan meningkat 5,5 persen pada kuartal kedua tahun 2018. Hal ini terungkap dari hasil riset IDC baru-baru ini.

“Ada dua kata kunci yang terjadi pada kuartal ini, yakni permintaan yang menguat dan lambatnya penurunan pasar terhadap wearable devices,” ungkap Ramon T. Lamas sebagaimana dikutip dari Venture Beat.

Seperti biasa, IDC selalu mempublikasikan lima besar nama brand yang menduduki jawara. Kali ini pun begitu, lima besar produk wearable devices yang terdiri atas smartwatch dan smartband tersebut terpampang di data IDC kuartal kedua.

Dimulai dari posisi kelima yang ditempati Garmin. Pabrikan Amerika Serikat ini mengapalkan produk senilai USD1,5 juta dengan market share sekitar 5,3 %. Garmin mengalami kenaikan nilai sebesar USD 0,1 juta atau mengalami pertumbuhan sebesar 4,1 % dibandingkan tahun 2017.

Huawei berada diatas Garmin dengan pemasaran produk wearable devices-nya senilai USD1,8 juta atau 6,5% dari sisi market share. Huawei mengalami kenaikan yang siginifikan dibandingkan tahun 2017, yakni sebesar 118,1 %.

Sementara Fitbit dan Xiaomi menguntit di posisi tiga dan dua, Apple masih kokoh di puncak produsen wearable devices atau smartwatch terlaris pada 2018. Pertumbuhan Apple di sektor ini pun cukup siginifikan, yakni 38,4% dengan nilai pasar sebesar USD 4,7 juta dan menguasai pasar sekitar 17 %.

Untuk lebih jelasnya silakan merujuk pada tabel smartwatch terlaris berikut ini.

Sebagai catatan, Asia Pasifik, Amerika Latin, Eropa Tengah dan Timur, serta Timur Tengah dan sebagian regional Afrika mengalami permintaan yang cukup siginifikan untuk wearable devices dibandingkan Amerika Utara, Jepang, dan Eropa Barat. Hal ini disebabkan, menurut IDC, ketiga region terakhir sedang mengalami ‘kematangan pasar’ dan bertransisi menunggu perangkat yang lebih canggih dibanding apa yang ada sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here