IndiHome Di Sirkuit Mandalika, Yang Ngebut Bukan Hanya Motor

indihome di mandalika
WSBK Mandalika 2021. Sumber: themandalikagp.com.

KopiTEKNO.com – Adu kebut sepeda motor besar antara Jonathan Rea, Scott Redding, Michael Van Der Mark, Toprak Razgatlıoğlu, dan lainnya, dalam gelaran seri World Superbike (WSBK) Mandalika 2021 memang sudah selesai. Namun antusiasme publik terhadap sirkuit baru ini masih terus menggema.

Pasalnya Sirkuit Mandalika yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, ini selain bakal menjadi tuan rumah dari seri WSBK 2022 pada November tahun depan, juga menjadi satu-satunya sirkuit di ajang internasional yang ada di Indonesia.

Indonesia memang pernah punya Sirkuit Sentul. Namun memori penggemar balap tentu masih mencatat kapan sirkuit yang terletak di Bogor, Jawa Barat itu punya hajat. Sentul terakhir kali menggelar MotoGP waktu masih bermesin 500cc pada periode 1996-1997.

Maka ketika Mandalika mulai dibuka, banyak harapan tertuju kesana. Harapan agar Indonesia lewat Mandalika bisa mendunia dengan prestasi baik. Oleh karena itu layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk, IndiHome turut hadir berpartisipasi dan menjaga harapan itu menyala dan mewujud.

Kinerja IndiHome di Mandalika

indihome di mandalika
Para teknisi terpilih IndiHome di Mandalika. Sumber: IndiHome.

IndiHome merupakan salah satu pihak yang cukup berjasa dalam tersebarnya kabar baik dari Mandalika ke penjuru dunia. Sebab sebelum WSBK Mandalika 2021 digelar, ada 16 orang teknisi pilihan yang dikirim IndiHome untuk membangun jaringan Information and Communication Technology (ICT) di sekitar event.

Mereka yang disebut Tim Bantek alias Bantuan Teknis ini merupakan para teknisi pilihan dari Telkom Jawa dan Bali yang ditugaskan secara khusus untuk membangun jaringan ICT, seperti memasang fiber optic di Sentral Telepon Otomat (STO) di berbagai lokasi seperti STO Mataram, Posko Mataram, STO Gerung serta ruang infrastruktur pendukung dan posko di STO Praya.

Keberhasilan Tim Bantek ini disebabkan mereka merupakan teknisi yang tak hanya piawai memasang kabel internet, namun juga mencangkul tanah, menyambungkan listrik, dan yang paling penting mampu menyelesaikan masalah teknis dan non-teknis di lapangan.

Tampaknya tekad dan semangat Tim Bantek IndiHome itu mampu menyelesaikan segala masalah teknis di lapangan. Sehingga nama baik Indonesia tetap terwujud berkat gelaran di Mandalika.

Jika Anda menjadi salah satu pengunjung pada WSBK kemarin, dan kebetulan melihat ada booth IndiHome di area VIP dan area parkir Sirkuit Mandalika, maka kisah heroik para teknisi itu terekam disana. Dan secara umum juga mengisahkan kiprah IndiHome dalam terwujudnya gelaran WSBK Mandalika 2021.

Menyongsong MotoGP 2022

indihome di mandalika
Booth IndiHome di area Sirkuit Mandalika. Sumber: IndoHome.

Tantangan lain bahkan tidak menunggu hingga gelaran WSBK 2022 pada November mendatang. Sebab pada 20 Maret 2022 nanti, sirkuit yang bernama lengkap Pertamina Mandalika International Street Circuit ini bakal menggelar MotoGP. Sirkuit Mandalika bahkan sudah masuk kedalam kalender sementara untuk gelaran pra-musim MotoGP 2022.

Ini tentu menjadi tantangan bagi pengelola sirkuit dalam meningkatkan sarana balap. Serta pembuktian bagi IndiHome dan secara umum TelkomGroup dalam menyiapkan prasarana internet agar banyak orang bisa memberi kabar terbaik dari Mandalika.

Pada WSBK kemarin, TelkomGroup menjamin kelancaran akses komunikasi dengan patroli rutin, briefing dan koordinasi lintas sektor dalam menjaga jalur backbone. Bahkan dilakukan pula ekspansi backbone dengan memasang fiber optic di lokasi event hingga ekosistem pendukungnya.

Ekspansi ini juga ditambah dengan pemasangan Node B Combat Telkomsel yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ICT di kawasan sirkuit hingga pengguna internet bisa mengakses jaringan hingga 7,22 Gbps.

Hal ini semata-mata dilakukan agar Sirkuit Mandalika yang bagus, ditunjang dengan keramahan Indonesia, bisa dikabarkan lebih luas ke penjuru dunia berkat jaringan Indihome yang merupakan internetnya Indonesia yang luas, ngebut, dan stabil.

Responses (36)

    1. IndiHome mah emang keren. Sebagai Internetnya Indonesia sudah sepantasnya turut andil di acara yang akan disaksikan oleh seluruh dunia seperti ini. Agar akses internet disini nanti bisa cepat dan tanpa hambatan.

  1. Mau bagaimanapun, Indihome tetap jadi pilihan utama untuk infrastruktur teknologi informasi. Meski demikian, Indihome juga tetap harus terus menerut meningkatkan kapasitas dan kualitas layanannya.

  2. Indihome gerak cepet ya. Bener sih, harus udah mapan semua fasilitas di Mandalika. Biar kegiatan di sana yang membutuhkan internet bisa lancar. Ngga ada kendala. Mana tempatnya keren banget. Semoga aja suatu saat bisa nonton langsung di sana

  3. Mandalika Wisatanya udah keren, ditambah ada sirkuit bertaraf internasional peluang yg bagus untuk mengenal kan Indonesia lebih luas apalagi kalau dukung jaringan internet yang memadai

  4. Wah keren ya sepak terjang indihome bisa nyampe sirkuit mandalika hehe, semoga ini adalah pengawal bangkitnya sistem jaringan internet yang semakin kencang di era digitalisasi masyarakat Indonesia. Aamiin.

  5. Support Indihome untuk mensukseskan perhelatan tahun 2022 nanti tak tanggung-tanggung. Hal positif senantiasa mengiringi. Bukan hanya Mandalika, semoga manfaat Indihome senantiasa melingkupi Indonesia.

  6. Wah, internet di arena sirkuit gini paling penting ya. Apalagi pas ada race. Media terutama TV yang menyiarkan harus punya internet ngebut nih untuk siaran langsung.

  7. Mantap, para pembalap bisa ngebut di track yang bagus. Penonton dan wartawan juga bisa ngebut menyampaikan pada dunia apa yang mereka lihat dan rasakan di area sirkuit mandalika

  8. ajang bergengsi seperti ini jelas harus didukung maksimal seperti yang dilakukan oleh Indihome dengan adanya patroli rutin di jalur backbone. dengan kecepatan jaringan internet yang stabil, kita bisa mengikuti proses perlombaan meski dari rumah.

  9. Keren nih IndiHome, bisa support dengan cepat beragam kegiatan teknologi informasi negeri yang menjangkau internasional, termasuk di Sirkuit Mandalika ya

  10. Syukurlah, WSBK bukan kemarin di Mandalika dapat berjalan dengan lancar berkat kontribusi dari Tim Bantek Telkom Jawa dan Bali yang ditugaskan secara khusus untuk membangun jaringan ICT.

  11. Wah iya kah IndiHome sampai ke Mandaika? keren juga ya semoga IndiHome semakin menjangkau lapisan daerah terpencil ya spya masyarakat pedalaman ikut merasakan layanan internet juga

  12. Keren banget kl sambungan internet kenceng kayak motoGP yahh,, IndiHome pasang jaringan fiber optic di lokasi sirkuit, di jalur backbone, notes. Pantesan balepan sama Jonathan Rea dkk, hihi

  13. IndiHome memang pilihan tepat dan terbaik si. Udah gitu totalitas banget kalau memberikan dukungan. Keren dan apresiasi banget buat IndiHome. Karena selalu kasih pelayanan terbaik, dan jaringan internet nya juga cepet jadi nggak perlu emosi karena internet lelet

  14. Ternyata sisi lain dari Sirkuit Mandalika yang dibicarakan orang itu, adalah Indihome yang berkontribusi besar dalam penyediaan akses internet cepat. Sehingga kita bisa pantau beritanya dari mana saja. Luar biasa Indihome.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *