5 Fitur Huawei Mate 40 Pro yang Membuatnya Layak Dibanderol 16 Juta

- Advertisement -

Huawei Mate 40 Pro – Dijauhi berbagai jenama teknologi akibat perang dagang China-AS, membuat Huawei tak gentar. Mereka tetap melenggang dengan berbagai produk mutakhirnya. Terakhir pabrikan andalan China ini merilis Huawei Mate 40 Pro di Indonesia pada Selasa (15/12) kemarin dengan harga yang cukup mentereng.

Buat yang belum mengetahui Mate Series dari Huawei ini, mungkin perlu dijelaskan sedikit. Jadi pada tingkatan flagship, Huawei memiliki dua jenis smartphone. Yang pertama ada P Series yang tersohor dengan fitur kameranya, dan kedua ada Mate Series yang lebih ke arah multimedia.

Keduanya memang hampir setara dalam soal spesifikasi, sehingga kerap dianggap sama saja. Namun Huawei tentu punya tujuan lain dalam membedakan nama dari dua seri tersebut. Buat para pengguna yang berharap fitur-fitur paling mutakhir dalam kamera ponselnya, tentu diarahkan untuk meminang P Series saja.

Untuk Mate Series seperti Huawei Mate 40 Pro ini, pabrikan China tersebut  menyasar mereka yang lebih memperhatikan gaya hidup. Makanya pada Mate Series senantiasa diberikan berbagai fitur unik yang tak hanya berfokus pada soal kamera dan fitur fotografi saja. Meski fitur yang satu itu tetap diperhatikan.

- Advertisement -

Setidaknya ada lima fitur yang membuat Huawei Mate 40 Pro layak dibanderol Rp15.999.000,00.

Desain dan Layar Menawan

Dari tampilan depan, Huawei Mate 40 Pro tampak kalem dan sederhana. Tapi siapa tahu dibalik itu ponsel ini menyimpan kemampuan luar biasa dalam menampilkan performa keseluruhan ponsel dalam sebuah layar selebar 6,76 inchi.

Layar dengan panel OLED yang melengkung di tepi ini memiliki screen-to-body ratio ~94.1% ini memiliki resolusi 1344 x 2772. Selain itu fitur lain dari layar ini adalah memiliki kemampuan untuk menghasilkan format HDR10 dengan refresh rate di angka 90Hz.

Layar dan keseluruhan bodi ponsel ini mendapatkan sertifikasi IP68, yang berarti tahan terhadap cipratan air dan debu sehingga ponsel terlindungi dengan baik.

Dapur Pacu Kirin 9000 5G

Huawei merupakan satu-satunya pabrikan yang nyaris tak bergantung pada pabrikan chipset sejuta ponsel, Qualcomm. Pasalnya dengan chipset Kirin yang mereka miliki, ponsel-ponsel Huawei tetap bisa diandalkan.

Bahkan saat artikel ini ditulis, Huawei Mate 40 Pro dengan Kirin 9000 5G berada di urutan pertama AntuTu sebagai ponsel dengan skor tertinggi. Angkanya mencapai 661.059. Berada dibawahnya adalah ponsel gaming ROG Phone 3 dari ASUS yang menggunakan Snapdragon 865+.

Kirin 9000 merupakan chipset inhouse dengan fabrikasi 5nm. Chipset ini selain menjadi salah satu bukti kemandirian Huawei dalam membuat ponsel pintar, juga menjadi andalan dalam melesatkan ponsel flagship Huawei dengan performa bagus.

Menurut Huawei, Kirin 9000 ini punya 15,1 miliar transistor sehingga mampu melesatkan kemampuan chipset lebih cepat hingga 10% dibandingkan Snapdragon 865+. Bahkan GPU Mali G78  MP24 mampu meningkatkan performa grafis hingga 52%.

Kamera dari Leica Optics

Di bagian belakang, Huawei Mate 40 Pro memiliki tiga kamera yang memiliki konfigurasi berbeda. Kamera pertama sebagai kamera utama memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan f/1.9. Kamera selanjutnya disebut dengan kamera ultra-wide yang memiliki resolusi 20 MP dengan bukaan f/1.8. Sedangkan yang terakhir adalah kamera telephoto dengan resolusi 12 MP dengan bukaan f/3.4.

Kamera utama tadi masih dibekali dengan lensa dari Leica Optics yang memberikan hasil yang jernih dan menjadi alasan mengapa kamera Huawei Mate 40 Pro bisa diandalkan.

Sementara itu di bagian depan, Mate 40 Pro dibekali dengan dua kamera selfie. Salah satu kamera depan itu memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan f/2.4. Sementara satu lagi difungsikan sebagai depth sensor.

Baik kamera depan dan kamera belakang Huawei Mate 40 Pro ini menempati urutan teratas dalam skor yang dikeluarkan oleh DxOMark. Skor kamera belakang mencapai 136, sedikit lebih rendah dibandingkan Huawe Mate 40 Pro+ yang mendapatkan skor 139. Sementara itu kamera depannya mencapai 106, paling tinggi.

AI Gesture Control

Salah satu hal yang membuat Huawei mate 40 Pro mencapai belasan juta adalah salah satu fitur yang disebut AI Gesture Control. Fitur ini mampu mengendalikan berbagai macam aktivitas ketika menggunakan ponsel ini.

Fitur AI Gesture Control ini terdiri dari berbagai macam isyarat gerakan didepan layar ponsel. Gunanya tentu saja banyak. Misalnya ketika tangan kamu kotor dan tak mau menyentuh ponsel, maka cukup dengan menghadapkan telapak tangan didepan layar, maka layarnya bisa terbuka.

Aneka ragam dari fitur AI Gesture Control ini antara lain Air Wake, Air Swipe, Air Scroll, Air Press, Eye Control, dan Air Answering.

Charging Super Cepat

Kapasitas daya dari Huawei Mate 40 Pro mencapai 4400 mAh. Jangan anggap kecil daya sebesar ini, sebab dengan ukuran tersebut, ponsel ini mampu bertahan seharian dengan pemakaian normal.

Yang menarik adalah baterai tersebut bisa diisi daya secara cepat dengan fitur 66 W Huawei SuperCharge dan wireless 50 W Huawei Supercharge. Keduanya mampu mengisi secara cepat baterai 4.400 mAh tersebut dalam waktu yang singkat.

Spesifikasi dan Harga Huawei Mate 40 Pro

Inilah spesifikasi lengkap Huawei Mate 40 Pro:

SpesifikasiKeterangan
Dimensi dan Layar162.9 x 75.5 x 9.1 mm, layar 6,76 inci Flex OLED (2.772 x 1.344 piksel), refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 240 Hz
Chipset, CPU, dan GPUKirin 9000 5G, Octa-core (1×3.13 GHz Cortex-A77 & 3×2.54 GHz Cortex-A77 & 4×2.05 GHz Cortex-A55), GPU: Mali-G78.
Kartu SIMDual SIM Hybrid (Nano SIM – Nano Memory)
RAM dan memori8 GB/256 GB (bisa diperluas melalui Nano Memory)
Kamera DepanKamera 13 MP (f/2.4), TOF 3D, (depth/biometrics sensor)
Kamera BelakangKamera utama 50 MP (f/1.9)
Kamera ultra-wide 20 MP (f/1.8)
Kamera periskop 12 MP (f/3.4)
Sistem OperasiEMUI 11 (Android 10)
Baterai4.400 mAh, fast charging 66 Watt, wireless charging 50 watt
Fitur LainNFC, Fingerprint in-display, dual stereo speaker, Bluetooth 5.2, USB Type-C 3.1, USB On-The-Go
WarnaMystic Silver
HargaRp15.999.000
- Advertisement -
huawei mate 40 pro
Bang Doel
Blogger yang hobi ngopi, ngemil, dan motret.

Latest articles

Artikel Terkait

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here