Harga dan Spesifikasi Huawei Mate 30 Pro Terbaru Resmi di Indonesia

0

Huawei akhirnya merilis Huawei Mate 30 Pro di Indonesia. Meski telat dua bulan sejak dirilis secara global, smartphone penerus Mate 20 Pro tersebut tetap terjun ke pasar flagship tanah air. Harga dan spesifikasi smartphone ini cukup menggiurkan.

Dilihat dari spesifikasi, Mate 30 Pro memenuhi semua ekspektasi sebagai smartphone flagship. Mulai dari desain premium, layar cemerlang, kamera menakjubkan, hingga performa jeroan yang ngebut.

Sayangnya kelemahan –kalaupun boleh disebut kelemahan– dari smartphone ini adalah ketiadaan layanan Google. Sebab pada saat diproduksi, Huawei sedang dilarang oleh Amerika Serikat untuk bekerjasama dengan seluruh perusahaan di negeri Paman Sam itu. Namun Huawei sudah menyiapkan jalan keluar untuk masalah ini.

Huawei mate 30 pro

Layar

Smartphone ini memiliki layar yang terbuat dari panel OLED dengan ukuran 6,53 inci dan resolusi 2.400 x 1.176 piksel. Rasio aspek mencapai 18,5:9.

Yang unik dari layar ini adalah tepinya yang melengkung. Huawei mengistilahkannya sebagai “Horizon Display”. Karena lengkungannya inilah membuat tombol fisik hilang. Sebagai gantinya Huawei membenamkan on-screen slider yang bisa memunculkan tombol digital pada lengkungan layar ini ketika diketuk dua kali.

Huawei masih mengandalkan poni yang cukup lebar untuk menempatkan beberapa sensor dan kamera depan. Meski sedikit mengganggu layar, poni ini tidak terlalu mengganggu nuansa premiumnya.

Kamera

Meski seri Mate tidak begitu diunggulkan dibandingkan seri P, tetap saja sebagai smartphone premium, kamera Mate 30 Pro layak diandalkan.

Berbekal empat kamera yang terdiri atas kamera wide 40 MP (f/1.6, 27mm, OIS) Super Sensing, kamera ultra wide Cine 40 MP (f/1.8, 18mm) SuperSensing camera, kamera telephoto 8 MP (f/2.4, 80 mm, OIS) dengan 3x optical zoom, dan kamera 3D ToF, Mate 30 Pro jelas bukan main-main terjun di perseteruan fotografi smartphone.

Meskipun bukan jadi patokan pasti, skor DXOMark dari smartphone ini boleh membuat siapapun berdecak kagum. Pasalnya ia jauh mengungguli kompetitornya dengan skor 121. Ya, paling tinggi hingga artikel ini ditulis.

Dapur Pacu

Untuk sektor dapur pacu, Mate 30 Pro mengandalkan HiSilicon Kirin 990 dengan fabrikasi 7nm. Chipset ini merupakan versi paling tinggi dari chipset in-house buatan Huawei.

Sayangnya diatas kertas Kirin 990 ini tetap kalah dari Snapdragon 855 milik Qualcomm dan A13 Bionic yang diproduksi Apple. Keunggulannya tentu karena Kirin dioptimasi untuk EMUI 10 berbasis Android 10. Chipset ini dipadu dengan RAM 8 GB dan memori internal sebesar 256 GB.

Mate 30 Pro memang masih memakai Android versi terbaru. Namun ia tak mendapat pembaruan dari Google dan bahkan tidak memiliki ekosistem Google alias Google Play Service selayaknya smartphone Android lainnya. Sebagai gantinya, Huawei Mobile Service (HMS).

HMS ini bukan barang baru. Sebab mereka sudah terbiasa menggunakannya di China. Di negeri tirai bambu itu ekosistem Google masih dilarang, sehingga pabrikan smartphone kreatif menciptakan ekosistem mereka sendiri. Dan sebagai ganti Play Store, Huawei pun menyiapkan Huawei App Gallery.

Harga

Sebelumnya Huawei telah membuka pre-order pada 15-22 November 2019 untuk pemesanan Mate 30 Pro. Banyak bonus yang disiapkan bagi pemesan pada tanggal tersebut. Bagi yang ketinggalan bisa melakukannya pada 23-29 November 2019.

Harganya sendiri dibanderol di angka Rp12.499.000,00. Harga yang terbilang sedikit mahal dibanding versi global yang ada di angka $807 atau Rp11-jutaan. Namun dengan beragam penawaran dan bonus, rasanya Mate 30 Pro ini layak dalam genggaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here