Huawei Bisa Berbisnis dengan Perusahaan Amerika Serikat Lagi

0

Perusahaan Amerika Serikat akhirnya bisa kembali berbisnis dengan Huawei. Larangan bagi mereka untuk melakukan tansaksi bisnis dengan pabrikan teknologi asal China ini dicabut menyusul sebuah konferensi Donald Trump di Jepang.

Namun pencabutan ini rupanya masih bersyarat. Sebab meski secara lisan larangan tersebut sudah dicabut, Huawei dan 68 anak usahanya masih masuk di dalam entity list yang dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan Amerika Serikat.

“Perusahaan Amerika bisa menjual kembali komponennya ke Huawei,” kata Trump di sela-sela pertemuan G20 di Osaka, Sabtu (29/06).

Trump menjelaskan kalau perusahaan AS bisa berbisnis kembali dengan Huawei asal komponen yang dijual itu tidak menimbulkan resiko keamanan nasional. Menurutnya, saat ini sedang dirumuskan kembali apa saja yang akan dicabut dan apa saja yang bakal dipertahankan. Sebagian orang sebetulnya gamang dengan pernyataan Trump ini.

Meski muncul kegamangan di sebagian pengamat industri Amerika, pernyataan Huawei ini merupakan angin segar. Pasalnya rantai distribusi perusahaan Amerika bakal kembali normal. Huawei pun meski mampu bertahan dengan larangan tersebut tetap bisa melanjutkan bisnisnya dengan melakukan penyetokan berbagai komponen dan membuat sistem operasi sendiri untuk mengganti Android dari Google.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here