fbpx
Rabu, September 29, 2021
BerandaKomputerHP Pavilion 15 eh0014na: Harga dan Spesifikasi

HP Pavilion 15 eh0014na: Harga dan Spesifikasi

Kopitekno.com – Lini Pavilion dari Hewlett-Packard (HP) memang menyasar segmen pengguna laptop mid-range. Begitu juga ketika HP merilis HP Pavilion 15, sebuah laptop berlayar 15 inci yang tangguh.

Secara singkat, laptop ini memiliki hardware yang mumpuni. Yang dimulai dari AMD Ryzen 7 prosesor 4th-gen, RAM 16 GB, SSD 512 GB, dan tentu saja layar 15,3 inci yang mendukung touch-screen.

- Advertisement -

Lantas seperti apakah HP Pavilion 15 ini secara lengkap? Berapa harga dan spesifikasinya? Mari kita simak dalam artikel berikut ini.

Desain

Keseluruhan desainnya dikemas sangat menawan dan cukup atraktif. Tipis banget juga tidak, tapi tebal juga enggak.

Bicara soal tipis, bisa dimulai dari frame layar yang bisa diklaim masuk kategori tipis saat ini di pasaran. Namun tenang saja, HP tetap memberikan ketahanan yang maksimum pada layar ini. Apalagi untuk menopang layarnya yang mendukung touch-screen tadi.

Buat kamu yang memperhatikan bodi HP Pavilion 15 ini dengan seksama, maka bakal ketemu dengan sedikit lengkungan. Ini terlihat ketika layar tesebut ditungkupkan dengan bodi dibawahnya, alias engselnya ditutup.

- Advertisement -

Terlihat ada lengkungan yang kabarnya rumornya diakibatkan oleh adaptasi sasis HP terhadap prosesor Ryzen 7. Namun apakah ini merupakan bagian dari estetika yang ditampilkan oleh desiner HP? Kita tak tahu. Namun yang jelas laptop ini tak masalah ketika diletakkan di bidang datar.

Ada yang cukup disayangkan dari desain laptop HP ini, yakni keberadaan keyboard yang sudah enak dan lebar, namun tanpa disertai backlit. Mungkin kesannya sepele, sebab layar laptop bisa menjadi sinar bagi keyboard. Namun tetap saja lampu dari bawah keyboard bisa sangat membantu.

Port dalam laptop ini juga sudah cukup lengkap. Ada colokan USB Type-A, Type-C, HDMI, serta pembaca micro-SD.

Performa

HP Pavilion 15 memakai AMD sebagai jeroan mereka, tepatnya AMD Ryzen 7 4700U. Prosesor ini merupakan generasi keempat dari AMD.

Prosesor ini tentu saja masih cukup kuat untuk dibawa bermain game yang berat-berat. Meski kurang memberikan performa yang optimal, namun tentu saja dengan Radeon Graphics yang cukup standar bisa membawa pengalaman gaming kamu cukup imersif.

Kemampuan Radeon Graphics yang dipakai ini nyaris sama dengan Nvidia GeForce GTX 960M yang dirilis pada 2015 silam. Memang jadul, tapi masih cukup kuat.

Dukungan bermain game yang imersif juga bisa didapatkan dari layar yang memiliki resolusi 1920×1080 piksel. Namun karena layar dengan panel IPS memakai touchscreen, jadi ya mesti sering-sering pula membersihkan sisa-sisa sidik jari yang mungkin menempel.

HP Pavilion 15 Buat Siapa?

Segmentasi HP Pavilion 15 ini tentu sama seperti lini Pavilion pada umumnya. Yakni buat mereka yang berada pada level mid-range. Meski begitu tentu saja tak semua pengguna mid-range bakal cocok dengan laptop ini.

Terutama buat kamu yang bekerja sebagai desainer grafis dengan kategori membuat gambar maupun video 3D. Laptop ini tak cukup hebat. Dan laptop ini juga sedikit berat buat kamu yang punya mobilitas tinggi. Apalagi daya hidup baterainya hanya bertahan 6 jam saja.

Kamu bakal cocok memakai laptop ini jika pekerjaan kamu menggunakan laptop yang sedikit diatas standar pada umumnya. Ditambah dengan layar yang istimewa, touch-screen, dan tampilannya luas. Dan tentu sesuai dengan budgetnya.

Spesifikasi

Inilah spesifikasi dari HP Pavilion 15:

SpesifikasiDetail
ProsesorAMD Ryzen 7 4700U (2.0 GHz base clock, up to 4.1 GHz max boost clock, 8 MB L3 cache, 8 cores)
GrafisAMD Radeon Graphics (7-core, 1600MHz)
RAM16GB DDR4 (3200MHz)
Layar15.6-inch, 1920 x 1080 IPS dengan touch screen
Hardisk512GB SSD
Port1 x USB Type-C (10Gbps, power delivery, DisplayPort 1.4, HP Sleep and Charge), 2x USB Type-A (5Gbps), 1x HDMI 2.0, 1x combo jack
KonektivitasRealtek RTL8822CE 802.11a/b/g/n/ac (2×2) Wi-Fi and Bluetooth 5.0 combo
KameraHP Wide Vision 720p camera
Berat1.75kg
Dimensi14.17 x 9.2 x 0.7 inches (36 x 23.4 x 1.8 cm; W x D x H)
Harga£850 (Rp16 jutaan)
Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Berita Terkini