fbpx
Rabu, September 29, 2021
BerandaPonsel8 Cara Memilih HP Android Murah dan Berkualitas

8 Cara Memilih HP Android Murah dan Berkualitas

Banyak yang bilang memilih HP Android murah dan berkualitas itu hanya soal untung-untungan. Tapi kalau kamu memahami tipsnya, maka keberuntungan itu bisa diubah menjadi keuntungan.

HP, handphone, telepon seluler, atau ponsel merupakan perangkat penting yang menunjang komunikasi antar manusia saat ini. Harganya pun sudah semakin terjangkau jika dibandingkan beberapa tahun kebelakang.

- Advertisement -

Namun yang namanya prinsip ekonomi, yakni keinginan untuk membeli barang yang berkualitas dengan harga yang sekecil mungkin tetap jadi kebiasaan banyak orang. Apakah termasuk kamu?

Nah, jika kamu bukan termasuk orang yang memiliki prinsip “gak apa-apa mahal, asal bagus”, maka silakan ikuti tips di artikel ini sampai habis.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

HP Android murah dan berkualitas

Saat ini banyak pabrikan yang sudah memahami kebutuhan konsumennya. Mereka sudah membuatkan setelan pabrik agar sebuah ponsel bisa dibanderol dengan murah dengan menghapuskan fitur-fitur demi memangkas harga.

Misalnya sebuah ponsel ditargetkan untuk menyasar mereka yang pengin bermain game dan tak peduli dengan kamera. Maka fitur kameranya asal saja, yang penting bisa diajak memotret meski sedikit burik.

- Advertisement -

Ponsel semacam itu tentu sudah memangkas sektor kamera dan bisa menyuguhkan sebuah perangkat yang dibutuhkan oleh penyuka game dengan harga yang relatif terjangkau.

Ada lagi yang kebalikannya. Yakni hanya mementingkan sektor kamera, tanpa peduli dengan sektor yang lainnya.

Ponsel sejenis ini biasanya dimiliki oleh ponsel di kelas menengah kebawah. Kamu bisa melirik realme atau Redmi untuk kebutuhan ini.

Oleh karena itu, silakan pilih-pilih dengan baik sesuai kebutuhan kamu agar bisa mendapatkan HP Android yang murah namun tetap mengedepankan kualitas.

Jangan Termakan Promosi

Tentu tak ada yang jelek pada sebuah promosi hp. Namun adakalanya promosi ini bukan saja mengumbar yang baik-baiknya saja dari hp sendiri, tapi juga menyebut kejelekan kompetitor.

Pada akhirnya promosi semacam ini bukan saja tidak sehat, namun bisa mengaburkan pengetahuan tentang hp yang baik.

Misalnya komparasi hp satu dengan hp yang lain yang hanya dilihat pada satu sisi saja. Padahal satu sisi bahkan gabungan berbagai sisi dari sebuah hp, tidak serta merta membuat hp itu bagus atau jelek.

Intinya banyak sektor yang mesti dipertimbangkan.

Pilih Layar yang Luas

HP Android murah dan berkualitas

Pilihan ini cukup dilematis. Sebab untuk mendapatkan layar yang luas, pabrikan HP bisa jadi memangkas jenis panel layar yang dipakai. Misalnya dari AMOLED ke IPS LCD.

Bahkan IPS LCD juga meskipun tak semahal AMOLED, tetap memiliki variasi yang bisa dipergunakan brand untuk menekan harga HP. Misalnya soal refresh rate, kecerahan, maupun touch sampling rate.

Untunglah saat ini HP Android murah sudah menyediakan layar yang cukup luas. Rata-rata sudah di angka 6 inci. Sehingga pilihannya cukup beragam. Kamu hanya perlu melihat apakah kecerahannya sesuai dengan kebutuhan kamu. Angka kecerahan ini ditunjukkan dengan satuan nits.

Pelajari Chipset yang Dipakai

HP Android murah dan berkualitas

Apakah HP Android itu memakai chipset Snapdragon atau MediaTek? Atau bahkan Exynos? Jawaban soal chipset ini memang bisa menentukan kualitas dan harga.

Yang jadi pertanyaan selanjutnya, manakah diantara chipset itu yang terbaik? Untuk ukuran budget tertinggi, maka Snapdragon tetap yang terbaik. Tapi tentu saja jika kamu memilih MediaTek, bukan berarti HP Android kamu berkualitas buruk.

Ini soal pilihan saja yang disesuaikan dengan budget. Sebab HP dengan chipset MediaTek bisa memiliki harga yang lebih murah dibandingkan HP Android dengan chipset Snapdragon. Dengan catatan kedua chipset ini berada di kelas yang sama.

Tentu saja kembali lagi pada kebutuhan kamu dalam membeli HP. Sebab mau chipsetnya apapun, selama kebutuhan kamu terpenuhi di harga yang lebih terjangkau, ya ambil saja.

Lalu buat apa kita mempelajari chipset kalau pada akhirnya mengambil HP dengan harga yang lebih murah? Ini kembali lagi kepada kebutuhan. Sebab adakalanya pada tasking tertentu, HP dengan MediaTek kerap bermasalah.

Ditambah lagi ada pabrikan yang kerap tidak mencantumkan chipset apa yang mereka pakai di HP buatan mereka. Jadi ya perlu ketelitian kita sebagai konsumen, dong.

Perhatikan Kebutuhan RAM dan Memori Internal

Kode-kode dalam kemasan HP kerap mencantumkan 4/64, 4/128, 6/256, 8/512, dan seterusnya. Kode-kode ini merupakan kombinasi antara RAM dengan memori internal dengan satuan Giga Byte atau GB.

Setiap HP android memiliki perbedaan seperti ini. Bahkan untuk HP yang masih satu tipe, RAM dan memorinya bisa saja berbeda. Untuk itu silakan perhatikan dengan seksama.

Kalau kamu hanya membutuhkan HP dengan performa biasa-biasa saja, yang hanya bisa dipergunakan untuk media sosial, chatting, dan seterusnya dengan kerja-kerja ringan, silakan ambil RAM dan memori yang rendah untuk menekan harga.

Kalau kebutuhannya lebih tinggi, ya mau tak mau kamu mesti mengambil HP Android yang RAM dan memorinya lebih tinggi lagi. Sebab kedua komponen ini sangat berpengaruh pada kinerja HP.

Sayangnya perbedaan RAM dan memori internal ini juga membuat perbedaan harga jadi cukup mencolok. Maka silakan pertimbangkan baik-baik agar kamu bisa memilih HP Android yang murah berkualitas.

Pastikan Kamera yang Fungsional

HP Android murah dan berkualitas

Percayalah saat ini sudah bukan zamannya lagi kamera VGA yang menghasilkan gambar berpelangi. Sekarang HP Android paling murah sekalipun bisa menghasilkan gambar yang jauh lebih baik dibandingkan ponsel zaman dulu dengan kamera VGA.

Yang perlu dicatat adalah sebuah kualitas kamera tidak ditentukan oleh besaran megapiksel yang tertera pada lembaran spesifikasi. Ada lapisan faktor yang kompleks untuk mengukur kualitas sebuah kamera.

Kamu tak perlu pusing untuk menemukan HP dengan kamera yang bagus. Sebab jika ukuran bagusnya adalah perbandingan dengan kamera mirrorless atau DSLR, maka tak akan kamu temukan di rentang harga yang ‘terjangkau’.

Kamu hanya perlu memastikan apakah fungsi kamera itu berjalan dengan baik dan bukan sekadar gimmick. Misalnya HP Android dengan triple camera, ternyata yang berfungsi hanya satu. Yang duanya hiasan saja agar harganya bisa lebih tinggi. Hati-hati, HP semacam ini banyak.

Lihat Material yang Dipakai

HP Android murah dan berkualitas

HP Android di rentang harga yang murah, tentu tak akan memakai material kaca seperti HP flagship. Makanya pilihan yang tersedia biasanya hanya plastik polycarbonate.

Untuk melihat apakah HP murah dengan material plastik ini bagus atau tidak bisa dilihat dari bagaimana body build-nya. Maksudnya apakah perakitan plastik body dengan komponen rangka dan mesin didalamnya rapi.

Hal ini tidak memerlukan spesialisasi tukang reparasi HP, sebab kamu juga bisa melakukannya hanya dengan melihatnya dari luar.

Perhatikan dengan baik detail sambungannya. Simak juga permukaan body yang menjadi cover HP tersebut. Jika tidak rata, sebaiknya urungkan saja minat kamu membeli HP Android tersebut.

Keberadaan Layanan Purna Jual

Untuk soal hp, tidak ada orang yang setia bertahun-tahun dengan satu hp saja. Bahkan ada yang mengganti hp ketika ada hp baru dalam kurun kurang dari setahun.

Jika pabrikan hp kamu bagus, ia akan menjamin layanan purna jual seperti mengadakan trade-in agar kamu tidak rugi-rugi amat ketika berganti hp.

Layanan purna jual juga bisa diaplikasikan dengan menyediakan tempat servis resmi di banyak kota. Sehingga ketika kamu membeli hp meski harganya murah tetap memiliki jaminan ketika hp tersebut mengalami kerusakan.

Itulah tips untuk memilih HP Android murah berkualitas. Saran yang terakhir sebetulnya soal budget. Sebab budget yang tinggi, tentu bisa mendapatkan HP dengan spesifikasi yang lebih tinggi lagi.

Upayakan untuk memaksimalkan budget terlebih dahulu sebelum pergi ke konter. Sehingga kamu memiliki lebih banyak pilihan HP Android yang bisa dipakai untuk jangka yang panjang.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Berita Terkini