HOOQ Ditutup Pasca Pemegang Saham Cabut, Ada Apa?

0
hooq ditutup

Gonjang-ganjing memang menimpa HOOQ sejak 27 Maret lalu. Layanan streaming digital ini dirumorkan bakal ditutup setelah para pemegang saham memutuskan untuk melikuidasi perusahaan. Dan sekarang terjawab sudah, bahwa Hooq ditutup.

Kabar ini disampaikan oleh Country Head Hooq Indonesia, Guntur Siboro, kepada media pada Minggu (26/04) sore. Menurutnya layanan Hooq bakal berhenti total pada 30 April mendatang setelah pada 27 Maret tersebut perusahaan tersebut dilikuidasi.

hooq ditutup

Tentang Hooq

Hooq merupakan perusahaan joint venture yang didirikan sejak 2015. Gabungan perusahaannya antara lain Singapore Telecommunication Ltd (Singtel), Sony Picture Television, dan Warner Bros Entertainment. Kepemilikan saham terbesar dipegang oleh Singtel yang mencapai 65%. Dan Singtel berharap likuidasi ini tidak berdampak secara materi pada aset perusahaan.

Aplikasinya sudah beroperasi di Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, dan India. Hooq sendiri mengklaim jumlah penggunanya saat ini mencapai 80 juta. Namun Hooq ditutup karena gagal meraih profit secara berkelanjutan. Hal in diakibatkan layanan ini tidak tumbuh secara cepat. Sementara disisi yang lain biaya operasional dan produksi terus meningkat.

Nasib Pelanggan

Buat yang sudah berlangganan, Hooq menjamin tidak akan ada penambahan biaya apapun. Langganan itu tetap akan berjalan. Setelah dilikuidasi, Hooq tidak menerima pelanggan baru. Oleh karenanya praktis sebelum Hooq ditutup sudah tidak ada lagi pelanggan yang masih berlangganan.

Sebelumnya Hooq memang melakukan kerjasama dengan sejumlah operator seluler di Indonesia. Smartfren dan Telkom diajak guna meningkatkan jumlah pengguna Hooq. Sistem paket pembelian kuota pun dilakukan sebagai strategi. Selain operator seluler, Hooq juga pernah menjalin kerjasama dengan Grab. Namun sebagaimana terlihat, beberapa cara itu tidak kunjung membuat Hooq bersaing dengan aplikasi sejenis, terutama Netflix.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here