Samsung Galaxy Note 20 Ultra: Harga dan Spesifikasi Lengkap

0
samsung galaxy note 20 ultra

Galaxy Note 20 Series akhirnya dirilis Samsung pada ajang Galaxy Unpacked 2020 tempo hari. Note Series ini memiliki dua versi yang dibedakan berdasarkan ukuran layarnya, yakni Samsung Galaxy Note 20 dan Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

Ada satu hal di Samsung Galaxy Note 20 Ultra yang benar-benar tidak akan ditemukan di Samsung Galaxy Note 20, yakni keberadaan kamera periskop. Soal ini akan dibahas pada bagian kamera dibawah. Sekarang seperti apakah sentuhan desainer Samsung pada Galaxy Note 20 Ultra ini.

Desain

Sentuhan premium langsung terasa manakala melihat flagship dari Samsung ini. Galaxy Note 20 Ultra memiliki frame dari baja yang diselubungi dengan aluminum. Desain ini sebelumnya dipakai oleh Apple pada iPhone X, sekarang Samsung juga menggunakannya.

Satu hal menarik dari bodi depan dan belakang Galaxy Note 20 Ultra adalah keberadaan bodi premium yang didapatkan dari kaca terbaru pabrikan Corning. Pabrikan tersebut baru saja membuat Gorilla Glass Victus dan langsung debut pada ponel flagship ini.

Gorilla Glass Victus yang membungkus bodi sutra matte Galaxy Note 20 Ultra ini terbuat dari polycarbonate. Klaimnya pelindung ini lebih kuat dari Gorilla Glass 6 yang sudah diklaim cukup kuat menahan benturan dan goresan. Sayangnya pelindung ini tidak membungkus bingkai kamera, sebab ‘hanya’ dilapisi Corning Gorilla Glass 5 saja.

Secara keseluruhan dimensinya 77.2 x 164.8 x 8.1mm dengan berat 208g. Bentuk ponsel ini sedikit kotak dengan sudut-sudut yang hampir terkesan meruncing, khas Note Series sejak lama.

Ada yang tak boleh ketinggalan dari Note Series, yakni S-Pen. Pena yang menjadi karakteristik dari Note Series tersebut fitur-fiturnya telah ditingkatkan sejak Note 10 silam. Sehingga pada Note 20 Series kali ini Samsung cukup meningkatkan angka latensinya di posisi 26 ms.

S-Pen yang terletak pada lubang di sudut kiri bawah itu akan bekerja pada layar Galaxy Note 20 Ultra dengan bentang 6,9 inci. Layar ini memiliki resolusi 1440 x 3088 piksel dengan tingkat kecerahan hingga 1500 nits dan densitasnya 496 ppi.

Layar ini tentu merupakan masterpiece Samsung juga. Sebutannya adalah Dynamic AMOLED 2X, yang memiliki kemampuan tampilan layar lebih baik dari AMOLED pada umumnya yang diproduksi oleh Samsung.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Pada bagian dapur pacu, Samsung membenamkan chipset Exynos 990 dengan fabrikasi 7 nm+ untuk pasar global termasuk di Indonesia. Sementara itu untuk pasar Amerika Serikat dibuat versi Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ dengan fabrikasi 7 nm+.

Kedua dapur pacu ini tentu dipasangkan dengan kartu grafis yang berbeda pula, yakni Mali-G77 MP11 untuk Exynos, dan Adreno 650 untuk Snapdragon. Buat pemakai keduanya, memang bakal terlihat ada perbedaan kecil, namun ya itulah hanya kecil sekali. Samsung berhasil membuat keduanya setara.

Sementara itu untuk pendamping dari chipset tersebut, Samsung memakai varian RAM 8 GB dan memori 256 GB, serta varian RAM 8 GB dan memori 512GB. Bahkan untuk memori internal sebesar ini, Samsung masih memberikan slot memori eksternal tipe microSDXC yang ditempatkan pada slot hybrid kartu SIM.

Pada bagian software, Samsung berjanji akan memberikan pembaruan Android hingga tiga tahun mendatang. Sehingga kalau setiap tahun ada Android baru, dan sekarang Android 10, maka dukungan pembaruan secara ketat akan diberikan hingga Android 13.

Dapur pacu ini ditopang oleh baterai dengn daya 45000 mAh yang didukung pula oleh fitur fast charging 25 Watt. Ponsel ini juga bisa memberikan daya kepada perangkat lain dengan fitur reverse wireless charging 9 Watt.

Kamera

Ada empat kamera yang terdapat di Galaxy Note 20 Ultra ini. Yakni satu ditempatkan di depan sebagai kamera selfie, sementara tiga lagi berada di belakang. Kamera depan terletak di lubang punch hole pada layar, sementara tiga kamera belakang dibungkus oleh sebuah frame persegi panjang yang simpel dan elegan.

Untuk kamera depannya sendiri, Samsung meletakkan sebuah kamera dengan resolusi 10 MP dengan bukaan f/2.2. Kamera depan ini sangat memungkinkan untuk dipakai vlogging sebab mampu merekam video 4K pada 30/60 fps, maupun 1080p pada 30fps.

Pada bagian belakang ada tiga kamera yang diletakkan vertikal. Pertama ada kamera utama yang beresolusi 108 MP dengan bukaan f/1.8. Kamera ini berfungsi sebagai kamera wide atau pengambilan kamera dengan sudut yang cukup lebar.

Kamera kedua memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan f/3.0 yang memiliki fitur periscope telephoto. Telefoto dengan konsep periskop ini sebetulnya berfungsi untuk memangkas optik saja sehingga tidak diperlukan lensa yang memanjang atau memendek ketika melakukan zoom. Alhasil kamera ini mampu melakukan 5x optical zoom dan 50x hybrid zoom.

Sementara itu kamera ketiga berfungsi sebagai kamera ultrawide dengan kemampuan pengambilan sudut hingga 120˚. Kamera ini memiliki resolusi 12 MP dengan bukaan f/2.2.

Berbagai kemampuan rekaman video bisa dilakukan oleh kombinasi tiga kamera belakang ini. Yang paling tinggi adalah kamera belakang ini mampu mengambil video dengan resolusi 8K pada 24 fps. Cukup besar untuk membuat sebuah tayangan yang cukup dramatis.

samsung galaxy note 20 ultra

Harga dan Ketersediaan

Saat ini Samsung Galaxy Note 20 Ultra baru pre-order yang bisa dilakukan sejak tanggal 6 hingga 19 Agustus 2020. Untuk periode ini para pemesan akan mendapat hadiah bluetooth earphone Buds Live.

Ada tiga warna pilihan yang bisa dipesan, yakni Mystic Bronze (coklat), Mystic White (putih), dan Mystic Black (hitam). Samsung membanderol ponsel ini dengan harga mulai dari Rp17.999.000 untuk varian memori 256GB dan Rp19.999.000 untuk varian memori 512 GB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here