BerandaPonselHarga dan Spesifikasi Asus Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip Terbaru

Harga dan Spesifikasi Asus Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip Terbaru

Asus cukup konsisten untuk menabalkan diri sebagai produsen ponsel. Kali ini mereka hadir kembali membawa suksesor Zenfone 7, yakni Asus Zenfone 8 Series. Ada Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip.

Ketika banyak pabrikan membedakan jeroan pada masing-masing ponsel dalam satu seri, namun Asus mendobrak kebiasaan tersebut. Ia menyamakan jeroannya, namun membedakan desain luar seolah-olah kedua ponsel ini bukanlah satu seri.

Asus Zenfone 8

asus zenfone 8

Asus Zenfone 8 punya dimensi 148×678,5×8,9 mm dengan berat 169 gram. Layarnya memiliki lebar 5,9 inci. Meski cukup kecil untuk ukuran layar kekinian, namun ia memakai panel AMOLED dengan resolusi 1080p, dan rasio aspek 20:9. Layar ini juga dibekali dengan Gorilla Glass Victus.

Layar ini dibekali juga dengan refresh rate mencapai 120Hz dengan touch sampling rate 240Hz. Ada sertifikasi HDR10+ juga dengan color gamut DCI-P3 yang membuat warna terkalibrasi dengan baik. Kecerahannya mencapai 1.100 nits. Oh, iya layar ini juga membantu Asus Zenfone 8 bisa terpasang sensor sidik jari di layar.

Buat yang merasa tak nyaman dengan poni, sayangnya memang harus kecewa. Sebab ada titik kecil di sudut kanan layar untuk menempatkan kamera depan dengan resolusi 12MP. Kamera ini dibekali dengan sensor SONY IMX663 dengan piksel berukuran 1.22µm.

Pada bagian belakang ada kamera dengan sensor 64MP dengan sensor Sony IMX686 yang sama-sama digunakan oleh Zenfone 7. Sensor ini memiliki ukuran piksel 0,8µm dan sebuah filter Quad Bayer dan Dual Pixel Autofocus.

Kamera utama ini mampu merekam video hingga 8K pada 24fps dengan EIS. Sementara itu ada fitur Optical Image Stabilization (OIS) juga yang membuat pengambilan gambar lebih stabil.

Kamera kedua memiliki resolusi 12MP yang diperkuat juga oleh Sony IMX363. Kamera ini memiliki sensor berukuran 1.4µm dengan fitur autofokus Dual Pixel yang bisa dipergunakan untuk pengambilan foto makro dengan jarak terdekat 4cm.

Urusan audio Asus Zenfone 8 ini ternyata tak main-main. Ada audio jack 3,5mm, dua speaker dengan Cirrus Logic mono-ampli (CS35L45) serta dukungan dari Dirac HD Sound. Untuk pengaturan audio, Asus membekalinya dengan aplikasi Audio Wizard yang bisa mengatur equalizer dengan sangat baik.

Sementara itu dapur pacunya memakai Snapdragon 888. Chipset ini bakal ditemani oleh variasi RAM mulai dari 6GB hingga 16GB, serta memori 128 hingga 256GB. Nah, untuk sistem operasinya sendiri Asus menjamin ZenUI 8 berbasis Android 11 kali ini bakal lebih baik daripada stock Android.

Asus Zenfone 8 dibekali dengan daya baterai 4.000mAh. Baterai ini bisa diisi secara cepat dengan fitur 30W HyperCharge. Dan satu lagi, ponsel ini juga tersertifikasi IP68. Sekadar info, ini merupakan ponsel Asus yang pertama dengan sertifikasi anti air dan debu tersebut.

Untuk harganya sendiri, Asus baru merilis harga permulaan di angka €599 atau setara Rp10-jutaan. Tentu harga ini akan berubah-ubah tergantung variasi dan pasar di regional tertentu.

Asus Zenfone 8 Flip

asus zenfone 8

Asus Zenfone 8 Flip mungkin yang sering muncul pada rumor sebelum perilisan. Ponsel ini masih meneruskan tradisi sebelumnya dengan pemakaian kamera belakang yang bisa menjadi kamera depan, sehingga disebut flip.

Asus Zenfone 8 Flip memiliki spesifikasi yang sama dengan Asus Zenfone 8, yakni menggunakan Snapdragon 888. Hanya ya itu tadi, kedua ponsel ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok perihal desain.

Yang pertama tentu saja soal kamera belakang yang bisa berputar kedepan ini. Ia dibekali dengan modul motor, sensor sudut, serta lapisan metal yang kuat. Sehingga membuat fitur flip ini banyak membantu fotografer dalam membuat kreasi foto yang keren.

Tiga kamera yang ada didalam flip ini terdiri dari kamera utama 64MP dengan sensor Sony IMX686 namun tanpa kehadiran OIS. Kemudian kamera kedua memiliki resolusi 12MP dengan sensor dari Sony IMX363 untuk fitur ultra wide. Dan terakhir 8MP dengan sensor OmniVision untuk memotret telefoto.

Dengan keberadaan flip inilah layar bagian depan tak terganggu oleh poni atau semacamnya. Sehingga dengan panel AMOLED sebesar 6,67 inci dengan resolusi 1080p+, tampilan layar ini tak terinterupsi oleh apapun.

Layar ini menggunakan refresh rate 90Hz dengan touch sampling rate 200Hz yang dilindungi oleh Gorilla Glass 6. Namun layar ini tak secerah Asus Zenfone 8, sebab hanya 700 nits saja meski sama-sama memiliki sertifikasi HDR10+.

Bedanya dengan Zenfone 7, ponsel ini sudah memakai sensor sidik jari dibawah layar. Sehingga kondisi bagian belakangnya mulus tanpa harus ditempati oleh sensor sidik jari. Baterainya memiliki kapasitas 5.000mAh dengan 30W HyperCharge.

Satu hal yang hilang adalah headphone jack 3,5mm. Namun ketiadaan lubang tersebut bisa diganti dengan speaker NXP mono-ampli (TFA9874) serta tersertifikasi Hi-Res Audio. Speaker ini juga telah diatur oleh Dirac Research, sama seperti ROG Phone.

Untuk harganya sendiri, Asus Zenfone 8 Flip dibanderol mulai dari €799 atau setara dengan Rp13-jutaan. Harga ini tentu berbeda-beda sesuai dengan varian dan regional tertentu.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Terbaru

x