Google Pixel 5: Ponsel Terbaik Google Saat Ini yang Nyaris Flagship

0
harga dan spesifikasi google pixel 5
Harga dan Spesifikasi Google Pixel 5

Google Pixel 5 akhirnya resmi meluncur lewat gelaran Google Launch In pada 30 September 2020 malam kemarin. Setiap orang yang mendaftar untuk mengetahui lebih lanjut ponsel ini telah mendapatkan notifikasi di email masing-masing. Seperti apakah harga dan spesifikasi Google Pixel 5?

Sebelum ke spesifikasi dan harga Google Pixel 5, mari kita mengurai sedikit kilas balik sebelumnya. Ponsel ini, seperti biasa, telah ‘dibocorkan’ dengan beragam rumor. Mulai dari rumor bahwa ponsel ini merupakan flagship terbaru dari ponsel made in Google, sampai soal waktu rilisnya yang bakal lama tertunda.

Semua rumor memang tak sepenuhnya salah, juga tak sepenuhnya benar. Yang bisa diambil dari banyaknya rumor yang beredar adalah bahwa Pixel 5 memang ponsel yang cukup menarik. Sebab daya tariknya tentu saja karena ini buatan Google, sang empunya Android.

Ada hal-hal yang memang layak ditunggu dari ponsel Google. Misalnya soal sistem operasi Android yang pastinya terbaru. Kemudian ada aplikasi Google Cam yang menjadikan ponsel dari Google ini selalu ekslusif. Dan dukungan lainnya seperti Google Fi. Dan seterusnya.

Desain

Kali ini tak ada poni yang mengganggu di Pixel 5 layaknya Pixel layaknya Google Pixel sebelumnya. Namun pengguna mesti merelakan sebuah bulatan kecil di layar sebelah kanan untuk menempatkan sebuah kamera selfie.

Layar dengan lebar 6.0” OLED dibenamkan Google pada Pixel 5 ini. Memang tidak tipis-tipis amat, namun setidaknya aspek rasio layarnya cukup bagus yang mencapai 19.5:9. Sebagai perlindungan, Google memberikan coating Gorilla Glass 6 untuk layar ini.

Layarnya FHD+ dengan resolusi 1080 x 2340 piksel pada kerapatan 432 ppi. Dan meskipun bukan flagship, tampaknya Google berupaya memberikan yang terbaik untuk sektor layar, sehingga menghadirkan Smooth Display sebesar 90 Hz.

Desain cover belakang, yang tersedia dalam dua warna yakni Sorta Sage (hijau toska) dan Just Black (hitam), tampaknya memang impresi desain dari Apple menggiurkan. Sehingga Google Pixel 5 masih mengikuti jejak desain dari Google Pixel 4 yang memakai frame persegi layaknya iPhone 11. Namun tentu ada perbedaan yang membuat Anda bisa memilih, mana dari keduanya yang paling cantik.

Kamera

Google Pixel 5 masih mengadopsi sensor kamera yang sama dengan Pixel 3 dan Pixel 4 untuk kamera belakang utama. Yakni sensor dari Sony IMX363 dengan resolusi 12 MP. Namun tentu saja ada keunggulan lebih yang ditawarkan Google yang terletak pada ponsel ini. Yakni soal peningkatan software dan hardware.

Secara lengkap, ada dua kamera yang dimiliki Pixel 5 ini, yakni kamera utama dengan 12.2 MP dual-pixel, lebar masing-masing piksel adalah 1.4 μm, fitur Autofocus dengan dual pixel phase detection, ada lagi fitur stabilisasi electronic dan optik, bukaannya f/1.7, dan mampu memotret pada sudut selebar 77°.

Kamera kedua memiliki sudut pengambilan gambar yang lebih lebar 107°. Dengan resolusi 16 MP dan masing-masing lebar piksel sebesar 1.0 μm, kamera kedua ini memiliki bukaan f/2.2. Kamera ini mampu memproduksi video 4K pada 30 FPS, 60 FPS dan 1080p pada 30 FPS, 60 FPS, 120 FPS dan 240 FPS.

Dapur Pacu

Satu hal yang membuat Google Pixel 5 gagal untuk masuk ke kelas flagship meskipun ia menjadi flagship tersendiri didalam daftar ponsel Google adalah soal dapur pacu. Ponsel ini ‘hanya’ memakai chipset Qualcomm Snapdragon 765G dengan clockspeed 2.4 GHz + 2.2 GHz + 1.8 GHz, 64-bit Octa-Core, Adreno 620, dan Titan M Security Module.

Sekadar informasi tambahan, Snapdragon 765G ini memang tak bisa disamakan dengan Snapdragon 865 yang paling baru. Namun buat yang mau mencicipi chipset dengan citarasa flagship, ya chipset itulah ujicobanya.

Harga dan Ketersediaan

Harga Google Pixel 5 dibanderol seharga $699 atau sekitar Rp10.397.700,00 jika kursnya Rp14.800 per $1. Anda juga bisa mendapatkannya melalui program Google Fi dengan fasilitas kredit yang ditawarkan.

Sayangnya Google Pixel 5 belum dipasarkan di Indonesia. Bahkan Google Pixel sebelumnya pun tidak masuk secara resmi ke Indonesia. Sehingga para peminatnya mesti repot-repot melakukan pemesanan ke luar negeri. Dan ya, saat ini Google Pixel 5 pun statusnya masih pre-order.

Pertanyaannya, apakah dengan harga dan spesifikasi Google Pixel 5 yang sudah diulas diatas sepadan untuk Anda beli? Mengingat di rentang harga segitu Anda bisa mendapatkan ROG Phone 3 yang fenomenal. Tapi tentu buat Anda yang gandrung dengan apa saja besutan dari Google, tentu Pixel 5 sayang sekali kalau dilewatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here